fbpx

Solusi Untuk iPhone Tidak Bisa di Charge Dalam Keadaan Mati

Ketika iphone tidak bisa di charge dalam keadaan mati maka ada beberapa hal yang bisa dicek terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk membawanya ke service center atau untuk langsung dijual.

Pada layar iPhone yang mati ketika di charger maka akan muncul logo beterai, itu adalah sebagai indikator bahwa proses pengisian daya baterainya berjalan, tetapi jika tidak muncul apa-apa maka anda bisa ikuti langkah berikut ini untuk melakukan proses pengecekan stop kontaknya, kabelnya, adaptornya atau memang iPhonenya yang rusak.

Jika Tidak Bisa Melakukan Pengisian Daya

iphone tidak bisa di charge

Cek terlebih dahulu perangkat pendukung untuk pengisian dayanya, bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Periksa lagi kabel usb pengisian dayanya, apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti ada bagian yang robek, terputus, atau ada bekas lipatan kabel yang bisa mengakibatkan putus pada bagian dalam.
  • Adaptornya juga harus diperiksa, apakah masih bisa memberikan daya yang sesuai dengan voltage iPhone.
  • Coba Gunakan beberapa stopkontak dinding, lalu pastikan koneksi kuat antara kabel pengisi daya, adaptor dinding USB, dan stopkontak dinding, atau kabel daya AC, atau coba stopkontak lain.
  • Bersihkan port charge / pengisian daya iphone dari kotoran dan debu yang ada didalamnya, ditakutkan ada yang menyumpat dan menutupi kuningan penghubung daya yang masuk.
  • Jika kabel usb, adator dan colokan stopkontak listrik berjalan normal semua maka bisa dicoba untuk melakukan pengisian daya selama 1 sampai 2 jam, dan jika tetap tidak ada respon bisa melakukan proses reset ulang / reset pabrik / reset factory atau disebutnya reset paksa.

Berikut ini beberapa cara melakukan reset ulang seperti pada artikel Cara mereset iPhone yang lupa password. Karena proses melakukan reset ulang / reset pabrik caranya sama saja.

  1. Model iPad dengan Face ID: Tekan dan lepas cepat tombol Volume Naik. Tekan dan lepas cepat tombol Volume Turun. Tekan dan tahan tombol Atas hingga perangkat dimulai ulang.
  2. iPhone 8 atau versi lebih baru: Tekan dan lepas cepat tombol Volume Naik. Tekan dan lepas cepat tombol Volume Turun. Tekan dan tahan tombol Samping hingga Anda melihat logo Apple.
  3. iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan iPod touch (generasi ke-7): Tekan dan tahan tombol Samping (atau Atas) dan tombol Volume Turun selama 10 detik, hingga Anda melihat logo Apple.
  4. iPad dengan tombol Utama, iPhone 6s atau versi lebih lama, dan iPod touch (generasi ke-6) atau versi lebih lama: Tekan dan tahan tombol Samping (atau Atas) dan tombol Utama selama 10 detik, hingga Anda melihat logo Apple.
  5. Terus setelah proses resetnya berhasil isi daya perangkat selama setengah jam ke depan.

Dan jika tetap tidak ada respon dari iphone yang tidak bisa di charge dalam keadaan mati bisa langsung dibawa ke service center untuk dilakukan evaluasi pengecekan perangkat didalamnya.