Home / Berita Pilihan / Tips Ampuh Cara Menghemat Baterai Hp, COBA DEH!
cara menghemat baterai hp

Tips Ampuh Cara Menghemat Baterai Hp, COBA DEH!

Baterai adalah salah satu komponen paling utama dalam sebuah smartphone. Sebab, jika tanpa baterai, smartphone tidak akan bisa hidup, begitu pula jika baterainya sudah habis daya meskipun kapasitasnya sangat besar. Pengguna smartphone harus jeli dalam memanfaatkan fitur canggih dari hp atau aplikasi yang menguras energi baterai.

Untuk menghindari daya baterai hp yang cepat habis, anda pun bisa melakukan berbagai macam cara, mulai dari menyetop aplikasi yang boros daya baterai atau menggunakan aplikasi penghemat baterai yang biasanya dari aplikasi tersebut memberikan rekomendasi hal apa yang harus dilakukan. Contoh lain : Smartphone Anda dibekali daya baterai yang cukup besar yaitu: 5 000mAh, bisa jadi ketahanannya kurang dari satu hari (dengan pemakaian normal). Jadi wajib hukumnya untuk pintar-pintar dalam mengolah smartphone, apalagi jika kapasitas baterai Anda minimalis.

Cara Menghemat Baterai Hp Tanpa Ribet

cara menghemat baterai hp2
sumber gambar : cashify.in

Berikut ini beberapa cara menghemat baterai hp yang bisa kamu praktekan langsung sekarang juga. Langkah ini bisa langsung dilakukan sekarang oleh semua pengguna, Android ataupun iPhone sepertinya tidak jauh berbeda ya.

Gunakan Mode Hemat Baterai
Setiap smartphone Android terbaru kini dibekali fitur mode hemat baterai. Perangkat Anda akan memberi notif ketika baterai anda dibawah 20% dan menyarankan untuk mengaktifkan mode hemat baterai sebagai solusinya. Kecuali Anda sedang di rumah, nyalakan fitur tersebut untuk memaksimalkan baterai smartphone ketika sedang di luar.

Walaupun daya baterai Anda sudah sisa 15%, dengan mengaktifkan fitur Mode Hemat Baterai akan menambah ketahanannya sampai satu jam lebih lama dari yang biasanya. Anda juga bisa mengaktifkan fitur hemat baterai sejak awal (ketika baterai 100% misalnya), namun beberapa aplikasi dan fitur ponsel biasanya akan dibatasi pengoperasiannya sesuai Kebijakan Hemat Baterai dari masing-masing vendor.

Atur Kecerahan Layar Otomatis
Menetapkan tingkat kecerahan layar menjadi maksimal tentu akan mengakibatkan terkurasnya daya baterai smartphone. Sebaiknya, disesuaikan tingkat kecerahan layar dengan kondisi tempat Anda berada. Jika suasana lingkungan Anda berada cukup gelap, maka set kecerahan layar lebih rendah.

Jika Anda termasuk pengguna smartphone yang sangat mobile atau sering berada di area outdoor dan indoor, sebaiknya setting pengaturan kecerahan layar smartphone secara otomatis. Dengan begitu Anda tidak perlu terus menerus mengubah tingkat kecerahan layar.

Log out akun sosial media
Account sosial media terus membagikan notifikasi terkini, perihal ini bisa pengaruhi presentase baterai. Oleh sebab itu, lebih baik bila Kamu log out dari account sosial media semacam instagram serta lain- lain.

Bila takut kurang ingat kata sandi buat log- in kembali, jangan khawatir. Tidak banyak yang ketahui, seluruh jejaring sosial( tercantum Facebook, Instagram, Twitter, dll), menaruh password Kamu. Tanpa wajib mengetik password, mereka menawarkan tombol tap buat Log- in. Voila, Kamu telah online kembali.

Matikan Sinyal Radio yang Tidak Penting
Fitur- fitur yang mengandalkan frekuensi radio, semacam NFC, GPS, Wi- Fi serta sebagainya memanglah bermanfaat buat kemudahan kegiatan pengguna, semacam menyambungkan ponsel dengan wifi serta membayar memakai duit digital( e- money). Tetapi, terkadang pengguna kurang ingat mematikan fitur tersebut kala telah tidak diperlukan.

Nah, bila dibiarkan terus aktif kala tidak digunakan, fitur- fitur tersebut hendak menghabiskan energi baterai. Buat itu, terdapat baiknya buat mematikan Wi- Fi, GPS, Bluetooth, serta fitur konektivitas yang lain kala tidak digunakan.

Jangan Tinggalkan Aplikasi Berjalan di Background
Multi- tasking ialah suatu sebutan dimana pengguna melaksanakan sederet aplikasi secara bertepatan di smartphone mereka. Aktivitas tersebut mempermudah pengguna buat kembali ke aplikasi- aplikasi yang kerap dibuka, tanpa wajib me- restart aplikasi. Di sisi pemakaian baterai, multi- tasking sejatinya menghabiskan baterai lantaran aplikasi berjalan di sistem ponsel serta memori.

Buat menjauhi pemborosan baterai, tutup aplikasi yang tidak digunakan sesaat pengguna meninggalkan aplikasi tersebut. Jauhi menekan tombol home buat kembali ke layar utama ponsel.

Jauhi Pemakaian Widgets serta Live Wallpapers
Memakai foto wallpaper animasi ataupun live wallpaper lumayan menarik. Tetapi ini hendak tingkatkan pemakaian prosesor sehingga menimbulkan energi baterai terus menjadi terkuras. Sama halnya kala memakai widget yang memerlukan pembaharuan informasi dari internet hendak menimbulkan energi baterai juga turut terkuras.

Buat itu pengguna bisa berupaya memakai wallpaper menarik yang statis serta meminimalisir pemakaian widget.

Matikan Notifikasi yang Tidak Penting
Beberapa aplikasi umumnya dibekali dengan keahlian membawakan data melalui notifikasi supaya gampang dilihat oleh pengguna, bila memanglah terdapat perihal berarti yang butuh pengguna tau. Misal, buat pembaharuan kabar ataupun semata- mata berikan ketahui terdapat pesan masuk.

Tetapi, pemakaian notifikasi dapat menghabiskan baterai bila pengguna tidak mengendalikan aplikasi mana yang dapat membawakan data lewat notifikasi. Buat itu, matikan sebagian notifikasi buat aplikasi yang bagi pengguna tidak diperlukan. Buat mengakses izin notifikasi, pengguna dapat mendatangi menu” Settings” pada ponsel tiap- tiap serta berangkat ke menu” App notifications” ataupun menu seragam.

Matikan Fitur Automatic Sync
Fitur automatic sync umumnya berguna buat mengecek apakah terdapat data baru dari aplikasi yang terpasang oleh pengguna, misal buat mengecek e- mail secara berkala ataupun notifikasi dari aplikasi jejaring sosial. Tetapi, pengecekan secara berkala ini memanglah menghabiskan baterai. Buat itu, pengguna dapat menonaktifkan fitur automatic sync di menu” Settings” yang terdapat pada smartphone mereka tiap- tiap.

Mudah- mudahan  langkah-langkah dasar di atas dapat jadi rujukan untuk Kamu yang mau mengoptimalkan pemakaian baterai.