Doa Sujud Sahwi: Arti, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Doa sujud sahwi adalah doa yang dilakukan setelah seseorang melakukan kesalahan dalam shalat. Artinya, doa ini dilakukan sebagai permohonan ampun dan agar shalat yang dilakukan menjadi sah. Sujud sahwi dilakukan sebagai pengganti rakaat yang terlewat atau salah dalam shalat. Namun, jika kesalahan yang terjadi lebih dari satu rakaat, maka sujud sahwi tidak bisa menggantikan kesalahan tersebut.

Manfaat Doa Sujud Sahwi

Doa sujud sahwi memiliki manfaat yang sangat besar bagi umat muslim. Selain bisa memperbaiki shalat yang salah, doa ini juga bisa menyucikan hati yang penuh dengan dosa. Selain itu, doa sujud sahwi juga bisa memperkuat rasa iman dan takwa, karena dalam doa tersebut terdapat permohonan ampun dan taubat di hadapan Allah SWT.

Cara Melakukan Doa Sujud Sahwi

Untuk melakukan doa sujud sahwi, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Pertama, setelah selesai melakukan shalat, berdiri dengan tenang dan memulai sujud. Kedua, lakukan sujud dengan menempelkan kening ke lantai dan membaca doa sujud sahwi sebanyak tiga kali. Setelah itu, bangkit dari sujud dan duduk dengan tenang. Ketiga, lakukan sujud lagi dengan membaca doa yang sama sebanyak tiga kali. Keempat, bangkit dari sujud dan duduk dengan tenang. Kelima, membaca doa tasbih sebanyak 33 kali. Terakhir, membaca doa tahlil, tahmid, dan takbir masing-masing sebanyak tiga kali.

Doa Sujud Sahwi dalam Bahasa Arab

Berikut ini adalah doa sujud sahwi dalam bahasa Arab:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ، دِقَّهُ وَجِلَّهُ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ، وَعَلَانِيَتَهُ وَسِرَّهُ، فَإِنَّكَ تَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِي وَمَا لَا أَعْلَمُ، إِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيمُ الْغَيُوبُ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي جَمِيعَ ذُنُوبِي، إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ، وَاهْدِنِي لِأَحْسَنِ الْأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ، وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا، لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ، لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ، وَالْخَيْرُ كُلُّهُ فِي يَدَيْكَ، وَالشَّرُّ لَيْسَ إِلَيْكَ، أَنَا بِكَ وَإِلَيْكَ، تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ، اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِرَحْمَتِكَ، وَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي بِكَرَمِكَ، إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ.

Penutup

Doa sujud sahwi merupakan doa yang sangat penting dalam shalat. Dengan melakukan doa ini, kita bisa memperbaiki shalat yang salah dan menyucikan hati dari dosa. Selain itu, doa sujud sahwi juga bisa memperkuat rasa iman dan takwa. Oleh karena itu, marilah kita selalu menyempatkan waktu untuk melakukan doa sujud sahwi setelah shalat, agar shalat yang kita lakukan menjadi sah di hadapan Allah SWT.