fbpx
whatsapp di hack dan mobile banking

Mobile Banking Bisa Dibobol Juga Ketika Whatsapp Terkena Hack?

Siapa saja bisa terkena masalah Whastapp di Hack ataupun istilah lainnya di bobol oleh orang jahat melalui data kita yang dicuri ataupun melalui nomot OTP Whatsapp dan apakah benar akun Mobile Banking bisa terkena imbasnya juga ketika Wa kita di Hack?

Menurut Pratama Persadha, yang merupakan pakar keamanan dan juga sebagai chairman lembaga riset siber Indonesia Communication and Information System Security Research Center (CISSReC), agar tidak memberikan kode OTP Whatsapp yang berupa 6 digit angka di kotak pesan kepada orang lain. itu diibaratkan kunci rumah yang jika anda berikan kepada orang lain maka dia bisa masuk dan melakukan hal-hal yang tentunya bisa merugikan.

Lalu apakah benar jika akun Whatsapp terkena Hack maka akun Mobile Banking yang ada dalam 1 perangkat itu bisa dibobol juga? itu tidak benar, karena pelaku peretasan akun Whatsapp hanya bisa mengontrol aplikasi whatsappnya saja. Tidak bisa mengontrol akun/aplikasi lain seperti mobile banking, kecuali ada marketplace yang menggunakan whatsapp untuk verifikasi maka akunnya bisa saja dibobol juga.

Kasus yang belakangan terjadi ini adalah modul penipuan meminta uang, pelaku kejahatan ini akan mencoba masuk ke akun Whatsapp target kemudian menjalankan trik agar bisa mendapatkan kode OTP (One-time Password) yang dikirimkan whatsspan melalui SMS. Nah dari sini jika mereka berhasil mengendalikan Whatsapp si target, mereka mulai melakukan trik selanjutnya untuk berpura-pura meminta/meminjam uang kepada daftar kontak akun whatsapp tersebut.

Baca Juga : Cara Aktifkan Fitur Two Step Verification Whatsapp!

Hal peretasan seperti ini bukan hanya pada akun Whatsapp saja, para pelaku kejahatan biasanya menggunakan trik ini di beberapa akun sosial media seperti facebook dan juga Instagram. oleh karena itu, untuk menjaga keamanan akun dan data pribadi, untuk tidak memberikan kode OTW whatsapp dan bisa juga menggunakan fitur TSV (Two Step Verification) yang bisa anda pelajari diartikel cara aktifkan fitur two step verification.