Home / Apps / Facebook Luncurkan Facebook Lite untuk iOS

Facebook Luncurkan Facebook Lite untuk iOS

TEKNO BANGET, Apps – Aplikasi utama Facebook untuk iPhone merupakan satu unduhan yang besar, yang memiliki banyak fitur dan kode ke unduhan yang dapat mencapai 500 MB, berdasarkan yang terlihat di Apple App Store. Akan tetapi, raksasa jejaring sosial ini juga membuat versi aplikasi yang lebih ramping dan ringan, yang disebut dengan Facebook Lite.

Facebook Lite sendiri awalnya ditujukan untuk para pengguna yang berada di negara berkembang, di mana data seluler tidak dapat diandalkan. Tetapi banyak orang di negara-negara yang memiliki data LTE berlimpah menyukai aplikasi yang memiliki ukuran lebih kecil, juga, alasannya juga karena versi ringan tersebut mampu menggunakan lebih sedikit data daripada aplikasi Facebook utama.

Facebook Lite sebelumnya telah tersedia untuk ponsel Android di negara-negara tertentu, termasuk Amerika Serikat dan Indonesia. Tapi sekarang, tampaknya Facebook telah membuat keputusan untuk meluncurkan Facebook Lite untuk platform iOS. Hal ini pertama kali diberitahu oleh Sensor Tower, sebuah perusahaan analisis aplikasi.

Aplikasi tersebut memiliki ukuran kurang dari 5 MB. Fitur utamanya adalah menggunakan lebih sedikit baterai, bandwidth, dan penyimpanan perangkat.  Namun hanya ada satu hal yang harus diperhatikan: aplikasi tersebut saat ini hanya tersedia di Turki. Facebook sering meluncurkan produk baru hanya di beberapa negara pada awalnya, untuk mengumpulkan data menjelang peluncuran yang lebih luas.

Facebook sendiri sebelumnya meluncurkan Facebook Lite untuk Android pada tahun 2015, dan memiliki lebih dari 100 juta pengguna pada tahun 2016. Hal ini kemudian diluncurkan untuk Android di Amerika Serikat awal tahun ini. Namun Facebook bukan merupakan satu-satunya aplikasi yang mendapat versi ringan mereka baru-baru ini. Twitter, Messenger, YouTube, dan Skype kini semuanya menawarkan versi “lite” untuk ponsel Android.

Hal ini juga membuat banyak pengguna memberikan komentar tentang Facebook Lite versi iOS, tetapi Facebook tidak segera membalas permintaan untuk komentar tersebut. Pada halaman bantuannya, Facebook mengatakan aplikasi iOS tersedia di wilayah yang sudah terpilih, namun hingga saat ini belum dapat ditemukan di wilayah lain.