Doa Doa Wudhu: Cara Meraih Berkah Sebelum Beribadah

Wudhu merupakan salah satu syarat sahnya shalat bagi umat muslim. Selain membersihkan diri dari kotoran fisik, wudhu juga memiliki makna spiritual dalam rangka mempersiapkan diri untuk beribadah kepada Allah SWT. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa doa doa wudhu yang dapat membantu kita meraih pahala dan berkah sebelum beribadah?

Doa Sebelum Wudhu

Sebelum memulai wudhu, ada baiknya kita membaca doa sebelum wudhu terlebih dahulu. Doa ini berfungsi untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT agar wudhu yang kita lakukan diterima dan bermanfaat bagi kita. Berikut doa sebelum wudhu yang bisa Anda baca:

“Bismillah. Allohumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad. Allahummanfa’ni bima ‘allamtani wa’allimni ma yanfa’uni. Allahumma inni as’aluka ridhoaka waljannah wa a’udzu bika min sakhatikal jahannam.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, berilah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya. Ya Allah, berikanlah manfaat dari ilmu yang telah Engkau ajarkan padaku dan berikanlah aku ilmu yang bermanfaat. Ya Allah, aku memohon ridha-Mu dan surga-Mu serta aku berlindung dari siksa neraka-Mu.”

Doa Ketika Membasuh Muka

Saat membaca doa ketika membuka wudhu, ada baiknya kita juga membaca doa ketika sedang membilas muka. Doa ini berfungsi untuk memohon kepada Allah SWT agar wajah kita dilindungi dari segala keburukan dan diberikan kecantikan. Berikut doa ketika membilas muka:

“Bismillah. Allahumma bayyidh wajhi bi nurika yauma tabyaddhu wujuhun wa taswaddu wujuh. Allahumma atyab bissutuur. Allahumma ahsin farjii wa tajammal bihi.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, berikanlah cahaya pada wajahku di hari ketika wajah-wajah menjadi pucat dan kehitaman. Ya Allah, berikanlah pakaian yang terbaik. Ya Allah, jaga kemuliaan saya dan berikanlah keindahan pada diri saya.”

Doa Ketika Membasuh Tangan

Selain membaca doa ketika membilas muka, ada juga doa ketika sedang membasuh tangan. Doa ini berfungsi untuk memohon kepada Allah SWT agar tangan kita dilindungi dari segala keburukan dan diberikan keberkahan. Berikut doa ketika membasuh tangan:

“Bismillah. Allahumma a’tini kitabi bi yamini wa khudzhu bi yasari.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, berikanlah kitabku pada tangan kananku dan ambillah dengan tangan kiriku.”

Doa Ketika Membasuh Kaki

Tak hanya tangan dan muka, ada juga doa ketika sedang membasuh kaki. Doa ini berfungsi untuk memohon kepada Allah SWT agar langkah-langkah kita selalu dalam keberkahan dan dihindarkan dari segala keburukan. Berikut doa ketika membasuh kaki:

“Bismillah. Allahumma thabbitni ‘alal haqqi wa aj’al khairal al-akhiri akhiri amali.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, teguhkanlah aku dalam kebenaran dan jadikanlah amal yang baik sebagai akhir hidupku.”

Doa Setelah Selesai Wudhu

Setelah selesai wudhu, ada baiknya kita membaca doa setelah wudhu. Doa ini berfungsi untuk memohon kepada Allah SWT agar wudhu yang kita lakukan diterima dan bermanfaat untuk kita. Berikut doa setelah wudhu yang bisa Anda baca:

“Ashhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syarika lah, wa ashhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh. Allahummaj’alni minattawwabiina waj’alni minal mutathahhirin.”

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang selalu bertaubat dan termasuk orang-orang yang selalu membersihkan diri.”

Kesimpulan

Dalam melakukan wudhu, ada baiknya kita juga membaca doa doa wudhu untuk memohon kepada Allah SWT agar wudhu yang kita lakukan diterima dan bermanfaat bagi kita. Dengan membaca doa doa tersebut, diharapkan kita dapat meraih berkah dan pahala sebelum beribadah kepada Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.