fbpx
apple pindahkan pabrik ke vietnam

Vietnam dipilih Jadi Pabrik iPad dan MacBook, Kenapa Pindah Dari China?

Foxconn yang memproduksi perangkat iPad dan MacBook milik Apple ini rencananya akan memindahkan pabriknya dari China ke Vietnam.

Alasan Apple meminta Foxconn untuk memindahan pabriknya ini karena ingin mengurangi dampak perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Seperti yang sudah diberitakan oleh Reuters, Jumat (27/11/2020) lini produksi baru ini akan dibangun di pabrik Foxconn yang berada di Provinsi Bac Giang dan dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2021.

Sumber dari Reuters tidak mengatakan model iPad dan MacBook mana saja yang akan mulai diproduksi di Vietnam. Tidak diketahui juga berapa proporsi dari total produksi Apple yang akan dipindahkan dari China.

Menurut firma TrendForce, semua iPad saat ini diproduksi di China, jadi ini adalah pertama kalinya Foxconn memindahkan produksi iPad ke luar China. Tapi ini bukan produk Apple pertama yang diproduksi di Vietnam. Pada awal tahun ini, Apple mulai memproduksi unit AirPods Pro di negara tersebut.

Pada awal minggu ini, Nikkei menginformasikan bahwa Foxconn akan memindahkan lebih dari 30{8ed11cd206e2b427b71e2f48f57bb6e2fd7c34367bdb6e5a73939a44400a7ffd} lini produksinya ke luar China dan telah berinvestasi USD 270 juta di Vietnam untuk meningkatkan produksinya.

Perusahaan asal Taiwan ini sudah berencana untuk menggelontorkan USD 1 miliar untuk memperluas pabrik perakitan iPhone di India karena telah diminta Apple untuk memperluas produksi di luar China.

Selain itu ada juga Pegatron yang merupakan salah satu mitra Apple ini juga berencana untuk membangun pabrik di Meksiko. (sumber: inet.detik.com)