fbpx
Cezeri mobil terbang Turki

Turki Berhasil Membuat Mobil Terbang Pertamanya Dan Berhasil

Layaknya di film-film Sci-Fi saat ini, Mobil terbang menjadi teknologi masa depan yang mulai dikembangkan oleh beberapa negara berkembang, salah satunya adalah Turki.

Baru-baru ini Turki melakukan ujicoba mobil terbang buatan mereka dan berhasil mengangkasa dalam uji terbang perdananya. Mobil terbang buatan Turki ini diberi nama Cezeri, yang mana didesain dan dikembangkan oleh orang-orang lokal Turki sendiri tanpa ada campur tangan negara lain.

Media lokal menyebutnya sebagai mobil terbang. Tapi, tampilannya seperti sebuah quadcopter yang menyediakan tempat duduk untuk satu orang. ‘Mobil terbang’ ini memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal.
Selama uji terbang baru-baru ini, Cezeri diterbangkan beberapa kaki di atas tanah melalui remote control.

Direktur teknis di balik Bayker Makina yang telah memproduksi mobil terbang tersebut, Selçuk Bayraktar, adalah menantu Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan. Dia percaya bahwa dibutuhkan waktu 10-15 tahun sebelum Cezeri menjadi alat transportasi umum di Turki. Sebelum itu terjadi, menurutnya akan digunakan untuk tujuan rekreasi di pedesaan dalam 3-4 tahun.

“Setelah mobil pintar, revolusi teknologi otomotif akan terjadi pada mobil terbang. Jadi dari sudut pandang ini, kami sedang mempersiapkan persaingan masa depan, daripada hari ini,” katanya dalam pernyataan yang dilansir AA.

Nama mobil terbang “Cezeri” ini terinspirasi oleh Ismail al-Jazari yang merupakan seorang insinyur Muslim terkenal yang hidup antara tahun 1136 dan 1206. Bayker Makina sudah memproduksi drone untuk angkatan bersenjata dan non-bersenjata serta sistem kontrol, simulator, dan sistem avionik. Bayraktar telah mengkonfirmasi bahwa ada rencana untuk melakukan penerbangan uji coba dengan seorang pilot manusia. (sumber: oto.detik.com)