cara mengecek garansi iphone baru dan bekas

Cara Mengecek Garansi iPhone Baru Ataupun Second

Garansi merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh semua produsen smartphone dan biasanya hanya diberikan dalam jangka waktu tertentu. Kali ini teknobgt.com akan memberikan informasi mengenai cara mengecek garansi iPhone yang anda miliki atapun yang akan anda beli (baru atau bekas).

Jika anda menggunakan iphone dengan baik, bisa jadi layanan garansi yang ditawarkan tidak terpakai atau hangus. Karena mayoritas perangkat keras Apple dilengkapi dengan garansi terbatas selama 1 tahun saja dan dukungan teknis gratis hingga 90 hari. Untuk memperpanjang masa perlindungan Anda lebih lanjut, beli AppleCare Protection Plan.

Tapi jangan anda remehkan juga layanan garansi yang diberikan itu, karena kita tidak tau dalam 1 tahun pemakaian, bisa saja ada hal-hal buruk yang terjadi seperti terjatuh, terendam air, ataupun masalah hardware didalam perangkat iphonenya. Oleh karena itu anda harus mengetahui bagaimana cara mengecek garansi iphone.

Selain itu, saat ini banyak juga beredar iphone palsu, yang jika anda tidak detail memeriksanya bisa saja tertipu. Salah satu cara pengecekan iPhone itu asli atau palsu adalah dengan cara cek iMEI dan juga cek garansinya.

Cara Cek Garansi iPhone

Cara Mengecek Garansi iPhone

Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukang untuk mengecek garansi semua tipe iPhone ( iphone 4, iPhone 5, iphone 5c, Phone SE (generasi ke-2), iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus).

  1. Langkah pertama adalah buka meu Settings / Pengaturan di iPhone yang akan dicek masa garansinya
  2. Kemudian pilih menu General dan pilih About / Tentang
  3. Dihalaman menu About ini akan menampilkan serial number iPhone atau IMEI. (Catat atau salin serial numbernya)
  4. Untuk mengcopy / salin serial numbernya ini ke formulir pendaftaran atau dukungan Apple, sentuh dan tahan nomor yang akan disalin.
  5. Selanjutnya masuk ke official site Apple di : https://checkcoverage.apple.com/id/in
  6. Masukan / paste serial number yang tadi anda salin di kolom “Masukkan nomor seri Anda”
  7. Dibagian bawahnya masukkan lagi kode verifikasi ( ikuti captcha yang muncul dan ketikkan di kolom bahanya) dan klik Next / Lanjutkan untuk proses pengecekan masa garansinya.
  8. Setelah itu masukkan negara anda (Indonesia) dan pilih See your service and support coverage yang terdapat di menu Service and Repair. Jika berhasil maka website tersebut akan menampilkan data masa garansi iphone yang anda cek tersebut.
Baca Juga  3 Cara Uninstall Aplikasi di iPhone Atau iPad

Macam-macam Jenis Garansi iPhone

macam macam jenis garansi iphone

Saat ada beberapa macam jeni garansi yang dimiliki oleh perangkat iPhone dan ini biasanya tergantung yang menjual iphone tersebut, untuk lebih jelasnya simah dibawah ini :

Garansi Internasional

Jenis garansi yang pertama adalah Garansi Internasional, yang mana jika anda memiliki iPhone dengan jenis garansi ini, maka jika ada kerusakan ataupun masalah dengan iphonenya, anda bisa mengklaim di Authorized reseller Apple atau Service center resmi yang ada di seluruh dunia.

Garansi Resmi

Iphone yang memiliki garansi resmi ini merupakan layanan yang diberikan oleh pihak Apple kepada distributor suatu negara. Contohnya di Indonesia, Distributor Resmi Apple yang ada di Indonesia akan memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu kepada pengguna iphone yang dibeli di Indonesia, tidak bisa mengklaim garansi dinegara lain.

Garansi Distributor

Ini agak berbeda ya dengan garansi resmi, biasanya garansi ini diberikan oleh distributor yang menjual produk iPhone secara tidak resmi. Ini artinya jika anda membeli iPhone dengan garansi distributor, maka anda tidak bisa mengklaim ke service venter Apple resmi.

Garansi Toko / Penjual

Yang terakhir adalah garansi toko atau garansi penjual, ini biasanya untuk produk iPhone tidak resmi, iPhone BM (black market), iphone refurbish bahkan ada iphone palsu. Anda akan melihat perbedaan harga yang sangat jauh antara iPhone dengan garansi toko dan iphone garansi internasional/resmi.

Seperti itulah bagaimana cara mengecek garansi iPhone dan juga penjelasan mengenai beberapa macam tipe garansi yang saat ini banyak ditawarkan. Jadi bijaklah saat ingin membeli iPhone baru, karena saat ini juga di Indonesia telah resmi memblokir IMEI yang tidak terdaftar.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
iphone garansi internasional adalah,menu backup iphone