fbpx
apa fungsi imei iphone

Fungsi Nomor IMEI iPhone Itu Untuk Apa Saja Sih?

Untuk menghindari barang palsu, kalian wajib mengetahui fungsi nomor IMEI iPhone, karena smartphone ini harganya yang hampir 4 kali lipat dari smartphone android dan sering terjadi penipuan barang palsu dengan harga yang lebih rendah.

Seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya mengenai bagaimana cara cek IMEI iPhone agar bisa mendapatkan kode nomornya, kali ini bisa dikatakan sebagai lanjutan dari pembahasannya karena ini akan menjabarkan fungsi nomor IMEI pada iPhone.

Apa Saja Kegunaan IMEI iPhone?

serial number iphone

Ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dari nomor IMEI itu sendiri dan yang paling sering orang gunakan adalah cek keaslian dari hp itu sendiri. Tapi bukan itu saja kegunaannya, ada beberapa yang bisa kalian lakukan diantaranya :

Cek Spesifikasi Lengkap iPhone

Jika kalian membeli iPhone baru atau bekas di counter HP yang memang bukan Apple Store resmi wajib tuh cek keasliannya seperti diatas tadi. Cocokkan nomor IMEInya yang ada disistem, body dan kotaknya juga itu harus sama ya.

Dengan nomor IMEi ini juga kalian bisa mendapatkan informasi lengkap spesifikasi iPhone yang dibeli, ya walaupun memang tidak lengkap secara detail tetapikan bisa memastikan antara yang dijelaskan oleh sipenjual dan data resminya sama dan memang benar-benar smartphone asli. Untuk lebih meyakinkan lagi bisa mengunjungi situs resmi Apple.

Cek Masa Garansi

Manfaat atau fungsi lainnya adalah bisa mengetajui masa berlaku dari garansi iPhone yang kalian punya, bagaimana caranya tuh? cukup mudah kok yaitu dengan serial number. Jadi ini memanfaatkan situk cek IMEI info yang bisa menampilkan kode serial number atau bisa juga dari sistem pengaturan iPhone itu sendiri.

Cara mengetahui masa garansi iPhonenya adalah dengan cara masuk ke situs resmi Applecare Coverage dan masukkan kode serial numbernya yang tadi kalian cari. Maka data mengenai garansi iPhone kalian akan muncul secara lengkap.

Melaporkan iPhone Yang Hilang

Ini merupakan fungsi yang penting banget ketika kalian mengalami musibah seperti iPhone hilang terjatuh atau dicuri orang lain. Sebaiknya langsung membuat laporan di provider Simcard yang digunakan untuk melakukan pemblokiran dan langsung laporkan juga kepihak kepolisian agar bisa melakukan pemblokiran perangkat.

Adapun cara melacak iPhone hilang menggunakan IMEI adalah sebagai berikut :

  • Blokir terlebih dahulu simcard kalian ke provider agar tidak digunakan untuk hal-hal yang bisa merugikan
  • Cari kotak iPhone untuk mencatat nomor IMEI untuk keperluan kelengkapan data laporan ke pihak kepolisian
  • Minta bukti laporan kehilangannya untuk dilanjutkan lagi ke pihak iPhone agar bisa memblokir perangkatnya
  • Pihak Apple pun akan membantu proses pelacakan iPhone yang hilang tadi menggunakan nomor IMEI tang dilaporkan.

Adapun cara lain ketika kehilangan iPhone bisa melacaknya menggunakan Aplikasi, yang dibahas pada artikel cara melacak iPhone hilang .

Nah itulah 3 poin utama fungsi dan manfaat yang bisa didapatkan dari nomor IMEI, jadi jangan dianggap sepele ya tentang hal ini karena manfaatnya bisa membantu kalian dari hal yang sulit.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

cara melacak hp iphonefungsi imei iphoneimei apa sih