fbpx
Cara Mudah Menghilangkan Nomor Halaman di Word

Cara Mudah Menghilangkan Nomor Halaman di Word

Pada saat melakukan penyusunan tugas makalah, laporan ataupun skirpsi Anda pasti akan selalu berhadapan dengan microsoft Word. Oleh karena itu, penting adanya untuk mempelajari dan memperdalam ilmu seputar mengolah dan memahami masing-masing menu yang tersedia oleh Microsoft Word.

Pada saat menyusun skripsi atau makalah, seringkali terdapat halaman tertentu pada skripsi / makalah yang kosong atau tidak terdapat penomoran halaman. Kalau sudah begini, materi Ilmu Teknologi dan Komputer (ITK) yang diajarkan pada saat duduk di bangku kuliah mau tidak mau harus ter-refresh di otak Anda yang kini sudah duduk di bangku kuliah. Anda harus tau cara menghilangkan nomor halaman di word melalui beberapa panduan langkah yang sudah pernah dijelaskan.

Sebelum memasuki langkah-langkahnya, perlu diketahui bahwasanya format menghilangkan penomoran halaman atau page number sebenarnya hanya menggunakan satu menu yang sama dengan format cara menambahkan penomoran halamaan.

Pada dasarnya, menghilangkan nomor halaman di word ada 2 macam, yakni menghilangkan keseluruhan nomor halaman yang terdapat di seluruh halaman dokumen Anda, atau hanya menghapus sebagian nomor halaman pada halaman tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut dijelaskan cara menghilangkan nomor halaman di word.

Cara Menghilangkan keseluruhan Nomor Halaman di Ms Word

  1. Pertama-tama, klik dan buka file word Anda.
  2. Setelah muncul file dokumen, arahkan kursor menuju menu Insert pada bar.
  3. Pada menu Insert akan muncul beberapa pilihan. Klik menu Page Number.
  4. Setelah klik Page Number, Anda pilih Remove Page Numbers. Dengan begitu, sleluruh penomoran halaman yang terdapat pada dokumen Anda akan menghilang.

Menghilangkan Nomor Halaman Di MS Word

Cara Menghilangkan Nomor Halaman di Ms Word Pada Halaman Tertentu

Untuk menghapus nomor halaman tertentu sebenarnya kita memanfaatkan fitur section di Word. Jika ingin memahami lebih jauh tentang section silahkan baca pada materi belajar ms Word di ITKoding. Nah, setelah mengetahui cara menghapus keseluruhan page number di dokumen Anda, berikut adalah langkah-langkah menghapus sebagai nomor halaman pada dokumen.

  1. Pertama-tama, arahkan kursor pada posisi pojok kiri atas pada halaman yang ingin dihapus nomor halamannya. Setelah itu klik sampai muncul kursor ketik pada lokasi tersebut.
  2. Setelah itu, Anda harus membawa kembali kursor panah Anda menuju menu Layout. Pada menu ini, Anda bertujuan melakukan pemisahan pilihan antara nomor halaman yang akan dihapus dengan nomor halaman yang masih diinginkan. Selanjutnya klik pilihan Breaks, lalu Continous. Pada saat setelah melakukan klik ini, tulisan biasanya akan bergeser 1 spasi ke bawah, tidak perlu repot-repot memperbaiki sekarang, lakukan saja nanti di akhir ketika selesai.Menghilangkan Nomor Halaman Di Microsoft Word 2
  3. Klik 2x pada footer halaman yang ingin dihapus untuk memasuki mode edit footer. Tampilan akan menampilkan menu desain secara otomatis. Pada mode ini, arahkan kursor pada menu Link To Previous yang bertujuan untuk menghilangkan seleksi.Menghilangkan Nomor Halaman Di Microsoft Word 3
  4. Selanjutnya memasuki langkah penghapusan nomor halaman yang diinginkan. Caranya letakkan kursor pada halaman yang ingin dihapus lalu klik menu Insert pada bar atas. Setelah muncul beberapa pilihan, klik pilihan page number dan dilanjutkan dengan memilih remove page number. Dengan begitu, nomor-nomor halaman yang sudah bergabung ke dalam footer yang dipilih sebelumnya akan terhapus secara otomatis.Menghilangkan Nomor Halaman Di Microsoft Word 4
  5. Untuk mengakhiri seluruh mode remove page number, arahkan kursor menuju menu Design, lalu pilih Close header & footer.
  6. Langkah di atas belum selesai karena hingga langkah di atas, halaman lainnya setelah nomor halaman yang sudah terhapus juga hilang dan terhapus, oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa langkah lagi agar penomoran dihalaman selanjutnya muncul kembali.
  7. Arahkan kembali kursor menuju halaman yang akan kembali diberi penomoran. Kllik di sebelah kiri pojok tepat sebelum awal tulisan.
  8. Klik menu Page Layout pada menu, maka akan muncul beberapa pilihan, lalu klik Breaks, dan lanjutkan dengan memilih
  9. Lanjutkan dengan double klik pada footer halaman tersebut untuk selanjutnya masuk ke mode edit header footer.
  10. Bawa kursor menuju menu Design, lalu pilih pilihan Link To Previous.
  11. Dilanjutkan dengan penomoran ulang halaman yang diinginkan. Caranya dengan klik menu Insert pada bar, lalu setelah muncul Page Number, klik dan akan muncul lagi beberapa pilihan. Pilih pilihan posisi nomor halaman diinginkan, jika menginginkan penomoran diletakkan di bawah tengah, maka pilih Bottom Of Page.
  12. Selanjutnya mengatur format angka yang hendak dimulai untuk melanjtukan. Langkah ini dapat diulangi dengan mengeklik menu Insert dilanjutkan Page Number, lalu pilih pilihan Format Page Number. Pada kotak dialog ini, fokuskan pada pilihan Page Numbering, untuk memulai melanjutkan penomoran, pilih pilihan start at, dan masukkan nomor halaman yang hendak dilanjutkan.
  13. Ulangi langkah-langkah di atas jika menginginkan remove number pada halaman-halaman yang diinginkan. cara menghilangkan nomor halaman di Ms Word.

Itulah beberapa langkah cara menghilangkan nomor halaman di Ms Word yang harus Anda ketahui dna ikuti. Selamat mencoba.