cara amankan akun twitter dari hacker

6 Cara Amankan Akun Twitter Dari Serangan Hacker

Semua akun sosial media pasti bisa saja di hack oleh orang lain, termasuk yang kemarin sempat membuat heboh ketika beberapa akun pebisnis dan politikus di Amerika Serikat diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu kalian wajib tau 6 cara amankan akun twitter dari serangan hacker.

Biasanya para hacker memang tidak sembarangan menargetkan korbannya, mereka menargetkan akun-akun yang memiliki jumlah follower yang banyak seperti selebritis, pebisnis, atlet hingga politikus. Kemduian para hacker akan menyebarkan informasi penipuan dalam waktu singkat agar para follower yang masih awam terkena penipuan itu.

Tidak menutup kemungkinan ke akun personal kita juga bisa saja dihack, entah itu karena ada masalah pribadi dan akhirnya sipelaku memesan jasa hacker untuk meretas akun twitter kita. Untuk itu kita semua wajib tau cara amankan akun twitter dari serangan para hacker, seperti yang sudah terbit di pusan bantuan twitter.

6 Cara Untuk Mengamankan Akun Twitter

  1. Gunakan kombinasi password yang kuat
  2. Gunakan mode verifikasi saat login/masuk
  3. Tetap Waspada jika ada link / tautan yang mencurigakan
  4. Jangan pernah memberitahukan username dan password akun anda kepada orang lain
  5. Selalu update aplikasi twitter di smartphone dan juga pasang anti virus
  6. Selalu cek profile twitter, apakah ada tweet yang mencurigakan

two factor authentication twitter

Gunakan Kombinasi Password Login Yang Kuat

Ada beberapa point penting ketika anda membuat akun sosial media agar aman dari serangan para hacker, diataranya adalah:

  • Saat anda membuat akun sosial media (bukan hanya untuk twitter saja) pastikan password loginnya terdiri dari kombinasi huruf, angka dan simbol.
  • Semakin panjang kombinasi passwordnya maka semakin kuat.
  • Jangan menggunakan password dengan nama+tanggal lahir, ini kombinasi password yang yang sangat mudah ditebak
  • Gunakan juga password yang berbeda-beda disetiap akun sosial media anda.
Baca Juga  3 Cara Agar Mobile Banking Aman, Tidak Bisa di Hack Via Hp

Menggunakan Mode Verifikasi Saat Login

Pernah mendengar istilah Google 2-Step Verification ? nah itu adalah salah satu bentuk mode verifikasi yang bisa anda gunakan untuk mengamankan akun twitter. Jadi dengan menggunakan mode ini, anda tidak mengandalkan password loginnya saja. karena setelah login menggunakan password akan ada step selanjutnya untuk verifikasi yang dikirimkan ke perangkat anda (biasanya akan dikirimkan ke nomor hp)

Tetap Waspada jika ada link / tautan yang mencurigakan

Selalu cek dan pastikan bahwa kalian mengakses website Twitter.com, bukan link yang mirip ataupun ada tambahan kata lainnya. Domain Twitter akan selalu memiliki https://twitter.com/ sebagai domain utama diwebsitenya dan link loginnya adalah seperti ini : https://twitter.com/login.

Jangan berikan username dan password akun anda kepada orang lain

Pastikan juga anda tidak memberitahukan username dan password login akun twitter kepada orang yang tidak anda kenal ataupun website-website yang memberi iming-iming bisa memdapatkan follower yang banyak.

Ada juga beberapa website palsu yang sengaja dibuat seperti halaman twitter untuk mengelabui orang-orang melakukan login, padahal mereka itu secara otomatis menyimpan username dan password akun twitter kalian. Jadi ketika mengakses twitter di perangkat pc ataupun laptop, pastikan link / nama websitenya benar-benar ke website resmi twitter.

Selalu update aplikasi twitter di smartphone dan juga pasang anti virus

Pastikan juga kalian menggunakan aplikasi twitter terupdate agar akun kita aman, karena pada saat update software biasanya hadir juga dengan patch untuk mengatasi ancaman keamanan spesifik. Pastikan juga kalian melakukan scan perangkat secara rutin untuk mendeteksi virus, spyware, dan adware. Selalu update versi terbaru Twitter, anti-virus, browser dan sistem operasi di perangkat kalian.

Baca Juga  Waduh.. Akun Twitter Bill Gates, Joe Biden sampai Elon Musk Di HACK!

Selalu cek profile twitter, apakah ada tweet yang mencurigakan

Biasanya para hacker juga hanya memanfaatkan akun kita untuk menyebarkan berita ataupun informasi yang menguntungkan mereka. Jadi kita masih bisa akses pada akun twitter, tetapi hacker juga bisa dan sering melakukan tweet tentang link website tertentu.

Jadi kalian harus sering-sering melakukan cek di halaman profile, lihat disitu apakah ada tweet yang mencurigakan.? jika ada dan anda merasa tidak pernah memposting, maka bisa dikatakan akun anda juga sudah terkena hack.

Seperti itulah beberapa cara untuk mengamankan akun twitter agar tidak mudah diserang oleh para hacker. dan untuk para pengguna akun sosial media untuk tidak mudah meyebarkan informasi hoax.