Home / Berita Pilihan / Resmi Tutup, Bolt Refund Ke Pelanggan Rp. 10,37 Miliar

Resmi Tutup, Bolt Refund Ke Pelanggan Rp. 10,37 Miliar

Teknobgt.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia melakukan pemantauan terhadap proses pengembalian pulsa dan kuota milik pelanggan serta hak-hak pelanggan lainnya yang masih ada di PT Internux (modem Bolt) dan PT First Media, Tbk.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu mengatakan, hasil pantauan per Kamis, 31 Januari kemarin, bahwa pengembalian dana (refund) pelanggan telah selesai dilakukan untuk sebanyak 11.766 pelanggan dengan nilai Rp10,37 miliar.

“Kedua operator menyediakan pengembalian hak pelanggan melalui gerai dan online,” kata Ferdinandus, lewat keterangan resminya, Sabtu, 2 Februari 2019.

Dalam proses refund melalui gerai sebanyak 10.284 pelanggan dengan total uang senilai Rp8,96 miliar. Adapun refund melalui online dilakukan oleh 1.482 pelanggan dengan total uang senilai Rp1,41 miliar. Ia pun mengapresasi kedua operator yang memenuhi permintaan Kominfo untuk mengutamakan hak-hak pelanggan.

Seperti diketahui, Kamis, 31 Januari lalu, merupakan hari terakhir yang ditetapkan oleh kedua operator untuk memenuhi hak pelanggan setelah keputusan pengakhiran penggunaan pita frekuensi radio 2,3GHz yang ditetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Sebelumnya, pada Jumat, 28 Desember 2018, Kominfo melakukan pengakhiran penggunaan pita frekuensi radio 2,3GHz untuk PT Internux, PT First Media, Tbk. dan PT Jasnita Telekomindo.

Pengakhiran penggunaan pita frekuensi tersebut dilakukan karena ketiga operator itu tidak dapat memenuhi kewajibannya membayar Biaya Hak Penggunaan spektrum frekuensi radio kepada negara.

Akibatnya berdampak terhadap pelanggan yang tidak dapat lagi menggunakan layanan telekomunikasi kedua operator, di mana sejak 19 November 2018, Kominfo telah melarang kedua operator telekomunikasi tersebut untuk menambah pelanggan baru dan meminta menghentikan aktivitas top-up paket atau kuota data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *