fbpx
cara mengaktifkan fitur nfc

Cara Mengaktifkan Fitur NFC di Smartphone Android

Smartphone terbaru saat ini memiliki banyak fitur didalamnya, mulai dari fitur untuk mendukung kameranya, mendukung performanya dan ada juga fitur untuk mendukung sistem pembayaran seperti NCF ini. Nah disini teknobgt.com akan menjelaskan bagaimana cara mengaktifkan fitur nfc ini di smartphone android kalian.

Seperti yang ada pada artikel sebelumnya mengenai apa fungsi dari fitur NCF, nah kali ini akan dibahas cara mengaktifkannya. Sehingga anda bisa memanfaatkan fitutnya tersebut untuk membantu dan mempermudah anda.

Teknologi NFC sudah ada di smartphone semenjak sistem operasinya menggunakan Android 4.0 ( Ice Cream Sandwich) yang dikenal dengan istilah OS Android Beam. Dengan teknologi NFC ini ke 2 smartphone Android bisa dimanfaatkan untuk silih bertukar informasi semacam gambar, audio, video ataupun file yang lain dengan gampang.

Cara Cek Fitur NFC Ada atau Tidak pada smartphone

NFC di smartphone android

Tidak seluruh smartphone dilengkapi teknologi NFC. Nah untuk mengetahui dan mengecek apakah smartphone yang anda gunakan ini terdapat NFC atau tidak ada? Berikut ini cara mengeceknya dan bagaimana cara mengaktifkan fitur nfc :

  1. Langkah pertama adalah masuk ke menu Settings
  2. Kemudian dibagian Wireless & Network, pilih yang Lainnya
  3. Scroll sampai bawah, dan cari opsi NCF, jika ada berarti smartphone anda sudah dilengkapi teknolog ini.
  4. Aktifkan dengan cara menggeder tombolnya menjadi warna biru, maka fitur NFC sudah aktif, tinggal mengikuti pengaturan yang ada saja.

Pada sebagian smartphone, dibelakang covernya juga biasanya terdapat logo NFC yang menunjukkan smartphone tersebut dilengkapi teknologi NFC, semacam perihal Samsung Galaxy Series.

Bagaimana Cara kerja NFC

Semacam halnya Bluetooth ataupun Wifi, NFC bekerja dengan prinsip mengirim informasi lewat sinyal gelombang radio. Teknologi yang digunakan NFC didasarkan pada RFID( Radio Frequency Identification) yang memakai induksi elketromagnetik buat mengirimkan data.

Frekuensi transmisi informasi NFC merupakan 13, 56 MHz serta informasi bisa dikrim dengan kecepatan 106, 212, ataupun 424 kbps. NFC bisa menginduksikan arus listrik terhadap komponen NFC pasif semacam yang ada pada stiker yang tidak mempunyai power ataupun energi sendiri. Sehingga komponen NFC pasif tersebut bisa bekerja. Ini ialah perbandingan mendasar NFC dengan Bluetooth/ Wifi.

Bagaimana cara memakainya ?

nfc file sharing and payment

Untuk melaksanakan transfer informasi antara 2 fitur dengan memakai NFC, syaratnya ke 2 smartphone tersebut:

  1. Smartphone wajib dilengkapi dengan teknologi NFC
  2. Wajib terletak dalam jarak yang bersebelahan dekat 2 inch ataupun 10 cm
  3. Tidak boleh dalam kondisi Sleep ataupun Locked
  4. Sehabis penuhi ketentuan di atas serta NFC telah diaktifkan, cara melakukan transfer filenya adalah :
  5. Seleksi file yang hendak di kirim dari salah satu smartphone
  6. Rekatkan ke 2 smartphone silih membelakangi
  7. Tunggu nada ataupun konfirmasi kalau ke 2 smartphone telah terhubung

Pada layar smartphone pengirim file timbul popup“ Touch to Beam” kemudian klik layarnya. Proses pengiriman akan cepat berlangsung serta tunggu sampai berakhir. Jangan pisahkan ke 2 smartphone tersebut saat sebelum proses transfer informasi berakhir.

Bila telah berakhir akan terdengar audio konfirmasi serta popo up kalau transfer telah berakhir. Nah demikian panduan cara transfer Informasi dengan memakai NFC. Mudah- mudahan postingan bisa menolong kamu seluruh.