Jumlah Suku di Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki keanekaragaman budaya yang sangat kaya. Salah satu keanekaragaman tersebut terlihat dari jumlah suku yang ada di Indonesia. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, terdapat sekitar 1341 suku yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Suku Jawa

Suku Jawa merupakan suku terbesar di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 41 juta jiwa. Suku ini tersebar di seluruh wilayah Jawa dan bahkan ada yang merantau ke luar Jawa. Suku Jawa memiliki kebudayaan yang sangat kaya, seperti tarian, musik, dan bahasa.

Suku Sunda

Suku Sunda merupakan suku terbesar kedua di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 38 juta jiwa. Suku ini mendiami wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Kebudayaan suku Sunda sangat terkenal dengan tarian jaipong, angklung, dan kesenian wayang golek.

Suku Batak

Suku Batak merupakan suku terbesar ketiga di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 8 juta jiwa. Suku ini mendiami wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya. Kebudayaan suku Batak sangat terkenal dengan adat istiadat, tari tor-tor, dan musik gondang sabangunan.

Suku Minangkabau

Suku Minangkabau merupakan suku terbesar keempat di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 7 juta jiwa. Suku ini mendiami wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya. Kebudayaan suku Minangkabau sangat terkenal dengan adat istiadat, tarian, dan masakan rendang.

Suku Dayak

Suku Dayak merupakan suku asli Kalimantan dengan jumlah penduduk sekitar 3,5 juta jiwa. Suku ini mendiami wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur. Kebudayaan suku Dayak sangat terkenal dengan tarian gawai, senjata mandau, dan rumah panjang.

Suku Toraja

Suku Toraja merupakan suku asli Sulawesi Selatan dengan jumlah penduduk sekitar 1,2 juta jiwa. Suku ini mendiami wilayah Tana Toraja. Kebudayaan suku Toraja sangat terkenal dengan adat istiadat, tarian, dan rumah adat tongkonan.

Suku Nias

Suku Nias merupakan suku asli Sumatera Utara dengan jumlah penduduk sekitar 800 ribu jiwa. Suku ini mendiami wilayah Nias. Kebudayaan suku Nias sangat terkenal dengan tarian fataele, adat istiadat, dan arsitektur rumah adat.

Suku Papua

Suku Papua merupakan suku asli Papua dengan jumlah penduduk sekitar 3 juta jiwa. Suku ini mendiami wilayah Papua dan Papua Barat. Kebudayaan suku Papua sangat terkenal dengan tarian war dan senjata tradisional koteka.

Suku Melayu

Suku Melayu merupakan suku yang mendiami wilayah Sumatera, Riau, dan Kepulauan Riau. Suku ini memiliki kebudayaan yang sangat kaya seperti tari zapin, senjata keris, dan bahasa Melayu.

Suku Aceh

Suku Aceh merupakan suku yang mendiami wilayah Aceh. Suku ini memiliki kebudayaan yang sangat kaya seperti tari saman, senjata rencong, dan bahasa Aceh.

Suku Bali

Suku Bali merupakan suku yang mendiami wilayah Bali. Suku ini memiliki kebudayaan yang sangat kaya seperti tari kecak, senjata kris, dan bahasa Bali.

Suku Bugis

Suku Bugis merupakan suku yang mendiami wilayah Sulawesi Selatan. Suku ini memiliki kebudayaan yang sangat kaya seperti tari piring, senjata badik, dan bahasa Bugis.

Suku Banjar

Suku Banjar merupakan suku yang mendiami wilayah Kalimantan Selatan. Suku ini memiliki kebudayaan yang sangat kaya seperti tari zapin, senjata mandau, dan bahasa Banjar.

Suku Lampung

Suku Lampung merupakan suku yang mendiami wilayah Lampung. Suku ini memiliki kebudayaan yang sangat kaya seperti tari sekapur sirih, senjata pedang, dan bahasa Lampung.

Suku Madura

Suku Madura merupakan suku yang mendiami wilayah Madura. Suku ini memiliki kebudayaan yang sangat kaya seperti tari remo, senjata badik, dan bahasa Madura.

Suku Minahasa

Suku Minahasa merupakan suku yang mendiami wilayah Sulawesi Utara. Suku ini memiliki kebudayaan yang sangat kaya seperti tari kabasaran, senjata tumbak, dan bahasa Minahasa.

Suku Bajau

Suku Bajau merupakan suku yang mendiami wilayah Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara. Suku ini memiliki kebudayaan yang sangat kaya seperti tari pakarena, senjata badik, dan bahasa Bajau.

Suku Makassar

Suku Makassar merupakan suku yang mendiami wilayah Sulawesi Selatan. Suku ini memiliki kebudayaan yang sangat kaya seperti tari pakarena, senjata pedang, dan bahasa Makassar.

Suku Ternate

Suku Ternate merupakan suku yang mendiami wilayah Ternate, Maluku Utara. Suku ini memiliki kebudayaan yang sangat kaya seperti tari gambyong, senjata kampak, dan bahasa Ternate.

Kesimpulan

Jumlah suku di Indonesia sangatlah banyak dan beragam. Setiap suku memiliki kebudayaan dan adat istiadat yang berbeda-beda. Hal ini menunjukan kekayaan Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan agar tidak punah dan hilang ditelan zaman. Mari kita cintai dan lestarikan keanekaragaman budaya Indonesia.