daftar komponen cpu

Daftar Komponen Perangkat Keras Yang ada Pada Bagian CPU

Berikut ini adalah daftar komponen perangkat keras yang merupakan bagian dari sebuat CPU Komputer. Perangkat-perangkat keras ini digabungkan dalam 1 tempat (casing) yang kemudian dihubungkan ke motherboard agar bisa menjalankan sistem operasinya.  Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah daftar perangkat keras dari CPU Komputer :

Bagian-Bagian Perangkat Keras CPU

cpu hardware parts

Berikut ini adalah daftar perangkat keras atau bagian-bagian yang ada dalam CPU

Casing

Casing adalah tempat atau kotak yang biasanya terbuat dari besi / aluminium yang digunakan sebagai tempat untuk merakit perangat keras didalamnya. Casing ini juga posisinya berada diluar dari PC dan setiap orang menyebutnya adalah CPU. Nah di Casing CPU memang didesain khusus agar penempatan perangkat-perangkat keras didalamnya kokoh, dan tidak mudah panas. Sehingga didesain ada lubang anginnya.

Selain itu Casing CPU biasanya pada bagian depan itu terdapat 2 tombol untuk Power dan tombol restart yang nantikanya akan dihubungkan ke motherboard. Selain itu dibagian depan juga terdapat slot untuk memasang CD/DVD Drive.

Saat ini Casing CPU sudah banyak sekali jenisnya, dan biasanya tergantung dengan fungsi PC (Personal Computer) itu sendiri, seperti Mini Tower Case, Middle Tower Case, Gaming Case, Slim Case, Full Tower Case dan masih banyak lainnya.

Processor

Perangkat keras lainnya yang sangat penting perannya adalah Processor yang posisinya dipasangkan pada socket khusus pada motherboard.

Karena perannya yang sangat penting, maka processor yang sudah dipasangkan pada motherboard akan dikunci oleh pendingin dan juga blower/kipas, ini dimaksud agar si processor tersebut tidak mudah panas saat digunakan untuk memproses data.

Baca Juga  Pengertian dan Fungsi CPU Pada Komputer Dan Komponen Pendukungnya

Motherboard

Selanjutnya ada Motherboard atau papan sirkuit yang sudah dibuat secara khusus untuk mendukung kinerja dari perangkat keras yang akan dipasangkan. Fungsi motherboard ini adalah sebagai tempat penggabungan / menghubungkan perangkat keras lainnya agar bisa sali berkomunikasi ataupun bertukar data.

RAM

Random Access Memory atau disingkat menjadi RAM ini merupakan memori utama dari sebuah komputer yang mana fungsinya bisa untuk penyimpanan data sementara yang diproses oleh processor tadi sebelum dilanjutkan kebagian lain yang membutuhkan sesuai perintah. Jadi sangat dibenarkan jika RAM itu disebut juga seabgai memori penyimanan data sementara.

Hard Disk

Jika RAM disebut sebagai tempat penyimpanan sementara, nah ini sebaliknya,fungsi Harddisk disini sebagai tempat penyimpanan data yang akan diproses ataupun setelah diproses. Harddisk ini pada umumnya memiliki kapasitas yang sangat besar dan ini bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Semakin besar kapasitas harddisk yang digunakan maka semakin besar juga space untuk anda menyimpan data ataupung menginstal aplikasi/program pengolah datanya.

Contoh data yang bisa anda simpan pada harddisk adalah Video, foto, lagu mp3, dokumen, software, games, dan lain sebagainya.

VGA Card

Video Graphic Editor atau disingkat menjadi VGA Card merupakan komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai pengolah data grafis untuk ditampiklan pada monitor / layar. Komponen ini merupakan salah satu yang paling penting jika ingin mengolah dan menampilkan grafis yang lebih bagus pada monitor. Contohnya adalah bermain game.

Sound Card

Sound Card ini perangkat keras yang berfungsi sebagai pengolah data audio, baik itu data audio yang masuk lewat microphone ataupun data audio yang keluar lewat speaker.

Tapi ada juga motherboard yang sudah terpasang jack audionya, sehingga tidak membutuhkan sound card lagi.

Baca Juga  Pengertian Motherboard dan Fungsi-Fungsi Disetiap Bagiannya

Lan Card

Perangkat keras ini biasanya digunakan untuk menghubungkan CPU / komputer ke jaringan local. dan bisa juga digukanan sebagai jalur akses internet jika di jaringan localnnya sudah terhubung ke internet.

Disc Drive

Kita lebih mengenalnya sebagai CD atau DVD Room, yang berfungsi untuk membaca data dalam disc ataupun melakukan proses pengisian data pada disc.

Power Supply

Ini juga perangkat keras yang sangat penting perannya, tanpa power supply CPU atau komputer anda tidak akan bisa hidup. Power supply ini berfungsi untuk mengalirkan listrik kesetiap perangkat keras melalui motherboard agar bisa hidup beroperasi. Fungsinya juga sebagai pengaman jika arus listrik tidak stabil, karena jik arus listrik yang masuk itu tidak stabil maka perangkat keras/ komponen didalam cpu bisa mengalami kerusakan.

Itulah komponen perangkat keras yang ada didalam Casing CPU. Semoga infomasi ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan.