facebook digugat untuk melepas whatsapp

Waduh! Karena Masalah Ini Facebook Dikabarkan Harus Melepas Whatsapp

Facebook saat ini sedang dilanda masalah besar karena sedang menghadapi gugatan dari pemerintahan Amerika Serikat. Melalui US Federal Trade Commision (FTC) dan hampir semua negara bagian AS mendaftarkan gugatan hukum yang berpotensi Facebook harus rela melepas ataupun menjual WhatsApp termasuk Instagram.

Alasannya apa Facebook harus rela melepas Whatsapp dari perusahaannya? ternyata Facebook dituduh menggunakan kekuatan pasarnya untuk menyingkirkan pesaingnya. Hal ini juga sebelumnya pernah terjadi pada Google Alphabet yang digugat juga oleh Departemen Kehakiman AS. Jadi perusahaan yg menaungi facebook ini dianggap melakukan monopoli untuk mengalahkan kompetitornya.

Dilansir dari laman Routers, Facebook dituding akan menyingkirkan atau menghancurkan kompetitornya dengan membeli sebelum menjadi besar. Kasus yang diajukan oleh penggugat terutama berfokus pada pembelian Instagram pada tahun 2012 senilai USD 1 miliar dan WhatsApp senilai USD 19 miliar di tahun 2014.

Regulator menilai bahwa kedua akuisisi itu harus segera dibatalkan. Seperti yang dikatakan Letitia James, Jaksa Agung New York “Selama hampir satu dekade, Facebook telah menggunakan dominasi dan kekuatan monopolinya untuk menghancurkan rival lebih kecil, menghabisi kompetitor, semuanya dengan biaya dari para user sehari-hari,”

Letitia James menambahkan bahwa Tidak ada perusahaan yang harus memiliki kekuatan begitu besar tanpa dicek dalam hal interaksi pribadi dan sosial kita. Itulah kenapa kami mengambil tindakan hari ini.

Sementara itu untuk proses pengadilannya diprediksi akan berlangsung lama karena lembaga FTC sendirilah yang dulu mengizinkan akuisisi Instagram dan Whatsapp dilakukan oleh Facebook.

Tapi itu langsung direspon oleh Facebook, dan mengatakan bahwa aturan anti kompetisi seharusnya tidak digunakan untuk menghukum perusahaan yang sukses. Melalui Penasihat hukumnya Jennifer Newstead, menyatakan bahwa Instagram dan WhatsApp justru sukses karena Facebook yang berinvestasi miliaran dolar untuk menumbuhkan kedua aplikasi tersebut.

Menurut Jennifer, Aturan anti monopoli eksis untuk melindungi konsumen dan juga mempromosikan inovasi, bukannya untuk menghukum bisnis yang sukses dan ini adalah peringatan menakutkan bagi bisnis Amerika bahwa tidak ada penjualan yang final.

Facebook ini sebenarnya salah satu perusahaan teknologi yang sangat besar, apalagi ditambah dengan mengakuisisi platform Whatsapp dan Instagram. Bisa anda bayangkan bahwa setiap layanannya (facebook, Whatsapp dan Instagram) ini telah memiliki lebih dari 1 miliar penggunanya dan mungkin akan terus bertambah.