Doa Sebelum Belajar di Sekolah

Doa merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dalam Islam. Dalam kehidupan sehari-hari, doa juga sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum melakukan aktivitas apapun, termasuk sebelum belajar di sekolah. Berikut adalah beberapa doa yang dapat dilakukan sebelum belajar di sekolah.

Doa Sebelum Belajar Al-Quran

Sebelum memulai membaca Al-Quran, sebaiknya dilakukan doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa yang dapat dilakukan sebelum belajar Al-Quran:

“Allahummaftah ‘alaiya hikmataka wanasyiata minal khazaa‘ini bimaa ladayka yaa dzal jalaali wal ikraam. Allahumma inii as’aluka ilman naafi‘an warizqon thoyyibaan wa ‘amalan mutaqobbalan.”

Artinya: “Ya Allah, bukalah hikmah-Mu dan kebijaksanaan-Mu bagiku, Wahai Yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.”

Doa Sebelum Belajar Umum

Sebelum memulai belajar apapun, sebaiknya dilakukan doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa yang dapat dilakukan sebelum belajar umum:

“Allahumma inii as’aluka fahmal naafi‘a, wa ‘amalan mutaqobbalan wa rizqon thoyyiban.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu pemahaman yang bermanfaat, amal yang diterima, dan rezeki yang baik.”

Doa Sebelum Ujian

Sebelum menghadapi ujian, sebaiknya dilakukan doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa yang dapat dilakukan sebelum ujian:

“Allahumma laa sahla illa maa ja‘altahu sahlaa wa anta taj‘alul hazna idzaa syi’ta sahlaa.”

Artinya: “Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali yang Engkau mudahkan, dan Engkau menjadikan kesedihan mudah jika Engkau menghendakinya mudah.”

Doa Sebelum Mengerjakan Tugas

Sebelum mengerjakan tugas sekolah, sebaiknya dilakukan doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa yang dapat dilakukan sebelum mengerjakan tugas:

“Allahumma yassir lii amrii wahlul ‘uqdata min lisaanii yafqahuu qawlii.”

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah urusanku dan lepaskanlah simpul dari lidahku supaya mereka mengerti ucapanku.”

Doa Sebelum Memulai Pelajaran

Sebelum memulai pelajaran, sebaiknya dilakukan doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa yang dapat dilakukan sebelum memulai pelajaran:

“Allahumma inii a‘uudzubika min dzillatid dunyaa wa ‘adzaabil qobri wa fitnatil mahooya wal mamaat wa syarri fitnatil masiihi dzalika jamii‘an yaa rabbal ‘aalamiin.”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kehinaan dunia, siksa kubur, fitnah kehidupan dan kematian, serta keburukan fitnah Dajjal. Semua itu adalah kejahatan yang ada di dunia ini.”

Doa Sebelum Membaca Kitab

Sebelum membaca kitab, sebaiknya dilakukan doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa yang dapat dilakukan sebelum membaca kitab:

“Allahumma i‘lamnaa maa yanfa‘unaa wanfa‘naa bimaa ‘allamtanaa wa zidnaa ‘ilman yaa dzal ‘ilmil laa ya’lamu maa ba‘da huwaa.”

Artinya: “Ya Allah, berilah kami pengetahuan yang bermanfaat dan manfaatkanlah kami dengan apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Dan tambahkanlah pengetahuan bagi kami, Wahai Yang Maha Mengetahui yang tidak ada yang mengetahui sesudah-Nya.”

Doa Sebelum Ujian Nasional

Sebelum menghadapi ujian nasional, sebaiknya dilakukan doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa yang dapat dilakukan sebelum ujian nasional:

“Allahumma yaa muqollibal quluub thabbit qalbi ‘alaa diinik.”

Artinya: “Ya Allah, wahai yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku pada agama-Mu.”

Doa Sebelum Mempelajari Ilmu Baru

Sebelum mempelajari ilmu baru, sebaiknya dilakukan doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa yang dapat dilakukan sebelum mempelajari ilmu baru:

“Allahumma inii as’aluka ilman naafi‘an wa rizqon thoyyiban wa ‘amalan mutaqobbalan.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.”

Doa Sebelum Membaca Bismillah

Sebelum membaca bismillah, sebaiknya dilakukan doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa yang dapat dilakukan sebelum membaca bismillah:

“Allahumma innii a‘uudzubika min dzalika min kulli syaytaanin wa haamiatin wa min kulli ‘aynin laamatin.”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala setan, binatang pengganggu, dan mata yang jahat.”

Doa Sebelum Belajar Fiqih

Sebelum memulai belajar fiqih, sebaiknya dilakukan doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa yang dapat dilakukan sebelum belajar fiqih:

“Allahumma innii as’aluka fahmash shoolih wa tarkal munkar wa hubbul masaakiin wa an tafrugha ‘annii sholaa’id duniyaa.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu pemahaman yang baik, meninggalkan perbuatan buruk, mencintai orang miskin, dan menghilangkan kesedihan dunia dari diriku.”

Doa Sebelum Belajar Tafsir Al-Quran

Sebelum memulai belajar tafsir Al-Quran, sebaiknya dilakukan doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa yang dapat dilakukan sebelum belajar tafsir Al-Quran:

“Allahummaftah ‘alaiya fahmataka wanasyiata minal khazaa‘ini bimaa ladayka yaa dzal jalaali wal ikraam.”

Artinya: “Ya Allah, bukalah hikmah-Mu dan kebijaksanaan-Mu bagiku, wahai Yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Doa Sebelum Belajar Hadits

Sebelum memulai belajar hadits, sebaiknya dilakukan doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa yang dapat dilakukan sebelum belajar hadits:

“Allahumma inii as’aluka ilman naafi‘an wa rizqon thoyyiban wa ‘amalan mutaqobbalan.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima