Home / Software / Daftar Ponsel yang Akan Menerima Android Pie 9.0

Daftar Ponsel yang Akan Menerima Android Pie 9.0

TEKNO BANGET, Software – Google telah meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi selulernya, Android Pie 9.0 pada bulan Mei di konferensi pengembang I/O-nya. Selama peluncuran, perusahaan mengumumkan bahwa sistem operasi baru akan tersedia di semua perangkat Pixel, dan akan segera mulai diluncurkan untuk beberapa perangkat dari mitra-mitranya termasuk – OnePlus, Xiaomi, Oppo, Vivo, Sony, Essential dan HMD Global’s Nokia sebagai bagian dari program beta.

Versi final Android Pie sendiri diumumkan pada bulan Agustus tahun ini. Selanjutnya, perusahaan menindaklanjuti dengan rilis resmi Android Pie (Go Edition), yang telah dioptimalkan untuk smartphone dengan spesifikasi low-end. Android Pie (Go Edition) menghadirkan beberapa fitur termasuk penyimpanan tambahan hingga 500MB bila dibandingkan dengan Android Oreo 8.1 (Go Edition). Berikut daftar perangkat yang dijadwalkan akan menerima pembaruan Google Android Pie 9.0:

Google Pixel

Ponsel Google Pixel, Pixel XL, Pixel 2, dan Pixel 2 XL termasuk di antara perangkat pertama yang mendapatkan Android Pie. Nexus 6P dan Nexus 5X tidak akan mendapatkan pembaruan Android Pie. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Google, ketika versi beta pertama mulai diluncurkan untuk perangkat Pixel. Tentu saja, Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL terbaru akan hadir dengan Android Pie.

Essential

Perangkat Google Pixel diikuti oleh Essential PH-1, yang menjadi perangkat pertama yang tidak berada di bawah payung Google untuk menerima pembaruan. Ponsel itu diperbarui ke Android Pie pada hari yang sama saat dirilis.

OnePlus

OnePlus telah meluncurkan build stabil Android Pie ke smartphone OnePlus 6. Perusahaan telah mengkonfirmasi apabila OnePlus 3, OnePlus 3T, OnePlus 5 dan OnePlus 5T akan mendapat pembaruan. OnePlus 3 dan 3T diluncurkan kembali pada tahun 2016, dan senang untuk melihat perusahaan menambahkan pembaruan Android Pie ke perangkat ini.

Nokia

HMD Global mengatakan bahwa semua smartphone yang didukung Android Nokia termasuk handset entry-level, Nokia 1, akan diperbarui ke Android Pie. HMD Global telah cukup cepat ketika meluncurkan pembaruan, sejak hari pertama mereka meluncurkan smartphone Nokia pertama mereka. Perusahaan telah mengatakan bahwa semua smartphone Nokia yang didukung oleh Android akan menerima Android Pie. Ini termasuk smartphone Android Go pertama mereka, Nokia 1. Pembaruan akan diluncurkan untuk Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus pada akhir bulan ini. Nokia 8 Sirocco dan Nokia 8 akan mendapatkan pembaruan pada akhir November. Nokia 7 Plus adalah satu-satunya smartphone Nokia yang telah menerima pembaruan.

Motorola

Perangkat Motorola yang akan menerima pembaruan Android Pie meliputi – Moto Z3, Moto Z3 Play, Moto Z2 Play, Moto Z2 Force, Moto X4, Moto G6, Moto G6 Play, dan Moto G6 Plus. Perusahaan melakukan konfirmasi melalui posting blog resmi bahwa perangkat mereka akan mulai menerima pembaruan pada musim gugur ini, namun untuk tanggal resminya masih belum dikonfirmasi.

HTC

HTC telah mengkonfirmasi bahwa HTC U12 +, HTC U11 +, HTC U11, dan smartphone HTC U11 Life akan mendapatkan pembaruan Android Pie. Namun, perusahaan tidak menyebutkan waktu spesifik untuk peluncuran tersebut.

Huawei dan Honor

Huawei meluncurkan EMUI 9.0 berdasarkan program Android 9.0 Beta selama IFA 2018. Perangkat yang termasuk dalam daftar adalah Huawei Mate 10, Huawei Mate 10 pro, Huawei P20, Huawei P20 Pro, Honor 10, Honor View 10 dan Honor Play. Namun, pembaruan hanya terbatas di Eropa untuk saat ini. Laporan menunjukkan bahwa Honor Play dan Huawei Mate 10 Pro telah mulai menerima pembaruan versi stabil di Polandia dan Eropa.

Sony

Dalam postingan blog resmi mereka, Sony mengungkapkan jika mereka akan memulai proses peluncuran Android Pie ke smartphone mereka pada bulan November untuk jajaran smartphone XZ-nya. Rangkaian perangkat XA2 akan mulai menerima pembaruan pada awal 2019. Daftar perangkat yang akan menerima pembaruan termasuk Sony Xperia XZ1, Sony Xperia XZ1 Compact, Sony Xperia XZ Premium, Sony Xperia XZ2, Sony Xperia XZ2 Compact, Sony Xperia XZ2 Premium, Sony Xperia XA2, Sony Xperia XA2 Ultra, Sony Xperia XA2 Plus.

Xiaomi

Xiaomi telah merilis MIUI 10 open beta ROM berbasis Android Pie untuk smartphone Mi Mix 2 dan Mi 8. ROM dapat di-flash ke perangkat secara manual melalui metode recovery atau metode fastboot. Xiaomi juga mengumumkan bahwa smartphone pertama dengan sub-brand Pocophone, Poco F1 akan segera menerima pembaruan Android Pie.

Oppo dan Vivo

Oppo belum mengungkapkan smartphone mana yang akan menerima pembaruan Android Pie. Namun, ada kemungkinan besar perangkat Oppo pertama yang menerima pembaruan adalah smartphone Oppo Find X. Sedangkan Vivo, mengatakan bahwa mereka akan mulai meluncurkan pembaruan Android Pie ke perangkatnya pada Q4, 2018. Namun, mereka tidak menyebutkan smartphone apa saja yang akan mendapatkan pembaruan.