Cara Melihat Password Wifi pada Smartpone dan Laptop
Cara Melihat Password Wifi pada Smartpone dan Laptop

Cara Melihat Password Wifi pada Smartpone dan Laptop

Mungkin sebagian dari pembaca merasa penasaran, bagaimana cara melihat password wifi, bisa disebabkan karena lupa akan kata sandi tersebut, atau tidak sengaja mereset jaringan wifi yang sebelumnya pernah terhubung pada perangkat, sehingga harus kembali memasukkan kata sandi.

Kejadian ini memang bisa saja terjadi kapan saja, sehingga kamu harus mencari tau solusi untuk mengatasinya. Sebab penggunaan wifi terbilang sangat penting, kini hampir di setiap hunian pasti menggunakan internet, yang memungkinkan seisi ruangan terhubung ke jaringan tersebut.

Kebutuhan internet memang bukan menjadi sebuah rahasia lagi, banyak orang yang kebingungan jika smartphone atau perangkat tidak terhubung dengan internet. Oleh karena itu jangan sampai kamu tidak tau informasi cara melihat password wifi, yang akan berguna saat membutuhkannya.

Berikut ini kami akan memberi beberapa tahapan, yang dapat diterapkan pada smartphone atau laptop kamu. Tahapan yang diberikan tentu saja mudah untuk diikuti, dan pastinya kamu tidak akan kesulitan untuk mengingat kata sandi, apalagi jika terdiri dari kata-kata yang sulit diingat.

Cara Melihat Password Wifi pada Smartphone Android 10 (Quince Tart)

Cara Melihat Password Wifi pada Smartphone Android 10

Kini versi Android terbaru adalah 13 atau Tiramitsu, jika kamu masih menggunakan Android versi 10, pengguna masih tetap bisa menerapkan cara berikut ini. Perlu diketahui bahwa tahapan di bawah ini, hanya bisa diterapkan bagi pengguna Android versi 10 ke atas saja.

1.      Hubungkan Smartphone dengan Wifi

Untuk menerapkan cara melihat password wifi, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat kamu telah terhubung dengan internet. Kamu bisa mengakses menu Settings atau Pengaturan, untuk masuk ke menu Wifi atau bisa juga langsung menekan tombol Wifi, yang terletak pada panel cepat.

Setelah itu tentukan jaringan internet yang ingin dibagikan dengan perangkat, lebih baik pengguna memilih jaringan dengan kekuatan cukup kuat atau setidaknya stabil. Kamu bisa memilih jaringan saat ini atau jaringan tersedia, sesuai dengan kebutuhan pengguna dan ketersediaan wifi.

2.      Klik Bagikan atau Share

Langkah selanjutnya adalah dengan membagikan jaringan tersebut, untuk bisa melihat kata sandi wifi, pengguna memang perlu membagikan jaringan internet. Akan tersedia opsi Share atau Bagikan, setelah kamu mengakses tombol tersebut, nantinya pengguna akan diminta untuk memverifikasi.

3.      Pengamanan Verifikasi Dua Langkah

Cara melihat password wifi berikutnya adalah verifikasi dua langkah, tahapan ini dilakukan tentu bertujuan agar keamanan smartphone pengguna terjaga dengan baik. Verifikasi dua langkah ini bisa dilakukan dengan memasukkan nomor handphone, atau bisa juga pindai sidik jari.

Pilihan kedua opsi verifikasi dua langkah ini, juga disesuaikan pada smartphone kamu. Setelah itu password wifi akan muncul secara otomatis, dan terdapat kode QR yang dapat diakses oleh user untuk terhubung dengan jaringan tersebut.

Melihat Password Wifi untuk Pengguna Samsung Galaxy

Melihat Password Wifi untuk Pengguna Samsung Galaxy

Mungkin banyak dari pembaca yang menggunakan handphone Samsung Galaxy, untuk perangkat satu ini kami memiliki cara khusus yang bisa kamu praktekkan dengan mudah. Untuk bisa melihat password wifi dengan mudah, ikuti cara berikut ini agar kamu dapat mengakses internet.

👉 TRENDING:  Begini Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome di Rumah!

1.      Sambungkan Smartphone dengan Wifi

Cara melihat password wifi pada Samsung Galaxy, mungkin tidak jauh berbeda dengan tahapan pertama, hanya saja tampilan Galaxy berbeda pada seri Samsung lainnya. Namun tahapan yang kami berikan, pasti bisa diikuti dengan mudah dan tentunya kamu dapat melihat kata sandi.

