Sholat Tahajud Berapa Rakaat

Sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sholat tahajud dilakukan di malam hari setelah tidur dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon ridha-Nya. Dalam pelaksanaannya, seringkali orang bertanya-tanya, berapa rakaat sholat tahajud yang sebaiknya dilakukan? Berikut penjelasannya.

1. Pendapat Ahli Fiqih

Berdasarkan pendapat mazhab Syafi’i, Hanafi, dan Maliki, sholat tahajud dianjurkan dilakukan sebanyak 8 rakaat. Sedangkan menurut mazhab Hambali, sholat tahajud dapat dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

2. Pendapat Para Ulama

Para ulama memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai jumlah rakaat sholat tahajud. Ada yang mengatakan bahwa sholat tahajud dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal tak terbatas. Ada juga yang mengatakan bahwa sholat tahajud sebaiknya dilakukan sebanyak 4 rakaat dengan 2 salam.

3. Pendapat Rasulullah SAW

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW biasanya melaksanakan sholat tahajud sebanyak 8 rakaat dengan 2 salam. Namun, beliau juga pernah melaksanakan sholat tahajud sebanyak 12 rakaat dan 16 rakaat.

4. Kesimpulan

Dari berbagai pendapat dan hadits yang ada, dapat disimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud sebaiknya minimal 2 rakaat dan maksimal tak terbatas. Namun, jika ingin mengikuti sunnah Rasulullah SAW, sebaiknya dilakukan sebanyak 8 rakaat dengan 2 salam. Yang terpenting adalah niat dan khusyu’ dalam melaksanakan sholat tahajud, karena Allah SWT tidak melihat pada jumlah rakaat, melainkan pada kualitas ibadah kita.

Kesimpulan Akhir

Sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Jumlah rakaat sholat tahajud sebaiknya minimal 2 rakaat dan maksimal tak terbatas. Namun, sebaiknya mengikuti sunnah Rasulullah SAW dengan melaksanakan sholat tahajud sebanyak 8 rakaat dengan 2 salam. Yang terpenting adalah niat dan khusyu’ dalam melaksanakan sholat tahajud, karena Allah SWT tidak melihat pada jumlah rakaat, melainkan pada kualitas ibadah kita.