Contoh Pantun Jenaka: Lucu dan Menghibur

Pantun merupakan bentuk puisi lama yang terkenal di Indonesia. Pantun biasanya dijadikan sebagai hiburan dalam acara-acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun, dan lain-lain. Saat ini, pantun masih populer di masyarakat dan banyak orang yang suka membuat pantun sebagai hiburan. Namun, tak semua pantun bisa membuat orang tertawa. Nah, di artikel ini, kita akan membahas contoh pantun jenaka yang lucu dan menghibur.

1. Pantun Kucing

Kucing berkaki empat, jalan seperti orang keempat, kalau makan ikan kembung, tangannya dicucuk kaktus.

Pantun ini lucu karena menggambarkan kucing yang jalan seperti manusia. Selain itu, kalimat terakhir yang menyebutkan tangannya dicucuk kaktus membuat pantun ini semakin lucu dan menghibur.

2. Pantun Ayam

Ayam di dalam kandang, cacing di dalam perut, kalau tidak makan nasi, ayam mati kelaparan.

Pantun ini juga lucu karena menggambarkan ayam yang lapar. Namun, kalimat kedua yang menyebutkan cacing di dalam perut membuat pantun ini semakin jenaka dan menghibur.

3. Pantun Belalang

Belalang tempurungnya berbunyi, tidak ada yang menolong, kalau tidak ada kekuatan, terjunlah ke lantai.

Pantun ini lucu karena menggambarkan belalang yang kesulitan. Namun, kalimat terakhir yang menyebutkan terjunlah ke lantai membuat pantun ini semakin jenaka dan menghibur.

4. Pantun Burung

Burung terbang tinggi-tinggi, sampai ke awan biru, kalau tidak ada sayap, terjunlah ke bawah.

Pantun ini juga lucu karena menggambarkan burung yang terbang tinggi-tinggi. Namun, kalimat terakhir yang menyebutkan terjunlah ke bawah membuat pantun ini semakin jenaka dan menghibur.

5. Pantun Sapi

Sapi di padang rumput, jangan dulu berkelahi, kalau sudah berkelahi, susah payah mencarinya.

Pantun ini lucu karena menggambarkan sapi yang di padang rumput. Namun, kalimat terakhir yang menyebutkan susah payah mencarinya membuat pantun ini semakin jenaka dan menghibur.

6. Pantun Semut

Semut di atas batu, terus merayap ke sana, kalau ada gula-gula, tidak akan berhenti ke mana-mana.

Pantun ini juga lucu karena menggambarkan semut yang terus merayap ke sana. Namun, kalimat terakhir yang menyebutkan tidak akan berhenti ke mana-mana membuat pantun ini semakin jenaka dan menghibur.

7. Pantun Ular

Ular di dalam lubang, mencari makanan di sana, kalau tidak ada makanan, berenanglah ke laut.

Pantun ini lucu karena menggambarkan ular yang mencari makanan di dalam lubang. Namun, kalimat terakhir yang menyebutkan berenanglah ke laut membuat pantun ini semakin jenaka dan menghibur.

8. Pantun Tikus

Tikus di dalam lobang, mencari makanan di sana, kalau tidak ada makanan, makanlah kabel listrik.

Pantun ini juga lucu karena menggambarkan tikus yang mencari makanan di dalam lobang. Namun, kalimat terakhir yang menyebutkan makanlah kabel listrik membuat pantun ini semakin jenaka dan menghibur.

9. Pantun Kupu-kupu

Kupu-kupu terbang di udara, mencari bunga yang harum, kalau tidak ada bunga, makanlah kertas koran.

Pantun ini lucu karena menggambarkan kupu-kupu yang mencari bunga yang harum. Namun, kalimat terakhir yang menyebutkan makanlah kertas koran membuat pantun ini semakin jenaka dan menghibur.

10. Pantun Kodok

Kodok di dalam sawah, melompat-lompat kesana, kalau tidak ada sawah, melompatlah ke kantong celana.

Pantun ini juga lucu karena menggambarkan kodok yang melompat-lompat ke sawah. Namun, kalimat terakhir yang menyebutkan melompatlah ke kantong celana membuat pantun ini semakin jenaka dan menghibur.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh pantun jenaka yang lucu dan menghibur. Pantun memang bisa menjadi hiburan yang menyenangkan dan bisa membuat orang tertawa. Namun, kita juga harus ingat bahwa pantun juga bisa mengandung pesan moral dan kearifan lokal yang baik untuk dipelajari.