fbpx
pengertian dan fungsi dari processor komputer

Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi Processor Pada Komputer

Didalam dunia teknologi, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Processor atau Prosesor (dalam bahasa Indonesia). Nah kali ini teknobgt.com akan membahas tentang Pengertiannya, fungsinya dan juga cara kerja dari Prosesor itu sendiri.

Pengertian Processor (Prosesor) Pada Komputer

Pengertian Processor adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengontrol sistem komputer dan juga menjalankan instruksi. Jadi Processor ini bisa dikatakan juga sebagai Otak Komputer atau sering disebut CPU (Central Processing Unit) yang mana bentuk hardwarenya adalah berupa Chip IC (Integrated Circuit).

Letak dari perangkat keras Processor ini berada di Motherboard yang dipasang dengan socket khusus agar bisa dilepas/pasang, sehingga memudahkan saat ingin dibersihkan ataupun jika terjadi kerusakan mudah untuk diganti dengan processor baru yang tentunya satu tipe socket-socketnya. Komputer tidak akan bisa hidup / menyala ketika anda tidak memasang Processor pada socket yang tersedia dimotherboard.

Lalu bagaimana cara kerja dari Processor di komputer?

Ketika kita mengerjakan sesuai di komputer, maka sistemnya akan menjalankan instruksi dan mengirimkannya pada processor. Nah dari instruksi yang masuk itu, processos bisa melakukan 3 hal dasar, yaitu:

  1. ALU (Arithmetic Logic Unit) adalah sistem yang bisa menjalankan opeasi matematis seperti tambah, kurang, bagi dan juga perkalian. Processor yang sudah modern seperti saat ini memiliki sistemp floating point unit yang mana bisa mengerjakan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka yang jumlahnya sangat besar.
  2. Kemudian akan memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya.
  3. Dan setelah itu akan mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain sesuai keputusan tersebut.

Jika disederhanakan, maka cara kerja dari processor adalah akan menerima informasi atau perintah yang masuk yang otomatis akan merubah perintah tersebut menjadi sistem data yang dikeluarkan ke hardware ataupun software sesuai perintah yang masuk.

Processor itu bisa bekerja karena didukung dengan perangkat keras lainnya seperti RAM (Memory) dan juga Harddisk yang saling terhubung. Itu karena output dari perintah yang masuk ke processor ini akan disimpan ke RAM ataupun Harddisk.

Fungsi Processor

  • Fungsi yang utama dari Processor ini adalah menjalankan proses masuknya informasi pada sebuah komputer.
  • Menciptakan sistem komputer untuk mengintegrasikan perangkat keras (hardware) yang terhubung di komputer agar bisa menghasilkan output yang maksimal. Adapun perangkat keras tersebut adalah Harddisk, RAM, VGA, Soudcard, Landcard dan yang lainnya.
  • Processor bisa memastikan komponen hardware (perangkat keras) bekerja sesuai fungsinya.
  • Sebagai identitas kinerja dari komputer. Jika processor yang digunakan memiliki kualitas dan spesifikasi yang bagus, maka semakin bagus juga performa dari komputer tersebut. Tetapi itu juga harus didukung depan komponen / perangkat keras lainnya yang berada pada level yang sama.
  • Mengolah Alogaritma untuk menjalankan perintah yang masuk.
  • Mampu menjaga stabilitas perangkat keras yang sudah terintegrasi. Seperti bisa mencegah terjadinya kelebihan arus listrik / over voltage.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian, cara kerja dan fungsi dari processor di komputer. Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya mengenai Processor di artikel selanjutnya.