fbpx
Home / Berita Pilihan / Canon EOS M100 : Review Fitur Unggulannya
spesifikasi Canon eos m100

Canon EOS M100 : Review Fitur Unggulannya

Apakah kamu sedang mencari kamera yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana? dan Jika dilihat dari ukuran, penampilan dan spesifikasinya memang Anda berjodoh dengan kamera Canon EOS M100 ini. Coba deh Anda pelajari fitur unggulannya kan akan kami rangkum dari Nobuhiko Sonehara, Digital Camera Watch.

Dirilis pada 5 Oktober 2017, Kamera Canon EOS M100 yang dirilis pada 5 oktober 2017 lalu ini merupakan kamera tanpa cermin yang dilengkapi dengan sensor berukuran APS-C. Tipe ini dikategorikan sebagai model entry-level dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Seri terbarunya yaitu Canon EOS M200. Kamera ini diproyeksikan sebagai model penerus dari EOS M10. Oke kita langsung saja membahas keunggulan kamera ini.

Review Desan dan Fitu Unggulan Canon M100

EOS M100 memang cocok untuk pemula karena masih menggunakan desain bodi yang sederhana dan mudah digunakan. Berbeda dengan Desain dari model kelas atas dalam seri seperti EOS M5 dan EOS M6, yang menampilkan berbagai macam kontrol fisik yang akan menyenangkan pengguna tetapi bagi pemula malah bikin pusing. Jadi yang suka jalan-jalan sambil ngevlog, atau memang ingin terjun jadi youtuber bisa menggunakan kamera ini, Canon EOS M100 atau EOS M200 sangatlah mudah digunakan untuk membuat konten video vlog channel anda.

Desain Bodi

review desain canon m100

Secara umum, Canon mirrorless M100 memang masih menggunakan desain bentuk dari seri sebelumnya EOS M10 yang simpel namun penuh gaya, yang mana desain bodinya modern meski tetap mempertahankan fitur kamera tradisional atau pilihan menu tombol yang mudah digunakan.

Jika ingin melihat perbedaan dengan EOS M10 adalah pada bentuknya. Misalnya,

  • Ujung-ujungnya bodi kamera pada EOS M10 lebih tajam, sedangkan pada EOS M100 ujungnya lebih bulat sehingga pada saat dipegang membuatnya terasa lebih lembut dan ramah.
  • Finishing depan bodi juga baru mengadopsi pola bertekstur, memberikan pegangan non-slip.
  • Kedua pembaruan ini tidak hanya membuat kombinasi yang terlihat bagus, tetapi juga praktis dan mungkin akan menyenangkan pengguna dengan tangan yang lebih kecil.

Desain kameranya hadir dengan variasi 4 warna yaitu : merah muda, putih, hitam dan abu-abu. Meskipun EOS M10 juga tersedia dalam berbagai warna (kisaran warna bervariasi sesuai wilayah).

Ukuran dan Berat

desain ukuran canon m100

Dimensi EOS M100  sekitar (W) 108.2mm x (H) 67.1mm x (D) 35.1mm, dan beratnya hanya 266g (hanya bodi). Angka-angka ini membuatnya sedikit lebih lebar dan lebih berat daripada EOS M10 (108.0mm x 66.6mm x 35.0mm, 265g), tetapi perbedaannya tidak terlihat ketika Anda memegang kamera di tangan Anda. Terlihat ramping dan terasa ringan.

Kontrol dan Handling

kontrol handling camera canon m100

Desain melengkung dari belakang ke depan di permukaan atas memungkinkan jari pengguna lebih nyaman dan lebih mudah saat mengoperasikan kameranya. Dial depan yang sering digunakan sekarang dapat dioperasikan baik dengan jari telunjuk dari depan atau dengan ibu jari dari belakang. Dengan desain bodi yang lebih ringkas, tidak dapat dihindari ukuran tombol menjadi lebih kecil untuk dipasangkan. Namun, kemudahan penggunaan yang lebih baik dengan kontak jari yang lebih baik dan nuansa klik yang lebih jelas menjadikan ukuran tombol.

Dari model EOS pendahulunya, EOS M100 mewarisi desain pahatan di sekitar tombol rana, yang memungkinkan jari Anda jatuh secara alami padanya ketika Anda memegang kamera di tangan Anda. Ini adalah salah satu fitur yang mendefinisikan EOS M100 sebagai anggota keluarga EOS. Kemudian dengan panel sentuh yang memungkinkan kontrol hampir semua pengaturan kamera melalui operasi layar sentuh. Ini termasuk fitur Touch AF, Touch Shutter, the shooting mode, and white balance setting. Pokoknya dijamin deh EOS M100 relatif mudah digunakan jika Anda tahu cara mengoperasikan smartphone.

