kontes robot indonesia 2020

67 Perguruan Tinggi Ikuti Kontes Robot Indonesia 2020

Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) kali ini menggelar event kontes Robot Indonesia (KRI) 2020 yang di ikuti oleh 150 tim mahasiswa dari 67 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

Kontes Robot Indonesia kali ini mulai dilaksanakan pada tanggal 16 – 19 November 2020 dan dilakukan secara online / daring di masing-masing Kampus.

Menurut Asep Sukmayadi selaku Kepala Pelaksana Tugas Pusat Prestasi Nasional mengatakan bahwa kontes robot ini harus tetap dilakukan meskipun pandemi covid-19 masih ada. Oleh karena itu caranya saja yang dirubah karena event ini adalah ajah dimana untuk mengembangkan petensi mahasiswa yang terpilih.

Dalam konferensi pernya melalui zoo meeting (18/11/2020)Asep mengatakan bahwa “Pertama kalinya secara daring oleh Puspernas dan ITB. Kontes robot sesungguhnya salah satu ajang untuk mengembangkan prestasi peserta didik yang menjadi tugas utama Puspernas. Kita terharu bagaimana tim peserta di rumah bahkan di halaman kampus dengan antusias mengikuti lomba ini. Pada saat seleksi daerah terkumpul 169 tim dari 89 perguruan tinggi,”.

Ada juga komentar dari Widjaya Martokusumo (Sekretaris Institut ITB) “pihak penyelenggara menambahkan, Kontes Robot Indonesia yang sudah diadakan sejak tahun 1993 ini memberikan kesempatan besar bagi mahasiswa untuk berinovasi agar pemikiran dan gagasan mereka lebih dirasakan oleh masyarakat. Pandemi COVID-19 tentunya menjadi tantangan baru”.

“Di tengah merebaknya wabah pandemi ini kita terpaksa harus merubah semuanya termasuk mengadakan lomba. Kita ingin menjaga semangat terutama yang senang dalam robotika untuk tetap beraktivitas, produktif dan terus berkarya. Mahasiswa melakukan di PT masing-masing kemudian ditayangkan,” kata Widjaya.

Berikut ini adalah 6 divisi yang dilombakan :

  1. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda
  2. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki
  3. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI)
  4. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) yang diajangkan pada tingkat daerah dan nasional.
  5. Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTI
  6. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) yang diikutsertakan langsung pada seleksi nasional tanpa melewati seleksi daerah.

Tantangan besar dievent kali ini adalah memanfaatkan teknologi untuk pelaksanaan lombanya di tengah pandemi dan juga para peserta  dituntut untuk memiliki teknologi yang sama (fairness), termasuk pertandingan dan penilaian pun disesuaikan tanpa mengurangi standar penilaian dari lomba-lomba tahun sebelumnya.