aplikasi android support di Windows 10
"Project Latt" memungkinkan Aplikasi Android akan segera Support di Windows 10 (Foto: theverge.com)

Project Latte! Cara Microsoft Hadirkan Aplikasi Android di Windows 10

Project Latte, adalah sebuah proyek besar yang sudang dibangung oleh Microsoft agar aplikasi android bisa di akses menggunakan Windows 10.

Pada tahun 2015, Microsoft juga pernah membangun project Astoria yang didalamnya ingin membawa dukungan aplikasi Android ke Windows 10 Mobile tetati tidak berjalan sesuai harapan dan akhirnya dibatalkan.

Dikutip dari laman Gizmochina, project latte yang sedang dijalankan Microsoft ini mungkin akan didukung dengan Windows Subsystem for Linux (WSL).

Jika project latte ini sukses, maka para developer aplikasi android bisa membawa aplikasi mereka ke Windows 10 dengan mudah “dengan sedikit atau tanpa perubahan mode.” Aplikasi dikemas sebagai MSIX, format paket aplikasi Windows sebelum dikirimkan ke Microsoft Store.

Itu artinya toko aplikasi Windows / Microsoft store akan mendapatkan ribuan tambahan aplikasi. Namun, mungkin tampilannya akan sedikit berubah karena layar komputer jauh lebih besar daripada ponsel.

Sumber juga mengatakan bahwa aplikasi android yang masuk kedalam Project Latte ini tidak mendukung Google Play Services karena Google tidak mengizinkan layanan Play dipasang di perangkat yang tidak didukung oleh Android atau Chrome OS.

Tapi ini akan menjadi langkah yang menggembirakan bagi pengguna Windows 10 jika Microsoft berhasil dengan Project Latte, Windows akan menjadi platform yang mendukung beberapa jenis paket aplikasi, termasuk PWA, UMP, Win32 dan Linux.

Pengguna Windows 10 baik itu laptop ataupun PC akan bisa dengan mudah memainkan game-game android seperti main Among Us, Candy crush saga hingga Mobile legends tanpa menggunakan Emulator android yang harus di instal telebih dahulu.

Tahun 2021 nanti sepertinya menjadi waktu yang tepat untuk merilis Project Latte ini dan dijadikan sebagai bagian dari Update Windows 10 terbaru.

Baca Juga  Gagal, Microsoft Tarik Pembaruan Windows 10