Home / Berita Pilihan / Tips Meningkatkan Performa Bermain Game Online Multiplayer
Tips Meningkatkan Performa Bermain Game Online Multiplayer
Tips Meningkatkan Performa Bermain Game Online Multiplayer

Tips Meningkatkan Performa Bermain Game Online Multiplayer

TEKNO BANGET, Games – Game online saat ini telah menjadi teman sehari-hari. Mungkin untuk menghabiskan waktu luang, atau sekedar ingin mencoba saja. Bahkan, beberapa juga menjadikan game online tersebut sebagai “pekerjaan” mereka. Game seperti Clash of Clans dan Mobile Legend merupakan beberapa jenis game online multiplayer yang banyak diminati saat ini.

Namun, apakah Anda tahu jika bermain game online tidak selalu terlihat sederhana? Permainan ini juga membutuhkan kecepatan koneksi internet yang baik bersama dengan beberapa sistem lain dan persyaratan jaringan. Bayangkan Anda berada pada momen penting dari permainan dan harus mengambil satu kesempatan untuk menang. Anda menemukan musuh, bersiap membidik target Anda dan akan menarik pelatuknya, tapi kemudian game mengalami lag dan ternyata Anda yang berada di pihak yang kalah. Menyebalkan bukan?

Nah, jika Anda juga pernah menghadapi hal seperti ini dan ingin memperbaiki masalah tersebut, berikut adalah beberapa kiat yang dapat membantu Anda meningkatkan performa untuk bermain game online.

Tip 1: Pastikan memiliki koneksi internet yang bisa dipercaya

Bermain game pada koneksi internet yang tidak stabil bisa jadi bencana. Ini menjadi alasan utama mengapa sebagian besar dari kita menghadapi lag saat bermain game online multiplayer. Cobalah untuk menggunakan koneksi internet broadband, bukan data seluler , karena akan relatif lebih stabil dan relatif lebih cepat dibandingkan dengan konektivitas data seluler. Juga disarankan untuk menggunakan koneksi yang menggunakan kabel jika Anda bisa.

Tip 2: Tutup semua aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi internet

Aplikasi dan layanan yang berjalan di background akan menghabiskan banyak bandwidth internet, terutama aplikasi media sosial yang kita miliki. Menutup aplikasi ini akan memberikan keleluasaan pada game yang Anda mainkan. Dan tentu saja, Anda akan memiliki koneksi penuh untuk game Anda!

Tip 3: Uji Latensi (Ping)

Ping atau uji latensi merupakan cara untuk menentukan kecepatan atau respons koneksi Anda dan seberapa cepat hal itu mencapai server. Ping antara 1ms hingga 60ms dianggap cocok untuk bermain game. Namun, ping juga perlu stabil untuk kinerja permainan yang lebih baik dan lancar. Untuk memeriksa ping Anda, gunakan beberapa aplikasi atau layanan tes kecepatan koneksi.

Tip 4: Kurangi pengaturan grafik gim Anda

Jika Anda bermain game offline, maka semuanya tergantung pada kecepatan sistem perangkat yang Anda miliki dan lag ditentukan oleh perangkat keras dan kecepatan sistem Anda. Sementara sebagian dari kita lebih menyukai gambar yang terlihat realistis untuk frame rate dalam permainan offline, itu tidak akan menjadi masalah jika frame rate berada di atas batas yang dapat diterima. Tetapi berbeda dengan game online. Frame drop atau lag dalam hal ini dapat membawa Anda menjadi buruk dan gamer online garis keras akan selalu lebih menyukai frame daripada kualitas grafis untuk menjaga hal-hal responsif sepanjang permainan. Jadi, disarankan untuk menurunkan pengaturan grafis dengan kualitas sedikit di bawah.