fbpx

Ini Dia Bocoran Spesifikasi Playstation 5

Sony secara resmi meluncurkan produk terbarunya bertepatan pada event CES 2020 (Consumer Electonics Show) di Las Vegas, Amerika Serikat. Jim Ryan yang selaku President dan CEO dari Sony Interactive Entertainment ini memperkenalkan fitur dan spesifikasi playstation 5 yang merupakan konsol game generasi terbarunya.

Di event tersebut tadi, Jim Ryan juga memamerkan logo terbaru dari PS5 ini yang tetap menggunakan icon khas playstation dari jaman dulu tetap menggunakan teks warna putih. Selain itu dibeberkannya juga fitur utama yang menjadi andalan PS5 yaitu :

  • Bespoke 8-core AMD chipset
  • 3D audio sound
  • Haptics/Adaptive Triggers (controller baru)
  • Ultra-high speed SSD
  • Hardware-based ray tracing
  • Ultra HD Blu-ray / 8K TV support

PS5 resmi membawa controller baru seperti berita yang muncul sebelum-sebelumnya. Informasi ini muncul melalui paten baru yang dibuat oleh Sony Computer Entertainment. di controller baru / stik PS5 terbaru ini terdapat tambahan tombol pada bagian belakangnya yang diberi kode L4 dan R4. Fungsinya buat apa? Sepertinya tombol ini digunakan untuk fleksibilitas saat memainkan game yang lebih besar, ataun mungkin sebagai tambahan saja.

Fitur dan Spesifikasi PS5

fitur dan spesifikasi ps5

AMD one-two-punch CPU dan GPU membuka kekuatan ray tracing, teknik pencahayaan canggih yang dapat memanjakan para gamer untuk bisa menikmati visual gamingnya. Ini adalah teknik Hollywood yang digunakan dalam kacamata CGI beranggaran besar.

Sony telah mengkonfirmasi PS5 akan mendukung game 8K dan fitur dari AMD SmartShift ini yang menjadi rahasianya untuk mendukung kualitas terbaiknya. Dengan dukungan 8K TV, muncul desain yang jauh lebih detail, dan jauh lebih besar. dan kabarnya drive SSD bisa dipesan lebih dahulu. Diperkirakan SSD baru ini 19 kali lebih cepat dari metode penyimpanan SSD tradisional (tetapi mengingat perbedaan kecepatan antara SSD dan drive optik, pemasangan game akan wajib).

Bukan hanya itu saja, spesifikasi Playstation 5 yang berikutnya adalah tentang SSD. dengan memanfaatkan kekuatan SSD, pengembang berpotensi mengurangi ukuran pemasangan game karena “tidak perlu menduplikasi data untuk mengimbangi waktu pencarian yang lambat yang dimiliki drive optis dan HDD.”  Ini akan memungkinkan pemain untuk menginstal (atau menghapus) hanya bagian-bagian tertentu dari permainan. Jadi, alih-alih memasang game lengkap, Anda bisa memilih untuk hanya menginstal mode pemain tunggal dan kemudian melakukan multipemain nanti – atau sebaliknya.

desain ps5

Permainan fisik untuk PS5 akan menggunakan disk optik 100GB, dimasukkan ke dalam drive optik yang berfungsi ganda sebagai pemutar 4K Blu-Ray dan perangkat keras generasi berikutnya akan membanggakan UI yang sepenuhnya dirubah.

Menurut Cerny, berkat mesin audio baru pada PS5 ini yang akan menghasilkan suara yang luar biasa – terutama jika Anda menggunakan headphone. Sementara detailnya masih belum jelas, harapkan sesuatu yang menyerupai pengalaman yang terlihat dengan set Dolby Atmos.

Konsol generasi berikutnya Sony PS5 juga akan menawarkan kinerja cloud gaming yang ditingkatkan dan kekuatan “rendering grafis yang ditingkatkan secara dramatis”. Perusahaan juga memperkuat pentingnya rencana cloud-gaming dengan Playstation Now, dan secara mengejutkan dua kali lipat pada fitur Remote Play yang kurang digunakan, mengatakan “evolusi” ini akan di masa depan “memberikan pengalaman permainan tanpa batas kapan saja, di mana saja”.

Remote Play sudah tersedia sebagai bagian dari paket PS4, memungkinkan Anda untuk mengalirkan game langsung dari konsol ke komputer, smartphone, tablet atau konsol genggam PS Vita. Tetapi Sony mengatakan bahwa ke depan itu akan “meningkatkan komputasi, streaming, cloud, dan teknologi 5G terbaru” untuk memungkinkannya, dan kinerja PlayStation Now, meningkat.

Sony telah mengkonfirmasi kompatibilitas ‘luar biasa’ PS5 akan memungkinkan Anda bermain online dengan pemain PS4. Ada juga desas-desus bahwa PS5 bisa kompatibel dengan PS3, PS2, dan PlayStation asli, yang berarti perpustakaan gimnya dapat meregang kembali ke masa kejayaan pertengahan 90-an. Kita tunggu saja rilis resminya di indonesia.