Az Zalzalah: Kiamat Kecil

Az Zalzalah adalah salah satu surah dalam Al-Qur’an yang menceritakan tentang kiamat kecil. Kiamat kecil adalah suatu peristiwa yang terjadi sebelum kiamat besar. Peristiwa ini akan terjadi dengan gempa bumi yang sangat dahsyat dan merata di seluruh bumi.

Dalam surah Az Zalzalah, Allah SWT menjelaskan tentang gempa bumi yang akan terjadi pada hari itu. Gempa bumi yang terjadi akan membuat bumi mengeluarkan semua beban yang ada di dalamnya. Semua manusia akan keluar dari kubur-kuburnya dan semua amal yang telah dilakukan akan dihitung.

Penjelasan Ayat-Ayat Az Zalzalah

Ayat pertama dalam surah Az Zalzalah mengatakan, “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan yang dahsyat.” Ayat ini menjelaskan tentang gempa bumi yang akan terjadi pada hari itu. Gempa bumi ini akan sangat dahsyat dan merata di seluruh bumi.

Ayat kedua dalam surah Az Zalzalah mengatakan, “Dan bumi mengeluarkan beban-beban yang ada di dalamnya.” Ayat ini menjelaskan bahwa gempa bumi akan membuat bumi mengeluarkan semua beban yang ada di dalamnya. Semua beban yang ada di dalam bumi akan keluar dan terlihat oleh semua manusia.

Ayat ketiga dalam surah Az Zalzalah mengatakan, “Dan manusia bertanya-tanya, ‘Mengapa yang terjadi pada bumi ini?’ ” Ayat ini menjelaskan bahwa semua manusia akan terkejut dengan gempa bumi yang terjadi. Mereka akan bertanya-tanya mengapa gempa bumi terjadi dan apa yang menyebabkan gempa bumi terjadi.

Ayat keempat dalam surah Az Zalzalah mengatakan, “Pada hari itu, bumi menceritakan berita-beritanya.” Ayat ini menjelaskan bahwa pada hari itu, bumi akan menceritakan berita-beritanya. Semua yang telah terjadi di bumi akan diungkap oleh bumi sendiri.

Ayat kelima dalam surah Az Zalzalah mengatakan, “Karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan yang demikian.” Ayat ini menjelaskan bahwa gempa bumi terjadi karena perintah dari Allah SWT. Semua yang terjadi di dunia ini adalah atas perintah dari Allah SWT.

Ayat keenam dalam surah Az Zalzalah mengatakan, “Pada hari itu, manusia keluar dari kuburnya untuk diperlihatkan amalnya.” Ayat ini menjelaskan bahwa pada hari itu, semua manusia akan keluar dari kubur-kuburnya. Mereka akan diperlihatkan semua amal yang telah dilakukan selama hidupnya.

Ayat ketujuh dalam surah Az Zalzalah mengatakan, “Maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah, maka dia akan melihat (balasannya).” Ayat ini menjelaskan bahwa Allah SWT akan membalas semua amal baik yang telah dilakukan oleh manusia. Meskipun amal baik tersebut sekecil zarah, tetapi Allah SWT akan membalasnya.

Ayat kedelapan dalam surah Az Zalzalah mengatakan, “Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah, maka dia akan melihat (balasannya).” Ayat ini menjelaskan bahwa Allah SWT akan membalas semua amal buruk yang telah dilakukan oleh manusia. Meskipun amal buruk tersebut sekecil zarah, tetapi Allah SWT akan membalasnya.

Ayat kesembilan dalam surah Az Zalzalah mengatakan, “Dan tidaklah ada yang berat dan ringan melainkan Kami telah mencatatnya dalam kitab.” Ayat ini menjelaskan bahwa Allah SWT telah mencatat semua amal baik dan buruk yang telah dilakukan oleh manusia. Semua amal tersebut akan dihitung pada hari kiamat nanti.

Ayat kesepuluh dalam surah Az Zalzalah mengatakan, “Dan apa yang membuatmu mengetahui apa yang hari kiamat itu?” Ayat ini menjelaskan bahwa hanya Allah SWT yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat. Tidak ada yang dapat mengetahui kapan terjadinya hari kiamat kecuali Allah SWT.

Hikmah dari Surah Az Zalzalah

Surah Az Zalzalah memberikan banyak hikmah bagi kita sebagai manusia. Pertama, surah ini mengingatkan kita bahwa semua yang terjadi di dunia ini adalah atas perintah dari Allah SWT. Kita harus taat kepada Allah SWT dan melakukan semua perintah-Nya.

Kedua, surah ini mengingatkan kita bahwa semua amal yang telah dilakukan selama hidup kita akan dihitung pada hari kiamat nanti. Kita harus selalu berusaha untuk melakukan amal baik agar bisa mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Ketiga, surah ini mengingatkan kita bahwa Allah SWT akan membalas semua amal baik dan buruk yang telah dilakukan oleh manusia. Kita harus selalu berusaha untuk melakukan amal baik dan menjauhi amal buruk agar tidak mendapatkan siksa dari Allah SWT.

Kesimpulan

Surah Az Zalzalah adalah salah satu surah dalam Al-Qur’an yang menceritakan tentang kiamat kecil. Kiamat kecil adalah suatu peristiwa yang terjadi sebelum kiamat besar. Peristiwa ini akan terjadi dengan gempa bumi yang sangat dahsyat dan merata di seluruh bumi. Surah ini mengingatkan kita untuk selalu taat kepada Allah SWT dan melakukan amal baik agar bisa mendapatkan pahala dari Allah SWT.