Hampir sama dengan tahap sebelumnya, kamu perlu mengakses menu Settings atau Pengaturan untuk mengaktifkan jaringan internet. Namun untuk lebih simpelnya, pengguna juga bisa mengusap layar panel dan klik ikon wifi selama beberapa detik, lalu akan muncul laman baru pada layar.

2.      Pilih Ikon Gear

Langkah berikutnya yaitu memilih akun gear pada laman tersebut, yang bertuliskan ‘Jaringan saat ini’. Nantinya di bagian pojok kiri bawah akan muncul ikon kode QR, dan klik kode itu. Pada kode akan tertulis perintah Pindai kode QR ini di perangkat lain untuk tersambung ke “nama jaringan”.

3.      Tampilkan Kode QR

Setelah menerapkan cara melihat password wifi sebelumnya, kini kamu dapat melihat kata sandi pada wifi yang dituju, juga terhubung dengan jaringan tersebut. Sistem pada smartphone juga memberi opsi lain, yaitu pengguna diberikan kebebasan oleh sistem One UI.

Dimana pengguna bisa menyimpan kode QR tersebut, baik sebagai gambar atau secara langsung dalam bentuk QR, agar nantinya kamu tetap bisa membagikannya kepada perangkat lain. Dapat berbagai menggunakan aplikasi pengirim pesan ataupun aplikasi media sosial yang sesuai.

Gunakan Aplikasi Wifi Password Recovery

Aplikasi Wifi Password Recovery

Jika ingin cara lebih mudah, mungkin kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, agar dapat dengan mudah mengetahui kata sandi wifi. Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan yaitu Wifi Password Recovery, aplikasi ini tersedia di Play Store dan bisa diunduh semua perangkat.

1.      Unduh Aplikasi Terlebih Dulu

Memang banyak aplikasi Android yang memungkinkan pengguna, untuk melihat kata sandi wifi. Dengan begitu kamu dapat menerapkan cara melihat password wifi dengan mudah, salah satu aplikasi tersebut adalah Wifi Password Recovery yang dirilis oleh 9xgeneration.

Download Aplikasi Wifi Password Recovery : KLIK DISINI

Untuk bisa menggunakannya, tentu pengguna harus mengunduh aplikasi tersebut terlebih dulu. Tenang saja aplikasi ini tidak akan memakan ruang penyimpananmu, sebab ukuran aplikasi ini terbilang cukup ringan dan tentunya sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna.

2.      Izinkan Akses Wifi

Jika perangkat lunak sudah terpasang pada perangkat, maka langkah selanjutnya yaitu memberi izin akses perangkat untuk menggunakan wifi. Pengguna juga diminta untuk menjalankan Wifi Password Recovery, dengan menekan tombol Grant yang terlihat di awal halaman.

Setelah itu akan muncul berbagai informasi, memuat berbagai jaringan internet yang sebelumnya pernah terhubung dengan perangkat. Di bagian ini kamu belum bisa melihat kata sandi, aplikasi ini juga tidak bisa digunakan untuk membobol wifi, hanya bisa melihat kata sandi jaringan internet perangkat.

3.      Memilih Jaringan

Cara melihat password wifi berikutnya adalah memilih jaringan, dimana pengguna perlu memilih jaringan yang memiliki koneksi paling kuat. Aplikasi ini tidak hanya menunjukkan kata sandi pada wifi yang hidup, namun dalam keadaan wifi tidak menyala, pengguna juga bisa melihatnya.

Jika pengguna sudah menentukan wifi yang ingin digunakan, maka pilihlah jaringan tersebut dan kamu bisa melihat kata sandi dari jaringan tersebut. Kata sandi akan terlihat di kolom PASS, dan kini pengguna dapat bebas menggunakannya, hanya saja aplikasi ini membutuhkan root untuk Android versi 5 ke atas.

Cara Melihat Password Wifi pada iPhone

wifi iphone

Tidak perlu khawatir, biasanya iPhone menjadi perangkat yang paling sulit untuk diutak-atik, karena memang perangkat ini dibekali dengan sistem keamanan tingkat tinggi, sehingga aplikasi yang tersedia di App Storepun tidak bisa sembarangan untuk diunduh dan digunakan.

