fbpx
roblox go public

Roblox Goes Public! di Prediksi Bisa Membangun Metaverse Yang Lebih Besar

Perusahaan di balik game anak-anak yang terkenal, Roblox, rencananya akan go public setelah penggunaannya mengalami peningkatan selama pandemi. Menurut publikasi Roblox, Saat ini memiliki 31,1 juta pengguna harian yang menghabiskan rata-rata 2,6 jam per hari pada game tahun ini.

Roblox telah ada sejak 2004, tetapi game ini telah menggandakan penggunanya hampir dua kali lipat setiap hari selama sembilan bulan terakhir karena menyediakan ruang sosial tempat para pemain – kebanyakan anak-anak dan remaja – dapat menghabiskan waktu mereka di dalam.

Roblox melaporkan keuntungan sebesar $ 588,7 juta dalam sembilan bulan pertama tahun 2020, meningkat 68 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2019. Namun, perusahaan mengeluarkan banyak uang seiring pertumbuhannya.

Roblox melaporkan kerugian $ 203,2 juta untuk sembilan bulan pertama tahun 2020 – peningkatan yang sangat besar sehingga Roblox memutuskan untuk tidak memasukkan persentase lompatan dari tahun sebelumnya (itu 339%, atau lebih dari empat kali kerugian). Biaya pendapatan tampaknya meningkat karena lebih banyak orang menggunakan platform dan Roblox mulai membayar lebih banyak uang kepada pengembang.

Di game Roblox ini memungkinkan pengguna untuk membuat pengalaman dan permainan yang kemudian dapat mereka bagikan dengan orang lain. Artinya, tidak ada satu pun judul Roblox yang dimainkan semua orang – Anda dapat melompat dan berpura-pura menjadi lebah, bekerja di restoran pizza, atau nongkrong di resor. Roblox menghasilkan uang saat game ini menawarkan pembelian dalam aplikasi, dan Anda mendapatkan persentase dari penjualan mata uang dalam aplikasi Robux. Lebih dari 18 juta “pengalaman” telah dibuat di dalam game.

Roblox bermaksud untuk semakin mengubah platformnya menjadi ruang sosial tempat pemain dapat memiliki berbagai pengalaman berbeda.

“Dalam visi kami, platform metaverse akan menghubungkan orang-orang dari pengalaman hidup yang berbeda dengan ide-ide baru dan menarik,” tulis CEO Roblox David Baszuki dalam prospektus rilis. “Kami percaya hubungan ini akan membantu membangun empati dengan membenamkan orang secara aman dalam perspektif yang berbeda, karena mereka akan mendengar perspektif yang berbeda. Dan suatu hari, mengingat metaverse mendukung lebih banyak pengalaman pendidikan dan sosial yang positif, kami berharap ini memperluas peluang bagi semua. Orang diseluruh dunia. ”

Penawaran umum perdana Roblox datang bersamaan dengan sejumlah perusahaan rintisan lain yang berusaha go public setelah kekacauan pemilihan presiden. Itu juga telah memperkenalkan Airbnb dan DoorDash kepada publik selama seminggu terakhir. Bagi Roblox, sekarang tampaknya menjadi waktu yang sangat menguntungkan untuk diluncurkan ke publik – jumlah perusahaan terlihat kuat dengan latar belakang pandemi. Tidak ada jaminan itu akan bertahan di masa depan, tetapi Roblox sudah mulai melihat bagaimana rencananya untuk membuat pemain tetap tertarik dalam beberapa bulan mendatang.