Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran
Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran

Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran

Sudahkah Anda memikirkan cara membuat kartu ucapan lebaran untuk dikirimkan kepada keluarga, saudara, teman, hingga rekan bisnis? Kartu ucapan (greeting card) merupakan salah satu media mengekspresikan ucapan selamat berkaitan dengan momen khusus.

Greeting card umumnya tidak hanya berisi rangkaian kalimat ucapan. Akan tetapi juga memiliki elemen gambar atau grafis sehingga membuatnya semakin menarik untuk dilihat. Hari Lebaran menjadi momen penting di mana Anda mengirim kartu ucapan selamat idul fitri.

Agar semakin berkesan khususnya bagi sang penerima, ada baiknya Anda membuat greeting card sendiri. Kali ini kami akan memberikan beberapa tips membuat ucapan melalui card baik dalam bentuk digital ataupun non digital.

Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran dengan Aplikasi

Pada awalnya greeting card dibuat secara konvensional, yaitu menggunakan kertas berwarna di mana terdapat teks dan gambar-gambar unik sesuai tema ucapan. Seiring perkembangan zaman, kini trennya berubah ke versi digital.

Saat ini salah satu cara membuat kartu ucapan Lebaran yang populer adalah dalam bentuk soft copy digital. Versi digital memungkinkan Anda untuk mengirimkannya kepada keluarga dan kerabat via aplikasi messenger hingga social media.

Tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki keahlian khusus dalam bidang desain yang memerlukan penggunaan software komputer rumit. Karena saat ini aplikasi smartphone banyak menyediakan fitur membuat kartu ucapan.

Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat ucapan selamat Lebaran digital secara mudah. Cara membuatnya juga sangat simple karena bisa dilakukan lewat smartphone. Berikut daftar aplikasi dan cara membuatnya.

1. Gunakan Canva

contoh tampilan edit kartu ucapan dengan canva
Contoh tampilan edit kartu ucapan dengan aplikasi canva

Cara membuat kartu ucapan Lebaran digital bisa dilakukan melalui aplikasi Canva. Aplikasi photo editor ini dapat dijalankan melalui smartphone ataupun PC. Canva memiliki sejumlah fitur menarik yang memudahkan pemula membuat desain sendiri.

Anda tidak jago membuat desain sendiri? Tenang, Canva menyediakan beragam pilihan template desain keren yang langsung bisa digunakan. Selain itu, Anda juga dapat menentukan ukuran desain yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Misalnya untuk kebutuhan membuat post Instagram, Facebook, poster, hingga cetak kartu. Adapun cara membuat kartu ucapan Lebaran menggunakan aplikasi Canva dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Jika belum memiliki aplikasi Canva, download terlebih dahulu melalui Play Store atau App Store menyesuaikan perangkat smartphone Anda
  • Setelah mendownload, registrasi menggunakan email
  • Apabila sudah melakukan registrasi, Anda akan langsung masuk ke tampilan menu
  • Klik menu Card.
  • Selanjutnya akan muncul beberapa opsi jenis kartu, pilihlah pada opsi Eid Al-Fitr Card
  • Pengguna memiliki pilihan apakah hendak memakai template gambar yang telah disediakan atau mendesain sendiri dari awal
  • Setelah memilih jenis template, silakan mengedit sesuai selera dan keinginan, mulai dari edit warna kartu, font dan ukuran tulisan, hingga elemen dekorasi lainnya
  • Sedangkan apabila Anda memilih membuat desain sendiri, gunakan fitur-fitur yang tersedia di Canva
  • Jika ingin cara membuat kartu ucapan Lebaran terasa lebih personal, tidak ada salahnya menyisipkan foto dari galeri Anda
  • Setelah selesai mendesain, jangan lupa menyimpannya
  • Selanjutnya Canva akan mengirimkan hasil desain atau editan melalui email dan Anda dapat mengunduhnya.

2. Gunakan PicsArt

cara membuat kartu ucapan Lebaran dengan aplikasi picsart

Aplikasi smartphone lain untuk mendesain greeting card digital adalah PicsArt. Software photo editor satu ini tidak kalah populer dibanding Canva. Tidak sedikit editor pemula atau bahkan profesional sekalipun memanfaatkan PicsArt.

Pada dasarnya, PicsArt merupakan aplikasi untuk mengedit foto. Meski demikian, penggunanya juga dapat berkreasi menggunakan fitur-fitur menarik yang tersedia. Sehingga, ini merupakan salah satu cara membuat kartu ucapan Lebaran yang simple.

