Ciri-Ciri Kurang Darah

Kurang darah atau anemia adalah kondisi medis yang disebabkan oleh jumlah sel darah merah yang rendah dalam tubuh. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, baik itu pria maupun wanita, anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Untuk mengetahui apakah Anda mengalami kurang darah, perhatikan ciri-ciri berikut ini:

1. Mudah Lelah

Orang yang mengalami kurang darah sering merasa mudah lelah. Hal ini terjadi karena sel darah merah berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh organ tubuh. Jika jumlah sel darah merah rendah, maka kadar oksigen dalam tubuh juga akan menurun. Akibatnya, tubuh akan mudah lelah dan terasa lemah.

2. Pucat

Pucat adalah ciri-ciri kurang darah yang paling umum. Warna kulit yang pucat disebabkan oleh kurangnya sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen. Pucat ini biasanya terlihat pada wajah, bibir, dan kuku.

3. Sesak Napas

Jika Anda mengalami sesak napas yang tidak biasa, mungkin itu karena Anda kurang darah. Hal ini disebabkan karena kurangnya sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke paru-paru dan seluruh organ tubuh. Akibatnya, napas akan terasa berat dan sesak.

4. Detak Jantung Cepat

Sel darah merah juga berfungsi untuk membawa oksigen ke jantung. Jika jumlah sel darah merah rendah, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat dari biasanya.

5. Sakit Kepala

Kurangnya oksigen yang dibawa oleh sel darah merah dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini terjadi karena otak membutuhkan oksigen untuk berfungsi dengan baik. Jika kadar oksigen dalam darah rendah, maka otak akan mengalami kesulitan dalam memproses informasi.

6. Kram

Kurangnya sel darah merah juga bisa menyebabkan kram pada otot. Hal ini terjadi karena oksigen yang dibawa oleh sel darah merah berfungsi untuk memberikan energi pada otot. Jika kadar oksigen rendah, maka otot akan kekurangan energi dan mudah mengalami kram.

7. Nafsu Makan Menurun

Jika Anda mengalami kurang darah, nafsu makan Anda mungkin akan menurun. Hal ini terjadi karena tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk memproduksi sel darah merah. Jika tubuh Anda kekurangan zat besi, maka nafsu makan akan menurun.

8. Sulit Berkonsentrasi

Kurangnya oksigen dalam tubuh juga bisa menyebabkan sulit berkonsentrasi. Hal ini terjadi karena otak membutuhkan oksigen untuk berfungsi dengan baik. Jika kadar oksigen dalam darah rendah, maka otak akan mengalami kesulitan dalam memproses informasi.

9. Sering Merasa Dingin

Kurangnya sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan Anda sering merasa dingin. Hal ini terjadi karena kurangnya oksigen dalam darah membuat tubuh kekurangan energi untuk memproduksi panas.

10. Menstruasi yang Berlebihan

Kurang darah juga bisa menyebabkan menstruasi yang berlebihan pada wanita. Hal ini disebabkan karena kurangnya sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke rahim. Akibatnya, rahim menjadi lebih sensitif dan mudah terluka, sehingga menstruasi menjadi lebih berat dari biasanya.

11. Mudah Terinfeksi

Orang yang mengalami kurang darah juga mudah terinfeksi. Hal ini terjadi karena sel darah putih, yang berfungsi untuk melawan infeksi, juga bisa menurun jumlahnya akibat kurangnya sel darah merah.

12. Rambut Rontok

Kurangnya sel darah merah juga bisa menyebabkan rambut rontok. Hal ini terjadi karena sel darah merah berfungsi untuk membawa oksigen ke folikel rambut. Jika kadar oksigen rendah, maka folikel rambut akan kekurangan nutrisi dan mudah rontok.

13. Kuku Rapuh

Kuku yang rapuh juga bisa menjadi ciri-ciri kurang darah. Hal ini disebabkan karena kurangnya sel darah merah yang berfungsi untuk menyuplai nutrisi ke kuku. Akibatnya, kuku menjadi rapuh dan mudah patah.

14. Sariawan

Sariawan juga bisa menjadi ciri-ciri kurang darah. Hal ini terjadi karena sel darah putih, yang berfungsi untuk melawan infeksi, juga bisa menurun akibat kurangnya sel darah merah.

15. Kulit Kering

Kurangnya sel darah merah yang berfungsi untuk menyuplai nutrisi ke kulit juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Hal ini disebabkan karena kurangnya nutrisi membuat kulit kekurangan kelembapan dan mudah kering.

16. Telinga Berdengung

Jika Anda mengalami telinga berdengung yang tidak biasa, mungkin itu karena Anda kurang darah. Hal ini disebabkan karena kurangnya oksigen dalam darah membuat tubuh merespons dengan mengirimkan lebih banyak darah ke telinga. Akibatnya, telinga akan berdengung.

17. Muncul Bercak Merah pada Kulit

Orang yang mengalami kurang darah juga bisa mengalami bercak merah pada kulit. Hal ini terjadi karena kurangnya sel darah merah membuat kapiler darah di bawah kulit melebar dan terlihat seperti bercak merah.

18. Pembesaran Limpa

Jika kurang darah tidak diobati, maka bisa menyebabkan pembesaran limpa. Hal ini terjadi karena limpa berfungsi untuk membuang sel darah merah yang sudah rusak. Jika sel darah merah yang rusak terlalu banyak, maka limpa akan membesar.

19. Jantung Berdebar-debar

Orang yang mengalami kurang darah juga bisa mengalami jantung berdebar-debar. Hal ini terjadi karena kurangnya sel darah merah membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

20. Penurunan Kualitas Hidup

Kurang darah juga bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup. Hal ini terjadi karena kurangnya energi dan kelelahan yang dirasakan oleh penderita kurang darah membuat aktivitas sehari-hari menjadi sulit dilakukan. Selain itu, kurang darah juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya jika tidak diobati dengan tepat.

Kesimpulan

Jika Anda mengalami beberapa ciri-ciri kurang darah seperti mudah lelah, pucat, sesak napas, detak jantung cepat, sakit kepala, dan lain sebagainya, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai.