Doa Qunut dan Artinya

Doa Qunut adalah doa yang dibaca pada waktu shalat subuh dan shalat witir. Doa ini sangat penting dalam Islam karena mengandung permohonan kepada Allah SWT untuk melindungi kita dari segala macam bencana dan bahaya.

Arti Doa Qunut

Secara harfiah, Qunut berasal dari bahasa Arab yang berarti “penghinaan” atau “merendahkan diri”. Namun, dalam konteks doa Qunut, artinya adalah permohonan dan penghormatan kepada Allah SWT sebagai sumber kekuatan dan perlindungan.

Sejarah Doa Qunut

Doa Qunut tidak ada dalam Al-Quran, namun ada dalam hadis-hadis Nabi Muhammad SAW yang disampaikan oleh para sahabatnya. Doa ini pertama kali dibaca oleh Nabi Muhammad SAW pada saat perang Badar, dan kemudian diwariskan kepada umat Islam sebagai doa yang sangat bermanfaat.

Doa Qunut dalam Shalat Subuh

Doa Qunut pada shalat subuh dibaca setelah rukuk kedua dan sebelum sujud pertama. Doa ini biasanya dibaca dalam keadaan berdiri, tetapi jika ada kesulitan dalam membaca atau berdoa, maka bisa dibaca dalam keadaan duduk.

Doa Qunut dalam Shalat Witir

Doa Qunut pada shalat witir dibaca setelah rakaat terakhir sebelum salam. Doa ini dibaca dalam keadaan berdiri, dan biasanya diikuti dengan membaca zikir dan salawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Manfaat Doa Qunut

Doa Qunut memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Memperkuat iman dan keimanan
  • Menjaga diri dari bahaya dan bencana
  • Meminta perlindungan dari Allah SWT
  • Menjaga kebersihan hati dan pikiran
  • Menjaga kesehatan fisik dan spiritual
  • Menjauhkan diri dari godaan dan dosa

Contoh Doa Qunut

Berikut ini adalah contoh doa Qunut yang sering dibaca dalam shalat subuh dan witir:

Allahumma inna nasta’inuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alaika wa nusni ‘alaikal khair, wa nashkuruka wa laaa nakfuruka wa naqla’u wa natruku mai yafjuruka, Allahumma iyyaka na’budu wa laka nusalli wa nasjudu wa ilaika nas’a wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha ‘azabaka inna ‘azabaka bil kuffari mulhiq.

Kesimpulan

Doa Qunut adalah doa yang sangat penting dalam Islam karena mengandung permohonan kepada Allah SWT untuk melindungi kita dari segala macam bencana dan bahaya. Doa ini bisa dibaca pada shalat subuh dan witir, dan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan spiritual dan fisik kita. Semoga kita senantiasa dijaga dan dilindungi oleh Allah SWT.