Jika Anda memiliki aplikasi ini di smartphone, tidak ada salahnya memanfaatkannya untuk membuat greeting card sendiri dengan cara sebagai berikut:

  • Buka aplikasi PicsArt di smartphone Anda, jika belum memilikinya silakan download terlebih dahulu melalui Play Store atau App Store
  • Silakan pilih kanvas lalu tentukan ukuran yang diinginkan
  • Setelah memilih size kanvas, selanjutnya pengguna bisa memilih pattern tertentu sebagai background. Selain pattern, background juga dapat dibuat menggunakan foto galeri. Jika ingin warna tertentu, silakan pilih kanvas putih polos
  • Klik ikon panah pada pojok kiri atas untuk melanjutkan
  • Cara membuat kartu ucapan Lebaran dengan PicsArt selanjutnya pilih warna background. Caranya klik palette warna pada sudut kiri bawah lalu tentukan warnanya
  • Ketuk ikon panah pada sudut kanan atas, lalu klik Edit Image
  • Klik menu Add Photo pada bagian bawah layar, Anda dapat memilih apakah akan menggunakan foto galeri, mengambil foto baru lewat kamera, atau memilih fitur background yang sudah tersedia sebagai tekstur kanvas
  • Atur opacity-nya supaya gambar terlihat lebih menyatu secara smooth
  • Silakan gunakan fitur-fitur pada menu bagian bawah untuk mempercantik desain
  • Jangan lupa gunakan fitur teks untuk menulis kalimat ucapan Anda
  • Jika sudah selesai, jangan lupa menyimpannya agar bisa dikirim saat hari Lebaran nanti
👉 TRENDING:  Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022

3. Gunakan Adobe Spark

Adobe Creative Cloud Express - Adobe Spark Untuk Buat Kartu Lebaran

Cara membuat kartu ucapan Lebaran berikutnya bisa menggunakan aplikasi Adobe Spark. Adobe memang dikenal memiliki beragam software untuk berbagai kebutuhan termasuk editing foto hingga video.

Di dalam aplikasi Adobe Spark Post Anda juga bisa memilih template sesuai selera karena terdapat banyak pilihan desain yang cukup lengkap. Desain template di Adobe Spart dapat diedit sedemikian rupa sehingga bisa dikustomisasi berdasarkan kebutuhan.

Adobe Spark Post menyediakan beragam tool editing seperti pilihan font beragam, mengubah warna, dan fitur menarik lainnya. Tenang saja, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, kok. Jadi, ini sangat cocok digunakan siapa saja.

4. Greeting Island

Cara membuat kartu ucapan Lebaran dalam bentuk digital juga bisa menggunakan aplikasi bernama Greeting Island. Software ini menyediakan beragam template desain untuk berbagai perayaan penting.

Selain membuat greeting card Idul Fitri, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi Greeting Island untuk membuat berbagai kartu ucapan lainnya. Gunakan fitur-fitur yang ada di software tersebut untuk melakukan kustomisasi sesuai keinginan.

Salah satu fitur menariknya yaitu pengguna bisa menambahkan tulisan di balik kartu tersebut. Maka dari itu, jangan lupa siapkan kalimat terbaik Anda untuk membuat keluarga serta kerabat makin terkesan.

5. Gunakan Muslim Cards Pro

muslim card pro apk

Cara membuat kartu ucapan Lebaran digital selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi Muslim Cards Pro. Aplikasi satu ini dibuat untuk mendesain kartu ucapan Idul Fitri. Muslim Cards Pro menawarkan beragam desain background menarik.

Pengguna dapat memilihnya sesuai keinginan dan selera. Keunggulan yang menjadi daya tarik tersendiri dari Muslim Cards Pro adalah tersedianya font bahasa Arab. Tentu penggunaan font Arab sangat menunjang pembuatan greeting card Idul Fitri.

Ada baiknya memadukan ucapan dalam tulisan Arab dan tulisan latin berbahasa Indonesia. Setelah mendesainnya, Anda dapat langsung membagikan kartu ucapan tersebut melalui platform media sosial.

Kartu Ucapan Idul Fitri Pop Up

Kartu Ucapan Idul Fitri Pop Up

Cara membuat kartu ucapan Lebaran dengan versi lebih konvensional masih tetap memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu non digital card paling diminati adalah jenis pop up.

