fbpx
aktifkan two step verification whatsapp

Aktifkan Fitur Two Step Verification Whatsapp Agar Aman Dari Hacker

Peretasan akun Whatsapp yang sering terjadi memang karena adanya kelalaian penggunanya yang memberikan kode oTP Whatsapp, tetapi ada cara jitu untuk menangkal para penjahat itu yaitu dengan mengaktifkan fitur Two Step Verification di pengaturan Whatsapp.

Cara ini dibenarkan juga oleh pakar keamanan sekaligus chairman lembaga riset siber Indonesia Communication and Information System Security Research Center (CISSReC), Pratama Persadha. Menurut dia langkah untuk mengaktifkan two step verification akun whatapp adalah cara terbaik untuk mengankan akun dari serangan hacker.

Pratama menambahkan bahwa jika cara ini tidak dilakukan, maka si hacker bisa dengan mudah masuk ke akun Whatsapp dan biasanya mereka langsung mengaktifkan fitur two step verificationnya dengan mengubah alamat emailnya. Sehingga jika pemilik akun WA tidak bisa lagi masuk ke Wa nya sendiri.

Cara Mengaktifkan Two Step Verification Whatsapp

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengaktifkan fitur keamanan verifikasi 2 langkah / two step verification di aplikasi whatsapp :

  1. Langkah pertama buka aplikasi Whatsapp kemudian pilih icon 3 titik di pojok kanan atas dan pilih “Setelan / Settings”
  2. Kemudian pilih menu “Akun / Account ” dan pilih lagi ” Verifikasi dua langkah / Two Step Verification”
  3. Ketuk tombol “Aktif / Enable” untuk mengaktifkan fitur keamanan ini
  4. Setelah itu buatlah 6 Digit PIN kombinasi yang anda pilih sesuai keinginan dan tentunya mudah anda ingat.
  5. Whatsapp juga akan meminta untuk menambahkan alamat email yang nantinya akan dihubungkan dengan Whatsapp yang fungsinya nanti sebagai verifikasi saat ingin mengganti PIN yang anda buat tadi (atau bisa juga jika anda lupa PIN, maka ketika melakukan reset kode nya akan dikirimkan ke email).

Ketika anda ingin mengaktifkan fitur ini, maka anda juga wajib untuk mengingat PIN 6 Digit yang dibuat tadi, meskipun ada menu lupa password/kode PIN, tetapi itu akan membuang waktu anda. Jadi lebih baik untuk selalu diingat atau bisa juga dicatat.