motor bmw dengan charger wireless

Teknologi Makin Canggih, BMW Punya Motor Listrik Dengan Charger Wireless

Kendaraan listri diprediksi akan menjadi sebuah alat transportasi masa depan yang banyak digunakan, karena akan menerapkan teknologi canggih serta didukung dengan fiturnya yang lebih modern. Seperti BMW yang menyambut era modern ini menghadirkan Motor Listrik dengan Charger Wireless.

Semua produsen kendaraan saat ini sedang berlomba-lomba untuk memberikan inovasi terbaik mereka yang nantinya dipersembahkan ke konsumen. Yang intinya terus berinovasi dengan teknologi terbaru agar kendaraan / alat transportasinya menggunakan produk mereka.

Untuk kendaraan listrik komponen terpenting dalam segmen ini adalah peranan baterai. Kendaraan listrik dapat bergerak dengan adanya daya dari baterai, lihat saja motor balap MotoE hampir seluruh volume bodi motor diisi oleh baterai.

Semoga suatu saat ukuran baterai akan lebih ringkas dan ringan, pasti kendaraan listrik akan dinilai lebih praktis bagi semua orang. Tentu itu yang jadi pekerjaan tiap pabrikan untuk memberikan teknologi dan invoasi terbaru.

BMW Hadirkan Motor Listrik Dengan Charger Wireless

bwm motor matic

BMW dengan teknologi yang dikembangkan di motor listrik terbarunya saat ini akan menggunakan wireless unguk proses charging baterainya. Kendaraan listrik yang praktis dapat mengisi daya dengan waktu yang sangat cepat, untuk saat ini teknologi seperti itu masih jarang ditemukan di kendaraan listrik dan masih minoritas.

Salah satu teknologi yang dikembangkan BMW belakangan ini untuk motor listriknya adalah wireless charging. Berdasarkan kutipan dari Bike Social, BMW baru saja me-reveal desian paten baru yang digadang-gadang adalah teknologi wireless charging di sebuah motor listrik. Secara sederhana kinerja teknologi ini sama seperti wireless charging lainnya, yaitu mengisi daya tanpa membutuhkan kabel colokan.

bmw motor wireless charging

Soal Dimensi baterai adalah tantangan Development pertama buat EV, Tantangan kedua adalah Kecepatan Saat recharging yang belum bisa menyamai cepatnya waktu mengisi bensin di SPBU walaupun saat ini sudah mahfum banget dengan yang dinamakan Fast Charging dan lain lain. Namun begitu perkembangan, riset dan Development mengenai Segala Hal Di Kendaraan Listrik (EV) tidak pernah kenal kata berhenti dimana Salah satu Negara yang dipercaya menguasai teknologi dan sumber daya Baterai EV saat ini adalah China. Yes selalu saja ada perkembangan dalam riset EV ini, salah satunya adalah dengan apa yang diinfokan Oleh Bike Social dimana BMW baru saja me-reveal desain Paten mereka untuk sistem isi Ulang daya tanpa Kabel atau Wireless Charging

Baca Juga  [Tips & Tricks] Cara Merawat Baterai Tanam / Non-removable Handphone Kamu

Jika sobat Lihat pada gambar desain Yang disodorkan BMW ckup simpel dimana hadir sebuah Pad ( tatakan) Charging [22] Yang ditempatkan di Tempat Parkir tatakan tersebut memiliki Modul Koil [26] yang menghasilkan Osilasi Induksi elektromagnetik berdasarkan Hukum Oersted. Induksi ini lah yang akan di Transfer ke Koil Lain yang diletakkan pada Tapak dari side-stand.

Sedangkan secara kompleks dalam gambar paten desain milik BMW ini mereka menggunakan semacam pad atau tatakan charging yang ditempatkan di tempat parkir. Kemudian tatakan tersebut memiliki modul koil yang nantinya dapat menghasilkan osilasi induksi elektromagnetik. Nah induksi inilah yang nantinya bakal mentransfer ke koil lain yang diletakkan tepapat side stand.

Jadi tinggal bukan standar samping lalu kemudian letakkan standar samping dalam posisi yang pas yakni diatas koil, secara otomatis daya akan terisi.

Pemikiran ini awalnya sangat kontras dengan fakta bahwa untuk motor hanya ada dua part yang letaknya menyentuh permukaan dasar yakni roda. Namun tidak mungkin jika roda yang notabene terbuat dari karet dijadikan kopel antara transmiter dan receiver dari Induksi Elektromagnetik.

Sumber dari postingan Odleva di Kaskus, Referensi : tmcblog.com(1/1/2019)