Pop up card yaitu variasi dari greeting card konvensional yang dimodifikasi sehingga memiliki elemen 3 dimensi. Pop up card biasanya dibuat dengan dua sisi sehingga dapat ditutup seperti buku.

Saat dibuka, bagian tengahnya akan muncul dekorasi berupa gambar yang dibuat tiga dimensi. Pop up card untuk Idul Fitri pada umumnya menggunakan gambar bernuansa Islami dan identik dengan perayaan hari raya Lebaran.

Pop up paling umum diaplikasikan dalam cara membuat kartu ucapan Lebaran adalah pop up masjid. Mulai dari masjid sederhana, masjid dengan kubah-kubah, menara, pohon, atau dekorasi pelengkap lainnya.

Namun tidak ada salahnya juga jika Anda membuat konsep pop up selain masjid. Misalnya gambar anak-anak memakai pakaian bernuansa Islami, gambar bulan dan bintang, atau bahkan mengkombinasikan gambar masjid dengan ketupat.

Membuat pop up card Idul Fitri memang membutuhkan kreativitas tersendiri. Anda perlu mempersiapkan peralatan mulai dari kertas, gunting, lem, dan lainnya. Jangan lupa juga memperhatikan setiap ukuran secara detail.

Pengukuran secara akurat sangat menentukan apakah desain pop up Anda berhasil atau justru gagal. Cara membuat kartu ucapan Lebaran pop up memang sedikit lebih rumit. Akan tetapi hasilnya terasa lebih personal, unik, kreatif, serta mengesankan.

Jenis pop up card dibuat dari bahan utama berupa kertas. Namun tahukah Anda, ternyata ada beberapa jenis kertas yang cocok dipakai untuk membuat pop up card Idul Fitri. Jenis-jenis kertas untuk membuat pop up card Idul Fitri antara lain:

  1. Kartu Ucapan Lebaran Art Cartoon

Art Cartoon adalah kertas dengan karakteristik warna yang mengkilap dan tebal. Jenis kertas ini memiliki kemiripan dengan Art Paper. Akan tetapi, secara fisik Art Cartoon lebih kokoh serta tebal.

Karakter tersebut menjadi alasan mengapa Art Cartoon sering dipakai industri percetakan untuk membuat undangan atau cara membuat kartu ucapan Lebaran.

  1. Kartu Ucapan Lebaran Blues White

Blues white adalah kertas dengan tekstur halus dan karakteristiknya memiliki kemiripan dengan kertas gambar. Kebanyakan varian Blues White yang digunakan untuk mencetak undangan atau greeting card adalah jenis ketebalan 250 gsm.

  1. Kartu Ucapan Lebaran Constellation Snow

Cara membuat kartu ucapan Lebaran pop up yang memiliki kesan elegan dan mewah adalah menggunakan kertas jenis Constellation Snow. Permukaannya memiliki tekstur linear halus. Kertas ini cocok sekali untuk desain minimalis.

  1. Kartu Ucapan Lebaran Via Felt

Karakteristik khas kertas Via Felt bisa dilihat dari emboss-nya dengan tekstur bergelombang, Bahan ini juga cukup tebal yakni 298 gsm. Ini adalah pilihan tepat jika menginginkan tampilan lebih mewah lagi.

  1. Kartu Ucapan Lebaran Splendorgel Extra White

Splendorgel Extra White termasuk kertas berjenis fancy alias premium. Warna putih sebagai warna dasarnya sangat baik untuk menonjolkan desain. Ini dipadukan dengan warna-warna indah dan cerah pada sisi lainnya.

Manfaat Membuat Kartu Ucapan Lebaran

kartu ucapan lebaran di hampers
Mengirimkan hampers di hari raya idul fitri dan disisipkan kartu ucapan lebaran adalah bentuk wujud rasa saling hormat dan juga sebagai media silaturahmi(foto: shopee)

Sebagian orang mungkin berpikir untuk apa repot merencanakan desain cara membuat kartu ucapan Lebaran. Mengapa harus mengirimkan kartu berdesain khusus ketimbang mengatakannya langsung?

👉 TRENDING:  Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022

Jangan salah, mengirimkan greeting card adalah suatu budaya yang telah lama ada. Saat ini budaya mengirim greeting card bukan hanya secara offline tetapi juga melalui online. Berikut beberapa manfaat membuat greeting card Lebaran.

