Magsafe Charger iphone 12

Apple Kenalkan “Magsafe” Model Carger Terbaru Untuk iPhone 12 Series

Selain merilis iPhone 12 Series pada Oktober 2020 kemarin, Apple juga menambahkan aksesoris yang dikenalkan yaitu “Magsafe”. Apa itu? ini adalah fitur baru yang digunakan untuk mendukung perangkat iPhone 12.

Magsafe ini adalah alah pengisian daya nirkabel (tanpa kabel) dan memanfaatkan Magnet sebagai media penghubungnya. Cara menggunaannya juga cukup mudah, anda hanya tinggal menempelkan saja pada belakang iPhone 12.

Ya, Magsafe hanya bisa digunakan untuk perangkat iPhone 12 Series saja dan mungkin ini menjawab pertanyaan banyak orang kenapa Apple menjual iPhone 12 series ini tanpa charger. Itu karena mereka ingin mengangkat pamor Magsafe ini yang baru saja mereka rilis.

Tentang Magsafe Charger

Magsafe Charger for iPhone 12 Series

Dilansir dari laman apple.com/shop, harga Magsafe ini dibandrol dengan harga US$39 atau setara dengan Rp 553.000 sedangkan untuk harga USB-C Power Adapter 20W dijual dengan harga US$19 atau Rp 269.000.

menggunakan pengisian cepat 15W, Baterai iPhone 12 Series akan terisi dua kali lebih cepat daripada charger biasanya. MagSafe dijual seharga US$39 per unit (Rp 578 ribu). Sedangkan adaptor USB-C 20 W seharga US$19 atau Rp 281 ribu.

Pengisi daya MagSafe ini merupakan pengisian nirkabel yang memiliki keunggulan yaitu mempercepat pengisian daya baterai. Magnet yang sejajar menempel dengan sempurna ke iPhone 12 atau iPhone 12 Pro Anda dan menyediakan pengisian nirkabel yang lebih cepat hingga 15W.

MagSafe Charger menjaga kompatibilitas dengan pengisian daya Qi, sehingga dapat digunakan untuk mengisi daya iPhone 8 atau lebih baru secara nirkabel, serta model AirPods dengan wadah pengisi daya nirkabel, seperti halnya dengan pengisi daya bersertifikasi Qi. Eksperimen penyelarasan magnetik hanya berlaku untuk model iPhone 12 dan iPhone 12 Pro.

Baca Juga  iPhone 12 Mini Ternyata Paling Lambat Pengisian Daya Baterainya

Cara menggunakan Pengisi Daya MagSafe

Berikut ini adalah cara-cara penggunaan Magsafe Charger untuk pengisian daya pada iPhone 12 :

  1. Sambungkan konektor USB-C pada Pengisi Daya MagSafe ke adaptor daya USB-C Apple berdaya 20 watt (W) atau lebih besar yang direkomendasikan atau adaptor USB-C pihak ketiga yang kompatibel. Anda juga dapat menyambungkan ke port USB-C di Mac atau PC.
  2. Letakkan Pengisi Daya MagSafe menghadap ke atas—seperti yang ditunjukkan—pada permukaan yang rata, yang bersih dari benda logam atau benda asing lainnya.

Pengisi Daya MagSafe dirancang untuk mengisi daya iPhone 12 dengan lebih cepat dan lebih aman secara nirkabel. Sistem dengan cerdas menyesuaikan dengan kondisi untuk mengoptimalkan pengisian daya iPhone 12 dengan penyaluran daya puncak hingga 15 W untuk pengisian daya nirkabel yang lebih cepat.

Daya sebenarnya yang disalurkan ke iPhone akan bervariasi bergantung pada watt adaptor daya dan kondisi sistem. Untuk iPhone 12 mini, Pengisi Daya MagSafe memberikan penyaluran daya puncak hingga 12 W.

Adaptor daya yang kompatibel untuk pengisian daya yang lebih cepat hingga 15 W

  • Konektor USB-C. USB-A tidak didukung
  • 9 V/2,22 A atau 9 V/2,56 A dan lebih tinggi
  • iPhone 12 mini dapat memperoleh hingga 12 W untuk pengisian daya nirkabel yang lebih cepat dengan setidaknya 9 V/2,03 A
  • Adaptor dengan watt yang lebih tinggi pada atau di atas 9 V/2,56 A juga akan menyalurkan daya puncak maksimal hingga 15 W ke iPhone 12*

Saat aksesori Lightning seperti headphone tersambung, pengisian daya terbatas pada 7,5 W untuk mematuhi standar peraturan.

* Pengisi Daya MagSafe juga akan berfungsi dengan adaptor daya yang memberikan daya minimal 12 W (5 V/2,4 A), tetapi ini akan mengakibatkan pengisian daya lebih lambat.