fbpx
sensus penduduk online 2020

Cara Daftar Sensus Penduduk Online 2020

Badan Pusat Statistik atau BPS merupakan Lembaga Pemerintah non Kementerian sudah siap melakukan sensus penduduk online 2020 yang akan dimulai pada sabtu tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Yang mana ini merupakan program atau langkap penting pemerintah untuk mewujudkan satu data kependudukan Indonesia.

BPS sudah menggunakan data administrasi kependudukan masyarakat Indonesia dari Ditjen Dukcapi sebagai data awal atau dasar perhitungan jumlah penduduknya yang kemudian nantinya akan dilengkapi dan dicocokkan pada pelaksanaan Sensus penduduk online 2020. Adapun tahapan-tahapan Sensus penduduk tahun 2020 ini adalah sebagai berikut

3 Tahapan Sensus Penduduk 2020

tahapan sensus penduduk online 2020

  1. Tahap pertama adalah pada Bulan Februari – Maret 2020 itu masyarakat indonesia wajib mendukung pelaksanaan secara mandiri dengan cara daftar sensus penduduk online melalui : https://sensus.bps.go.id , dan kemudian para petugas SP2020 akan melakukan evaluasi berkala.
  2. Tahap kedua selanjutnya pada bulan Juli 2020 adalah sensus penduduk wawancara 3 tahap yaitu (1) pemeriksaan daftar penduduk (2) verifikasi lapangan (ground check) dan (3) Pencacahan Lengkap (computer assisted personal interviewing / paper and pencil interviewing)
  3. Dan Tahap ketiga atau yang terakhir adalah Proses pencacahan di bulan Juli 2021. Pengumpulan data dan informasi kependudukan dan perumahan untuk menghasilkan berbagai parameter demografi dan indikator sosial lainnya (ada 82 pertanyaan).

Tujuan dari pemerintah melakukan sensus penduduk ini adalah untuk jangka panjang, yaitu pemerintah bisa dengan mudah tepat dalam membuat perencanaan pembangunan yang mana itu semua bisa dilakukan dari data yang dihasilkan tadi pada tahanpan ketiga. Semua data bisa dimunculkan baik itu parameter demografi dan indikator sosial dari setiap daerah.

Nah untuk membantu mensukseskan program pemerintah ini lewat BPS, Ayo semua warga indonesia untuk Daftar sensus penduduk online 2020 dan pastikan juga keluargamu tercatat dalam sensus penduduk tahun ini agar data kependudukannya lebih akurat.

Jadwal Kegiatan SP2020

jadwal sensus penduduk online 2020

Jadi anda ingin ikut program sensus penduduk online atau wawancara? berikut ini jadwal sensus penduduk tahun 2020 yang terbagi menjadi 2 tahapan prosesnya.

  1. Catatkan diri anda secara mandiri di sensus.bps.go.id pada periode bulan februari sampai maret 2020 atau
  2. Terima kedatang petugas sensus untuk wawancara pada bulan Juli 2020

Kenapa harus ikut sensus penduduk online? ada 3 alasan yang wajib diketahui saat ini yaitu :

  1. Dapat dilakukan kapan saja secara mandiri dan selama periode pelaksanaan sensus online.
  2. Literasi masyarakat Indonesia terhadap penggunaan teknologi informasi semakin baik, sehingga dipastikan minat untuk daftar online lebih tinggi
  3. Menumbuhkan kesadaran masyarat tentang arti penting data, dimulai dari informasi pribadinya

Cara Daftar / Pengisian Sensus Penduduk Online 2020

  1. Siapkan NIK, Nomor KK dan Akte Nikah/Cerai
  2. MAsuk Ke website Sensus.bps.go.id
  3. Masukan NIK dan Nomor KK kemudial pilih “Cek Keberadaan”
  4. Pada akses pertamaAnda akan diminta untuk membuat password/kata sandi dan memilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai atau mudah diingat untuk anda
  5. Kemudian akan muncul halaman baru tentang panduan pengisian, bacalah terlebih dahulu dengan teliti dan setelah paham klik “Mulai Mengisi”
  6. Langkah selanjutnya adalah ikuti petunjuk yang ada dan isi jawaban dengan jujur dan sebenar-benarnya
  7. Setelah selesai semua mengisi pertanyaan-pertanyaan yang ada, langkah selanjutnya adalah klik “kirim”
  8. Untuk / kirim bukti pengisian ke alamat email anda yang aktif.

Alamat Sekretariat Sensus Penduduk 2020

Sekretariat SP2020 BPS Pusat

  • Jl. Dr. Sutomo No.6, RW.8, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710
  • No telepon : (021) 3841195 ext.2020