  1. Media Menyambung Silaturrahmi

Manfaat pertama membuat greeting card Idul Filtri adalah sebagai media untuk menyambung tali silaturrahmi. Ini terutama bagi Anda yang terpisah jarak dengan keluarga, kerabat, kolega, atau lainnya.

Menyisipkan kartu tersebut ke dalam sebuah hampers atau parsel jadi cara klasik namun tetap berkesan. Jangan lupa menyisipkan kata-kata penuh doa serta harapan di hari nan fitri.

Cara membuat kartu ucapan Lebaran sebagai media silaturrahmi tidak terbatas pada versi fisik (non digital) saja. Tidak ada salahnya juga mengirim digital card secara pribadi kepada sanak saudara melalui saluran messenger.

  1. Wujud Rasa Hormat

Mengirimkan ucapan melalui secarik kertas maupun rancangan digital adalah sebagai wujud rasa hormat Anda kepada orang yang dituju. Maka, tidak heran jika surat ucapan tersebut dikirim untuk orang-orang yang dihormati.

Misalnya orang tua, kolega bisnis, klien, atasan, bahkan pemuka agama sekalipun. Desain kartu ucapan Idul Fitri ini sebaiknya sebisa mungkin tetap dibuat secara personal. Supaya lebih berkesan, kirimkan bersama bingkisan Hari Raya.

  1. Meningkatkan Kedekatan

Ada kalanya seseorang merasa kurang akrab dengan teman bahkan saudara. Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kedekatan Anda adalah mengirimkan ucapan selamat melalui surat pada momen-momen istimewa.

Hari Raya Idul Fitri adalah momen di mana umat Islam berbagi kebahagiaan dan rasa suka cita. Sehingga momen ini sangat pas untuk meningkatkan kedekatan Anda dengan teman, saudara terutama jika mereka terpisah oleh jarak.

  1. Media Promosi

Cara membuat kartu ucapan Lebaran dapat dimanfaatkan sebagai salah satu upaya mempromosikan organisasi Anda. Misalnya perusahaan, toko online, sekolah, tempat kursus, komunitas, dan lain sebagainya.

Di era modern pembuatan jenis surat ucapan tersebut tidak hanya dalam bentuk fisik tetapi juga digital. Maka saat ini sangat umum dijumpai organisasi yang menyampaikan selamat Idul Fitri melalui poster atau digital card.

Mempublikasikan poster digital tersebut melalui media sosial dapat meningkatkan kesadaran publik akan keberadaan organisasi Anda. Di samping itu, cara membuat kartu ucapan Lebaran digital untuk promosi juga menampilkan akun-akun media sosial organisasi.

  1. Mengasah Kreativitas

Untuk menghasilkan greeting card yang mengesankan, Anda perlu merancang desainnya secara matang. Dalam membuat desain, tentunya dibutuhkan kreativitas agar hasilnya memuaskan. Dengan demikian, secara tidak langsung Anda telah mengasah daya kreativitas.

Ide Desain Kartu Ucapan Lebaran

Selain cara membuat kartu ucapan Lebaran unik dan kreatif, kami juga akan memberikan beberapa ide desain menarik untuk Anda. Mulai dari desain gambar masjid, bulan, ketupat, hingga ilustrasi anak-anak.

1. Kartu Ucapan Lebaran Masjid di Atas Awan

Masjid adalah pusat peribadatan bagi umat Islam. Sehingga tidak heran jika tempat ibadah tersebut sering dijadikan gambar utama dalam mendesain greeting card bertema Idul Fitri.

Anda dapat menggunakan ilustrasi gambar masjid bernuansa putih biru. Kemudian memadukannya dengan awan putih. Sementara bagian backgroundnya sangat cocok mengaplikasikan nuansa warna biru.

Cara membuat kartu ucapan Lebaran dengan desain masjid di atas awan terlihat simple serta minimalis. Jangan lupa sisipkan kalimat mutiara berupa ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dan ungkapan meminta maaf secara lahir batih.

2. Kartu Ucapan Lebaran Bulan dan Lentera

Selain masjid, desain yang juga identik bernuansa Islami adalah bulan serta lentera. Desain lentera khas nan Islami biasanya berbentuk trapesium segi enam serta dilengkapi ornamen menyerupai kubah masjid pada bagian atas bawah.

Aplikasikan perpaduan warna kuning keemasan dan warna lebih gelap. Ini memberikan kesan seperti momen pergantian bulan pada malam Lebaran. Sementara lentera bisa dimaknai harapan kehidupan lebih terang ke depannya.