👉 TRENDING:  Cara Membobol Wifi dengan HP, Gampang dan Cepat untuk Android

1.      Buka Menu Pengaturan

Salah satu hal yang perlu diingat sebelum mengaplikasikan cara melihat password wifi berikut ini adalah, kamu perlu menyediakan perangkat iMac juga. Pertama-tama pengguna akses menu Settings dan pilih iCloud, mungkin tampilannya akan berbeda pada setiap perubahan iOS.

Sehingga kamu hanya perlu menemukan opsi yang dibutuhkan saja, setelah mengakses menu iCloud akan terpapar banyak opsi lain didalamnya. Mulai dari Photos, Calendars, Contacts, Notes, Reminders, iCloud Drive, iCloud Mail dan Keychain Access.

2.      Buka Keychain Access

Namun yang akan kamu pilih yaitu Keychain Access, kamu perlu menyalakan fitur tersebut, hanya dengan memberi tanda centang pada kotak kosong di sebelah kiri. Kemudian kamu juga perlu menyalakan Keychain Access pada iMac, tidak ada anjuran akun iCloud harus sama atau tidak.

Untuk menyalakan Keychain Access pada iMac, kamu bisa mengakses menu System Preferences dengan mengklik ikon Apple. Lalu pengguna bisa melihat menu iCloud, disana akan muncul menu-menu yang terhubung dengan iCloud, salah satunya adalah Keychain.

3.      Lihat Password pada iMac

Jika cara melihat password wifi sebelumnya sudah diterapkan, kini kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya yaitu melihat password lewat iMac. Pengguna hanya perlu mengetik nama jaringan yang ingin dilihat kata sandinya, lalu klik dua kali untuk melihat opsi selanjutnya.

Tidak lama akan muncul laman baru, yang memuat pilihan untuk Show Password, disanalah kamu bisa melihat kata sandi dan bisa kembali menghubungkan perangkat.

Melihat Kata Sandi Wifi pada iMac

wifi imac

Jika kamu memiliki iMac, dan lupa dengan kata sandi pada wifi yang pernah terhubung dengan perangkat tersebut, mungkin cara berikut ini bisa membantu kamu. Jika pengguna bisa melihat kata sandi pada jaringan internet yang pernah terhubung, maka kamu bisa mengakses internet.

1.      Aktifkan Keychain Access

Terdapat cara melihat password wifi sendiri yang berlaku bagi perangkat iMac, jika tahapan sebelumnya kamu membutuhkan iPhone dan iMac. Kini kamu hanya membutuhkan perangkat iMac saja, dan mengaktifkan kembali tombol Keychain Access yang bisa ditemukan di Finder.

Atau kamu juga bisa menggunakan cara lain, dengan menekan tombol Command + Space. Jika sebelumnya Keychain Access sudah aktif, maka kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya.

2.      Temukan Nama Network yang Digunakan

Selanjutnya pengguna hanya perlu mengetik nama wifi, untuk menemukan network yang telah digunakan sebelumnya. Setelah itu jendela baru akan muncul, pastikan kamu tetap berada di kategori passwords, lalu klik dua kali untuk mengecek kata sandi.

3.      Klik Show Passwords

Kamu bisa mencentang tombol Show Passwords, jika kata sandi sudah bisa terlihat, maka cara melihat password wifi yang sudah diterapkan telah berhasil.

Reset Router untuk Membuat Kata Sandi dari Awal

Beberapa cara diatas memang efektif dan berhasil dipraktikkan, namun entah karena kesalahan pada perangkat atau tahapan yang tidak benar. Beberapa pengguna tidak berhasil menerapkan cara melihat password wifi, alhasil mereka tidak bisa mengetahui kata sandi.

Tidak perlu khawatir, karena salah satu cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan reset router internet di rumah. Dengan melakukan reset, maka sistem akan kembali seperti semula, dan kamu perlu memasukkan kembali kata sandi dan nama jaringan internet.

Bisa dibilang jika ini merupakan cara terakhir yang bisa kamu lakukan, agar kata sandi jaringan internet bisa diketahui. Jangan sampai lupa, jika kata sandi pada jaringan sudah diketahui, maka lebih baik untuk mencatatnya, agar kamu tidak perlu repot lagi menerapkan cara tersebut.

Sebenarnya banyak trik yang bisa kamu lakukan, untuk melihat password wifi, baik pada jaringan yang pernah terhubung sebelumnya atau belum pernah. Jika kamu mengetahui bagaimana cara melihat password wifi tersebut, maka pengguna tidak perlu bingung jika kondisi ini terjadi lagi.