stablecoin facebook libra

Kripto Libra Akan Dirilis Facebook Rilis Tahun Depan, Apa Itu?

Facebook siap luncurkan mata uang kripto Facebook Libra pada Januari 2021 nanti. Rencananya facebook Libra ini adalah koin digital yang didukung oleh dolar dan Asosiasi Libra yang akan menerbitkan dan mengatur semuanya (routers).

Libra, yang sebenarnya sudah diluncurkan oleh Facebook tahun lalu, rencananya akan diluncurkan kembali dalam bentuk yang lebih ramping. Langkah ini akan mewakili skala yang lebih besar dari ambisi proyek tersebut yang diusulkan pada April, sebagai tanggapan atas reaksi peraturan dan politik terhadap proyek tersebut.

Langkah ini dilakukan setelah regulator dan bank sentral di seluruh dunia menyuarakan kekhawatiran bahwa hal itu dapat mengganggu stabilitas keuangan dan mengikis kekuasaan arus utama uang.

Facebook yang merupakan salah satu dari 27 anggota kelompok Asosiasi Libra saat ini sedang mengupayakan persetujuan dari pengawas pasar Swiss untuk mengeluarkan serangkaian stablecoin yang didukung oleh mata uang tradisional masing-masing negara, serta token berdasarkan stablecoin yang dipatok oleh mata uang tersebut.

Namun di bawah rencana yang baru tersebut, koin lain yang didukung oleh mata uang tradisional, serta komposit, akan diperkenalkan di kemudian hari. Regulator Swiss, FINMA, tidak memberikan rincian lebih dari pernyataan pada yang dikeluarkan pada April yang mengonfirmasi penerimaan aplikasi Libra untuk lisensi pembayaran.

Sebagai informasi tambahan bahwa Stablecoin ini didesain untuk menghindari volatilitas yang khas dari mata uang kripto, seperti Bitcoin, ini yang membuat stablecoin secara teori lebih cocok untuk pembayaran dan transfer uang. (sumber: Republika.co.id).