Anda bisa mengkombinasikan kalimat ungkapan selamat Idul Fitri dan permohonan maaf menggunakan abjad latin serta Arab. Cara membuat kartu ucapan Lebaran dengan desain ini sangat cocok jika diupload ke media sosial saat malam Lebaran.

3. Kartu Ucapan Lebaran Siluet Masjid

Gambar masjid memang menjadi elemen dekorasi favorit dalam pembuatan kartu ucapan Idul Fitri. Anda dapat memvariasikan gambar masjid menjadi siluet. Kombinasi siluet masjid berpadu langit senja menghasilkan desain cantik.

Di samping itu, siluet masjid bisa juga dipadukan background berwarna kebiruan yang lebih gelap serta taburan bintang. Jangan lupa, cara membuat kartu ucapan Lebaran idealnya harus ada kalimat ungkapan khusus.

4. Kartu Ucapan Lebaran Ilustrasi Keluarga

Idul Fitri adalah momen istimewa di mana semua keluarga berkumpul untuk berbagi kebahagiaan di Hari Raya. Bahkan tradisi mudik alias pulang kampung menjadi tradisi penting untuk berkumpulnya kembali keluarga dari tanah rantau.

Dengan demikian, maka sangat relevan jika cara membuat kartu ucapan Lebaran menerapkan desain bertema keluarga. Buat ilustrasi keluarga beranggotakan 4 orang atau lebih mengenakan pakaian muslim.

Pakaian berwarna serba putih biasanya menjadi pilihan utama sebagai simbol yang menunjukkan kembali ke suci sebagaimana prinsip Idul Fitri itu sendiri. Padukan dengan warna-warna cerah seperti rumput hijau, langit biru, serta rumah mungil.

5. Kartu Ucapan Lebaran Lentera dan Ornamen Islami

dekorasi lentera untuk ucapan kartu lebaran
Dekorasi lentera untuk ucapan kartu lebaran (freepik)

Inspirasi desain selanjutnya adalah perpaduan lentera dan ornamen Islami. Aplikasikan ornamen khas bernuansa Islami sebagai background desain, kemudian buat ornamen tersebut menjadi transparan agar lebih menyatu.

Cara membuat kartu ucapan Lebaran selanjutnya tambahkan dekorasi berupa lentera segi enam yang bercahaya. Buat beberapa lentera berukuran variatif dan dibuat seolah-olah menggantung agar lebih menarik. Bisa juga menambahkan dekorasi bintang-bintang kecil.

👉 TRENDING:  Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022

Setelah itu, buat teks berisi ungkapan selamat Hari Raya Idul Fitri, ungkapan permohonan maaf lahir batin, serta doa-doa. Ada beragam ornamen Islami khas untuk digunakan. Ornamen tersebut kerap terdapat di masjid sebagai dekorasi ruangan.

6. Kartu Ucapan Lebaran Gambar Ka’bah

ilustrasi ka'bah ucapan lebaran
ilustrasi ka’bah ucapan lebaran (istockphoto)

Ide desain menarik selanjutnya adalah gambar Ka’bah. Ka’bah di Makkah merupakan tempat suci bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah haji maupun umroh. Anda dapat menjadikan Ka’bah beserta suasana Masjidil Haram sebagai background.

Cara membuat kartu ucapan Lebaran menarik memakai gambar desain Ka’bah, gunakan perpaduan warna-warna cerah. Sehingga akan tampak kontras bersama warna hitam pada Ka’bah.

Sementara pada area teks sebaiknya aplikasikan warna lebih mencolok seperti kuning atau keemasan. Agar atmosfer Idul Fitri kian terasa, pilihlah font bernuansa menyerupai huruf Arab.

7. Kartu Ucapan Lebaran Gambar Ketupat

Jika berbicara tentang Lebaran, semua orang tentu akan memiliki kenangan tersendiri dengan kuliner-kulinernya. Dan jika berbicara tentang kuliner khas Idul Fitri, maka ketupat berada di jajaran paling depan.

Artinya, gambar ketupat adalah pilihan tepat untuk desain cara membuat kartu ucapan Lebaran. Tempatkan ketupat berukuran bervariasi dipadukan dominasi background berwarna hijau.

Desain tersebut dapat juga dikombinasikan memakai ornamen Islami ataupun masjid. Optimalkan kreativitas Anda untuk membuat desain kartu Lebaran baik itu untuk dicetak ataupun dipublikasikan dalam bentuk digital.

