cara mematikan laptop yang hang

Berikut Ini Cara Mematikan Laptop Hang Yang Benar

Mau tau bagaimana cara mematikan laptop hang secara tiba-tiba dengan benar? Nah cara-cara ini dilakukan agar tidak menyebabkan kerusakan pada software ataupun hardwarenya.

Pasti kalian pernah mengalami masalah laptop tiba-tiba hang kan? nah itu secara otomatis tidak bisa menggerakkan mouse untuk klik tombol restart ataupun shutdown dan juga keywboard tidak berfungsi. Masalah seperti itu sering terjadi pada perangkat PC / komputer juga dan itu mengharuskan kita untuk mencari solusi atau tindakan seperti yang akan dibahas sekarang ini yaitu cara mematikan laptop hang.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan sering mengalami Hang itu? Ada beberapa faktor yang biasanya menjadi sumber masalah ini, yaitu :

  1. Spesifikasi laptop yang standard, tetapi digunakan untuk pekerjaan yang berat-berat sehingga CPU / prosesornya bekerja terlalu keras.
  2. Terlalu banyak program yang di instal dan rungging didalam starup.
  3. Banyak file service yang berjalan dari software-software yang terinstal di laptop (bisa dilihat dari windows task manager)
  4. Ada Program yang dijalankan oleh virus, sehingga kinerja laptop jadi semakin berat.
  5. Terlalu banyak membuka aplikasi atau program secara bersamaan..
  6. Kapasitas memory banyak yang terpakai
  7. Banyak file sampah / junk yang menumpuk di harddisk dan mungkin masih banyak lagi faktor-faktor penyebab seringnya terjadi Hang ini.

Tips Mematikan Laptop Yang Hang Dengan Benar

task manager untuk laptop hang

Hal pertama yang bisa anda lakukan jika tiba-tiba mengalami masalah ini adalah dengan merestart laptopnya. Jika tetap tidak bisa juga, maka anda harus mencoba mengikuti beberapa cara mematikan laptop hang dengan paksa berikut ini :

  • Jika langkah pertama tadi untuk merestart laptopnya dengan cara klik Start (logo windows) –> Shutdown / Restart tidak bisa dilakukan karena respon mousenya lambat atau benar-benar tidak bisa digerakkan lagi, maka bisa mencoba cara Kombinasi tombol keywboard Alt + F4.
  • Dengan cara menekan kombinasi Alt+F4 ini, maka kita akan memaksa menutup /close aplikasi yang sedang dibuka saat itu. Coba beberapa kali, jika cara ini berhasil maka akan ada respon pergerakan kursor ketika menggerakkan mousenya dan bisa langsung klik tombol shutdownnya.
  • Jika cara itu tidak berhasil, maka cara selanjutnya adalah dengan masuk ke windows task manager, caranya dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Delete.
  • Jika ini berhasil maka layar laptop akan menampilkan pilihan seperti (lock this computer, switch user, log off, change a password, start task manager).
  • Pilih yang start task manager untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang jalan saat itu dan bisa langsung di end task / close.
  • Tapi tombol kombinasi Ctrl + Alt + Delete ini merukapan cara cepat mematikan laptop hang karena ketika anda menekan tombol kombinasi itu, dipaling bawahnya nanti akan ada tombol shutdown, Jadi tampa harus masuk ke task manager terlebih dahulupun anda bisa langsung mematikan laptopnya.
  • Jika cara tadi tidak ada respon, maka anda bisa menggunakan cara yang terakhir ini yaitu dengan mematikan laptop dengan paksa. Bagaimana caranya? cukup dengan menekan tombol powernya selama 1 – 5 detik atau tekan terus tombol powernya sampai layar laptopnya benar-benar mati.
Baca Juga  200+ Fungsi Tombol Kombinasi Keyboard Laptop Ataupun PC Windows

Jadi jangan langsung marah-marah ataupun emosi sampai merusak laptopnya, cukup dengan mengikuti tips dan beberapa cara mematikan laptop hang, anda bisa menyelesaikan masalah ini.