Home / Gadget / Pengisian Daya Oppo Super VOOC: Sangat Mengesankan!
Pengisian Cepat Oppo’s Super VOOC

Pengisian Daya Oppo Super VOOC: Sangat Mengesankan!

TEKNO BANGET, Gadget – Pengisian cepat kini menjadi fitur standar pada smartphone high-end, untuk mengurangi lambatnya teknologi pengisian baterai dengan memungkinkan mereka untuk melakukan isi ulang dengan lebih cepat. Sejauh ini ada teknologi Quick Charge milik Qualcomm yang digunakan secara luas dan diperbarui secara rutin, sementara Apple menawarkan bentuk lain dari fitur pada iPhone yang lebih baru jika Anda bersedia membeli pengisi daya MacBook dan kabel lighting USB-C.

Namun mungkin hasil terbaik yang telah kami lihat hingga saat ini berasal dari sistem Dash Charge milik OnePlus, yang berfungsi dengan meningkatkan arus yang disediakan dan memerlukan pengisi daya serta kabel khusus. Ini merupakan teknologi yang sama yang digunakan oleh anak perusahaan Oppo dengan nama VOOC, yang merupakan kepanjangan dari Voltase Open Loop Multi-step Constant-Current Charging. Dan saat  ini, Oppo kembali dengan Super VOOC. Hasilnya? Sangat mengesankan.

Cukup dengan waktu tiga puluh lima menit, itu sudah mampu membuat pengisian penuh untuk Oppo Find X Lamborghini Edition dengan pengisi daya Super VOOC yang dibundel dalam paketnya. Dari nol menjadi 100 persen dalam 2100 detik. Pengisian ponsel mencapai 34 persen dalam waktu 10 menit, tepat 50 persen setelah 15 menit, dua pertiga penuh dalam 20 menit, dan dalam waktu 30 menit mencapai 92 persen.

Persis seperti yang diklaim oleh Oppo, Super VOOC menjadi pengisian daya tercepat sejauh ini untuk mengisi daya smartphone hingga kapasitas penuh. Dan Oppo Find X Lamborghini Edition ini juga tidak bisa dibilang memiliki baterai yang kecil, 3400mAh. Mungkin sedikit lebih kecil dari Oppo Find X reguler yang berkapasitas 3730mAh, namun masih lebih besar daripada OnePlus 6 yang berkapasitas 3300mAh.

Dengan Dash Charge, OnePlus 6 hanya mencapai 60 persen dari kapasitasnya dalam waktu yang dibutuhkan Oppo Find X Lamborghini untuk mengisi daya penuh – dan kemudian mengambil 45 menit lagi atau lebih untuk melewati 40 persen terakhir. Dan sampai saat ini, Super VOOC mungkin menjadi yang terbaik di kelasnya. Untuk USB-C PD milik iPhone X misalnya, yang hanya mampu mengisi baterai berkapasitas 2658mAh sekitar 50 persen dalam 30 menit.

Super VOOC menjadi solusi yang mengharuskan baterai ponsel dirancang untuk mendukungnya. Baterai Oppo Find X Lamborghini sendiri dibagi menjadi dua sel masing-masing 1700mAh, yang menggandakan kapasitas pengisiannya, sementara pengisi daya Super VOOC sendiri memberikan daya 10V / 5A. Baik ponsel maupun pengisi daya sama sekali tidak panas ketika digunakan, yang merupakan keunggulan penting lainnya dibandingkan teknologi pengisian cepat smartphone lainnya.

Namun, Super VOOC hanya tersedia sebagai bundling beberapa ponsel Oppo saat ini, termasuk Oppo R17 Pro serta Oppo Find X Lamborghini yang memiliki harga tinggi. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan untuk ke depannya mereka akan melepas Super VOOC tanpa bundling. Tertarik?