LCD Monior

Canon M100 monitor

EOS M100 mengadopsi monitor LCD belakang lebar 3,0 inci dengan sekitar 1,04 juta titik dan mekanisme tilt-up yang memungkinkan monitor LCD diputar ke sudut sekitar 180 °. Didesain terutama untuk mengambil self-portraits, spesifikasi monitor LCD setara dengan EOS M10. Namun, tidak seperti monitor LCD Vari-angle dari EOS M5 dan EOS M6, yang dapat dimiringkan ke atas atau ke bawah, monitor LCD EOS M100 lebih cocok untuk bidikan sudut rendah daripada yang sudut tinggi.

Blitz internal

blitz internal eos m100

Blitz internal EOS M100 adalah blitz pop-up yang dioperasikan secara manual dengan nomor panduan sekitar 5 (ISO 100, m), yang mencakup sudut lebar 24mm EF-M15-45mm f / 3.5- 6.3 ADALAH lensa zoom standar STM dalam format 35mm.

Pengambilan Film

bikin vlog video eos m100

Canon Mirrorless M100 didukung sensor CMOS 24.2 Megapiksel (APS-C) yang bisa hasilkan gambar detail di berbagai kondisi pencahayaan, Fitur pembuatan film juga sangat berkembang, dan mendukung perekaman film Full HD / 60p berkualitas tinggi. Efek bokeh yang indah yang diciptakan oleh sensor berukuran APS-C adalah karakteristik dari EOS Movie Canon, yang memiliki reputasi untuk perekaman film, sementara Dual Pixel CMOS AF mencapai operasi AF yang lancar serta kinerja pelacakan yang sangat baik.

EOS M100 juga Sudah menggunakan teknologi terbaru Combination IS, yang bisa menghasilkan efek koreksi yang lebih kuat dengan menggabungkan Penstabil Gambar di-kamera (digital) yang berfungsi selama perekaman film dengan lensa yang dilengkapi dengan mekanisme Penstabil Gambar optik.

Konektivitas Nirkabel

konektifitas eos m100

Selain menggunakan konektivitas Wi-Fi, Untuk konektifitas Canon EOS M100 sudah mengukung Wifi dan Bluetooth. tapi saya sarankan lebih baik menggunakan Bluetooth jika ingin mentransfer foto atau video ke smartphone karena penggunaan daya baterainya lebih sedikit jika dibandingkan dengan menggunakan Wifi. Anda bisa membiarkan perangkat pintar Anda terhubung ke kamera setiap saat, dan gambar yang Anda ambil dengan EOS M100 dapat dengan mudah diteruskan ke perangkat pintar Anda satu demi satu tanpa butuhkan untuk operasi khusus.
Tidak hanya itu, dengan menggunakan aplikasi Camera Connect Canon gratis dan fungsi GPS perangkat pintar Anda, kini Anda juga dapat memberi geotag pada gambar yang diambil.

Sumber Daya listrik

baterai canon m100

Kompartemen baterai terletak secara terpisah di bagian bawah badan kamera. Canon EOS M100 menggunakan satu Baterai LP-E12, yang dapat diisi menggunakan pengisi daya baterai LC-E12 yang disediakan. Jumlah maksimum gambar foto yang dapat ditangkap (masa pakai baterai) adalah sekitar 295 bidikan (CIPA-compliant), sedangkan waktu perekaman film adalah sekitar 1 jam 20 menit, nah jadi buat kamu yang pengen ngevlog sepanjang perjalanan saat wisata bisa membawa baterai cadangan dan Memori Card cadangan juga.

Kesimpulannya :

Seperti yang disebutkan di awal, EOS M100 hadir dengan desain yang lebih keren dari pendahulunya dengan spesifikasi yang setara dengan model-model kelas atas. Ini memang banyak perubahan dan kemajuan signifikan atas pendahulunya Seri EOS M10, dengan fitur-fitur seperti desain yang lebih canggih dan sensor gambar dan prosesor gambar yang lebih kuat.

Pengoperasiannya yang sangat mudah karena desain tombol yang disederhanakan, yang dapat dioperasikan dengan mudah dengan cara yang sama seperti saat anda menggunakan smartphone, mungkin terasa sangat intuitif bagi generasi pengguna yang lebih muda.

Dan yang lebih kerennya adalah kamera ini memiliki fitur konektifitas nirkabel, dan menggunakan bluetooth sangat direkomendasikan karena tidak terlalu banyak menggunakan daya baterainya. Dengan konektifitas nirkabel anda dengan mudah dan cepat untuk mempublikasikan foto atau video vlog anda ke sosial media.