Home / Berita Pilihan / Pokemon GO AR+ Hadir di Android
Pokemon GO AR+ Hadir di Android
Pokemon GO AR+ Hadir di Android

Pokemon GO AR+ Hadir di Android

TEKNO BANGET, Games – Sempat viral beberapa tahun lalu, Pokemon Go kemudian menghilang gaungnya secara perlahan. Namun, Pokemon Go tetap memiliki beberapa penggemarnya sendiri. Beberapa orang juga mungkin menentang branding Pokemon GO sebagai game Augmented Reality. Pokemon Go memang menggunakan lokasi dunia nyata dan setidaknya, dapat menggunakan jalan dan membangun struktur di peta. Tapi Pokemon itu sendiri lebih mirip dengan stiker yang ditumpangkan di dunia nyata ketika Anda mengaktifkan mode AR.

Dan kini mereka muncul di segmen Augmented Reality Plus (AR+).  Pokemon GO mode AR+ telah mulai dikembangkan sejak tahun lalu, dan sekarang akhirnya tersedia untuk versi smartphone Android. Selama ponsel Anda merupakan salah satu dari beberapa smartphone Android yang mendukung ARCore.

Saat Anda mencoba menangkap Pokemon dengan AR yang aktif, makhluk yang ada lebih terlihat seperti gambar mengambang dari semua AR yang ada. Ya, mereka tetap diam di tempat saat Anda mengelilinginya, tetapi tempat itu mungkin berada di jendela atau di udara, tergantung di mana Anda mengarahkan kamera ponsel Anda ketika Anda mengaktifkan tampilannya.

Mode AR+ membuat hal menjadi sedikit lebih realistis. Pokemon akan berada di atas permukaan di depan Anda, sama seperti benda fisik di dunia nyata. Dan yang lebih penting, mereka juga akan menyadari kedatangan Anda, seberapa dekat Anda, dan seberapa cepat Anda bergerak. Yang berarti Anda perlu mendekatinya dengan hati-hati jika Anda ingin mendapatkan bonus Excellent Throw atau bahkan mengambil foto Pokemon yang bagus.

Untuk melakukannya, Pokemon GO membutuhkan framework AR yang tepat, itulah sebabnya mode AR+ dibuat pertama kali di iPhone yang menjalankan iOS 11 atau lebih baru, karena memiliki ARKit. Android sendiri saat ini telah memiliki ARCore, namun belum begitu meluas. Ada lebih dari 50 smartphone (dan satu Chromebook) yang mendukung ARCore saat ini dan itulah mengapa Niantic Labs merilis Pokemon GO AR+ untuk versi Android.

Meskipun ada perubahan kecil, mode AR+ menambah pengalaman realisme ke game. Yang juga bisa berarti berpotensi lebih menantang juga, karena pemain harus berjalan ke arah Pokemon dengan memperhatikan langkah mereka.