fbpx
zatko hacker yang jadi bos keamanan twitter

Hacker Terkenal Ini Jadi BOS Keamanan di Twitter, Siapakah Dia?

Sering mendapat serangan hacker pada sistemnya, Twitter langsung merekrut seorang Hacker terkenal untuk menangani serangan dari penjahat keaman cyber yang mencoba kembali menyerang Twitter.

Hacker terkenal ini adalah “Mudge” yang memiliki nama asli Peiter Zatko. Saat ini telah resmi di rekrut oleh Twitter dan memiliki tugas yaitu melakukan perubahan struktur dan praktik keamanan di Twitter. Zatko bertanggung jawab langsung ke CEO Twitter Jack Dorsey.

Langkah pertama yang akan dilakukan Zatko adalah mencari celah keamanan pada sistem yang saat ini digunakan, seperti menguji keamanan data, integritas situs/platform dan keamanan fisik.

Peiter Zatko - Mudge- Twitter Head of Security
Peiter Zatko “Mudge” Twitter Head of Security

Sebelum bergabung dengan Twitter, Zatko merupakan bos keamanan di Stripe (platform pembayaran elektronik). Selain itu dia juga pernah bergabung di proyek milik Google dan mengawasi proyek keamanan siber di Defense Advanced Research and Project Agency (DARPA) milik Kementerian Pertahanan AS.

Karirnya sebagai Hacker terkenal mulai pada tahun 90-an, ia pernah membuat proyek rahasia untuk kontraktor pemerintah. Zatko juga merupakan salah satu pemimpin dari Cult of the Dead Cow (sindikat hacker) yang membuat alat peretas Windows pada masa itu.

Platform Twitter memang beberapa kali diserang oleh para hacker, seperti yang terjadi pada Juli lalu dimana sekelompok hacker remaja mengakali pegawai Twitter untuk bisa akses ke software internal Twitter. Software yang di retas itu bisa membuat, mengganti pengaturan akun pengguna, dan juga para hacker ini bisa mengirimkan kicauan lewat akun tersebut.

Para hacker ini langsung menyerang akun orang-orang terkenal seperti Bill Gates, Elon Musk, Joe Biden dan masih banyak lagi. Nah dengan direkrutnya “Mudge” sebagai bos kemanan Twitter, bisa membawa ketenangan bagi para penggunanya.