fbpx
google drive hapus file lama

24 Bulan Tidak Digunakan, Data di Google Drive Anda Akan Dihapus

Saat ini Google sedang gencar membagikan informasi tentang kebijakan baru untuk para pengguna layanannya. Salah satu kebijakannya yang viral itu adalah tentang sudah tidak memberikan layanan gratis penyimpanan unlimited di Google Photos.

Google hanya memberikan fitur penyimpanan unlimited tersebut untuk pengguna perangkat buatan Google saja, yaitu pengguna smartphone Pixel.

Selain itu, Google juga menghadirkan kebijakan baru untuk layanan Google Drive. Kebijalan terbaru untuk pengguna google drive adalah google akan menghapus data-data yang tersimpan di google drive tetapi tidak diakses dalam kurun waktu 24 bulan.

Tapi anda tidak usah risau, karena kebijakan baru ini baru mulai aktif pada Juni 2021 mendatang. Masih ada waktu untuk memindahkan ataupun mulai mengakses file ataupun dokumen yang tersimpan di media layana Google Drive. Selain itu anda bisa juga melakukan backup langsung ke PC/laptop anda.

Kebijakan tentang penghapusan file-file di Google drive ini berupa file dokumen dalam format Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Drawings, Google Forms, dan Jamboard. Langkah ini diambil oleh tim Google untuk membersihkan akun-akun lama yang banyak menyimpan file-file yang sudah tidak diakses lagi (lebih dari 2 tahun).

Pengguna layanannya bisa menaruh file penting pada Google Drive tanpa batas waktu tertentu. Lewat web resminya, Google berkata kalau pengguna wajib mengakses Google Drive miliknya bila tidak mau dihapus. Google juga hendak membagikan peringatan kepada pengguna Google Drive- nya hendak dihapus, minimun 3 bulan saat sebelum penghapusan dilakukan.

Ada pula peringatan tersebut hendak dikirimkan dalam wujud e- mail kepada pengguna yang bersangkutan.” Metode termudah buat menghindari file Kamu terhapus secara otomatis merupakan dengan akses file secara berkala di website ataupun lewat aplikasi formal Google,” tulis Google.

Baca juga:
Cara Berbagi File dan Dokumen yang Ada di Google Drive

Google tidak bisa mendeteksi saat anda mengakses file di google drive melalui pihak ketiga. Jadi Perlu diperhatikan bahwa pengguna hanya akan dianggap aktif apabila mengkases Google Drive melalui aplikasi resmi Google seperti GMail, Google Sheet, atau Google Docs.