Siapa Saja Nama 12 Murid Tuhan Yesus?
Siapa Saja Nama 12 Murid Tuhan Yesus?

Siapa Saja Nama 12 Murid Tuhan Yesus?

Setiap orang Kristen pasti mengenal 12 murid Tuhan Yesus. Mereka adalah orang-orang pilihan yang dipilih langsung oleh Yesus untuk mengikutinya. Dalam Alkitab, mereka sering disebut sebagai “12 rasul”. Siapa saja mereka?

1. Simon Petrus

Simon Petrus adalah murid pertama yang dipanggil oleh Yesus. Dia adalah seorang nelayan dan saudara dari Andreas, murid kedua yang dipanggil oleh Yesus. Petrus sering dianggap sebagai yang terpenting dari 12 murid karena perannya yang penting dalam gereja awal dan kisah-kisah Alkitab.

2. Andreas

Andreas adalah saudara dari Simon Petrus. Dia juga seorang nelayan dan dipanggil oleh Yesus bersama dengan Petrus. Andreas sering tidak begitu dikenal dibandingkan dengan murid-murid lain, tetapi dia adalah seorang penginjil yang rajin dan setia.

3. Yakobus, anak Zebedeus

Yakobus adalah anak dari pasangan Zebedeus dan Salome. Dia adalah salah satu dari tiga murid yang sering mendampingi Yesus dalam situasi-situasi penting, seperti saat Yesus naik ke atas gunung untuk berdoa. Yakobus sering disebut sebagai “Yakobus yang Besar” untuk membedakannya dari murid lain yang memiliki nama yang sama.

4. Yohanes

Yohanes adalah saudara dari Yakobus dan anak dari pasangan Zebedeus dan Salome. Dia adalah murid yang sangat dekat dengan Yesus dan sering disebut sebagai “murid yang dikasihi Yesus” dalam Alkitab. Yohanes juga adalah pengarang Injil Yohanes dan tiga surat dalam Perjanjian Baru.

5. Filipus

Filipus adalah seorang murid yang berasal dari kota Betsaida. Dia sering disebut sebagai orang yang skeptis dan ragu-ragu. Namun, Filipus akhirnya menjadi penginjil yang gigih dan berani setelah menerima Roh Kudus pada hari Pentakosta.

6. Bartolomeus

Bartolomeus sering disebut sebagai “Natanael” dalam Injil Yohanes. Dia adalah seorang murid yang berasal dari Kana. Saat pertama kali dipanggil oleh Filipus untuk mengikut Yesus, Bartolomeus meragukan apakah Yesus benar-benar Mesias yang dijanjikan. Namun, setelah bertemu langsung dengan Yesus, Bartolomeus menjadi percaya dan menjadi penginjil yang setia.

7. Tomas

Tomas sering disebut sebagai “Tomas si Ragu-ragu” karena dia tidak percaya bahwa Yesus telah bangkit dari kematian hingga melihat Yesus secara langsung dan mengecek bekas luka-luka di tubuh Yesus. Namun, setelah bertemu langsung dengan Yesus, Tomas percaya dan menjadi penginjil yang setia.

8. Matius

Matius (juga dikenal sebagai Lewi) adalah seorang pemungut pajak. Dia dipanggil oleh Yesus saat sedang duduk di meja pajaknya. Matius kemudian menulis Injil Matius yang merupakan salah satu dari empat Injil dalam Perjanjian Baru.

9. Yakobus, anak Alfeus

Yakobus, anak Alfeus sering disebut sebagai “Yakobus yang Kecil” untuk membedakannya dari Yakobus, anak Zebedeus. Tidak banyak yang diketahui tentang Yakobus, tetapi dia diyakini sebagai salah satu penginjil di antara 12 murid.

10. Tadeus

Tadeus sering disebut sebagai “Yudas Tadeus” untuk membedakannya dari Yudas Iskariot. Tidak banyak yang diketahui tentang Tadeus, tetapi dia diyakini sebagai salah satu penginjil di antara 12 murid.

11. Simon, orang Zelot

Simon sering disebut sebagai “Simon Zelot” atau “Simon orang Kanaan”. Nama “Zelot” mengacu pada kelompok Yahudi fanatik yang melawan kekuasaan Romawi pada masa itu. Simon diyakini sebagai anggota kelompok tersebut sebelum menjadi murid Yesus.

12. Yudas Iskariot

Yudas Iskariot adalah murid yang mengkhianati Yesus dengan menjualnya kepada para pemimpin Yahudi. Dia menerima 30 keping perak sebagai imbalan untuk pengkhianatannya. Setelah Yesus dihukum mati, Yudas merasa menyesal dan akhirnya mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Kesimpulan

Itulah 12 murid Tuhan Yesus yang dipilih langsung oleh Yesus untuk mengikutinya. Meskipun mereka memiliki latar belakang dan kepribadian yang berbeda-beda, mereka semua setia dalam mengikuti Yesus. Mereka menjadi teladan bagi kita untuk mengikuti Yesus dan memperkenalkan kebaikan-Nya kepada orang lain.

Artikel Siapa Saja Nama 12 Murid Tuhan Yesus?

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM