Home / Gadget / Ini Bahaya Isi Baterei Smartphone di Mobil

Ini Bahaya Isi Baterei Smartphone di Mobil

Teknobgt.com – Mengisi ulang daya baterai smartphone atau gadget saat ini memang dapat dilakukan di mana saja. Selain lewat sambungan listrik PLN atau powerbank, mengecas smartphone dalam mobil dengan memanfaatkan sumber listrik mobil juga banyak dilakukan.

Namun tidak banyak yang tahu, memanfaatkan sumber listrik di mobil untuk mengisi ulang daya baterai ternyata memiliki dampak negatif. Alih-alih daya terisi penuh, kerusakan justru mengancam smartphone atau bahkan mobil itu sendiri. Akibatnya pun bisa fatal, seperti korsleting, terbakar, hingga meledak.

Beberapa uji teknis menyatakan bahwa pengisian melalui mobil ini banyak memberikan risiko pada perangkat yang diisinya. Listrik yang dihasilkan dari kendaraan roda empat ini tidak stabil, sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada sel baterai pada handphone.

Astra world juga beberapa waktu lalu pernah menyebutkan bahwa kelistrikan mobil yang berasal dari sumber aki cenderung menghasilkan listrik tidak stabil. Dengan penambahan beban yang digunakan untuk pengisian pada gadget, maka akan mengakibatkan kelistrikan terganggu.

Namun demikian, ada beberapa langkah yang dapat kita perhatikan agar masih dapat melakukan pengisian pada mobil. RAVPower, salah satu produsen powerbank yang baru masuk di pasar Indonesia akhir 2018 lalu, mengaku memiliki caranya.

Dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/2), RAVPower membagikan tips guna mencegah kerusakan pada mobil akibat penggunaan perangkat pengisian daya, baik pada smartphone maupun gadget lainnya. Menurutnya, ada dua langkah yang perlu diperhatikan untuk mengisi ulang daya gadget di dalam mobil.

Kenali dan Pilih Perangkat dengan Saksama

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali perangkat pengisian daya dan memilihnya dengan saksama. Mengisi dengan menggunakan colokan korek api elektronik pada mobil tidak selalu menjadikan perangkat gadget kita dalam ‘bahaya’. Akan tetapi hal ini masih bisa dilakukan asalkan kita mengenali perangkat dan memastikan perangkat yang akan digunakan sudah aman.

Pertama-tama kenali terlebih dahulu perangkat yang akan kita gunakan. Hindari tergiur dengan perangkat yang banyak dijual dipasaran dengan harga murah. Selain meragukan, perangkat dengan harga yang murah disebut mempunyai tingkat kerawanan yang tinggi.

Memastikan Aki Mobil Dalam Kondisi Prima

Ketika banyak beraktivitas dengan mobil dan mengharuskan pengisian daya ulang gadget atau smartphone di sana, langkah kedua yang harus diperhatikan adalah memastikan kondisi kelistrikan aki mobil dalam keadaan prima.

Aki merupakan bagian terpenting dalam kelistrikan mobil. Apabila aki dalam kondisi kurang baik, sebaiknya jangan mengisi baterai ponsel dari mobil. Selain dapat menambah kerusakan pada kelistrikan, penggunaan yang dipaksakan juga akan mengakibatkan perangkat cepat rusak.
Ada banyak cara memastikan kondisi aki mobil dalam keadaan prima. Salah satunya bisa dilakukan sendiri dengan perangkat volt meter sederhana atau datang langsung ke bengkel.

Berkenaan dengan perangkat pengisian daya di dalam mobil, pihak RAVPower juga mengaku memiliki produk yang bisa dijadikan pilihan. Salah satu produk RAVPower yang ada adalah RP VC003. Produk tersebut diklaim mampu mengenali kebutuhan dan kondisi kelistrikan mobil.

Pihak RAVPower juga menyebut bahwa perangkatnya sudah dilengkapi dengan teknologi quick charge yang mampu mengisi gadget dengan waktu yang singkat. Tidak hanya itu, perangkat ini juga memiliki empat colokan untuk empat perangkat. Jadi tidak usah antre atau menunggu lagi untuk bergantian mengisi perangkat.