8. Kartu Ucapan Lebaran Bedug dan Kembang Api

Ide desain menarik lainnya yaitu perpaduan antara bedug dan kembang api. Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam setelah menjalani ibadah selama bulan Ramadhan.

Salah satu cara merayakan Idul Fitri adalah menggemakan takbir dan tabuhan bedug di masjid-masjid. Bahkan gema takbir juga berkumandang di segala penjuru tempat. Tidak lupa perayaan ini juga melibatkan kembang api warna-warni.

Untuk perayaan semacam itulah yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk desain cara membuat kartu ucapan Lebaran. Tampilkan ilustrasi bedug serta gebyar kembang api berwarna-warni sebagai simbol kemeriahan Hari Raya Idul Fitri.

9. Kartu Ucapan Lebaran dengan Foto Sendiri

contoh kartu ucapan selamat hari raya idul fitri Hijau Scrapbook Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Keluarga Card

Ide selanjutnya yaitu memadukan ornamen-ornamen bernuansa Lebaran seperti ketupat, bedug, hingga masjid dan menggabungkannya dengan foto. Bisa menggunakan foto diri, keluarga, hingga anggota organisasi.

Tentunya foto yang dipakai sebaiknya juga harus bernuansa Lebaran seperti mengenakan pakaian muslim. Ini menjadi salah satu inspirasi menarik sekaligus menambahkan sisi lebih personal pada greeting card buatan Anda.

Bingkisan untuk Kirimkan Kartu Lebaran

ide hampers lebaran

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat kartu ucapan Lebaran, sekarang saatnya mengirimkannya kepada orang tua, saudara, sahabat, rekan bisnis, atau bahkan pasangan. Greeting card dapat Anda kirimkan bersama bingkisan (hampers) seperti berikut.

  1. Hampers Makanan

Salah satu hampers paling umum yaitu hampers makanan. Anda dapat mengirimkan kartu Lebaran bersama hampers makanan berisi aneka kue kering khas Lebaran, coklat, brownies, roti, hingga biskuit kaleng.

Jika ingin mengirimkannya melalui jasa ekspedisi pengiriman, pastikan Anda memilih jenis makanan tahan lama. Jangan sampai saat hampers diterima oleh penerimanya, makanan kiriman Anda sudah tidak layak makan.

  1. Hampers Baju Lebaran

Salah satu tradisi perayaan Idul Fitri adalah mengenakan pakaian baru. Setelah mempraktekkan cara membuat kartu ucapan Lebaran, tidak ada salahnya mengirimkan satu paket bersama hampers berisi baju Lebaran.

Hampers tersebut antara lain bisa diisi baju koko, sarung, gamis, hingga kerudung. Hampers baju Lebaran bisa dikirim kepada orang-orang terdekat seperti orang tua, keponakan, teman, atau bahkan pacar.

  1. Hampers Alat Sholat

Saat mendirikan sholat, umat Islam sebaiknya mengenakan perangkat sholat yang baik dan layak. Ini bisa dijadikan ide membuat hampers untuk orang-orang yang Anda hormati serta kasihi.

Isinya antara lain bisa berupa sarung, baju koko, mukena, sajadah, kopyah, hingga tasbih. Memberikan hampers berisi peralatan sholat adalah bentuk kepedulian Anda kepada orang tersebut agar mereka semakin semangat beribadah.

  1. Hampers Buku

Tidak melulu harus berhubungan langsung dengan pernak-pernik Idul Fitri. Anda bisa berkreasi membuat hampers berisi buku khususnya untuk pecinta buku. Setelah melakukan cara membuat kartu ucapan Lebaran unik, selipkan di dalam bingkisan.

Tidak ada salahnya juga menambahkan pesan khusus di sebalik greeting card kepada penerima. Bagi seorang pecinta buku, jenis hampers tersebut tentu akan sangat diapresiasi.

  1. Hampers Peralatan Makan

Ingin membawa hampers ke rumah orang tua yang unik dan tidak membosankan? Bingkisan berisi peralatan makan seperti gelas, piring, mangkok, atau cangkir cantik bisa jadi inspirasi berbeda.

Cara membuat kartu ucapan Lebaran yang dikirim bersama bingkisan makanan mungkin sudah banyak dilakukan orang. Sehingga akan mubadzir rasanya jika membawakan makanan lebih banyak lagi.

Sementara itu, peralatan makan menjadi ide bingkisan unik serta kreatif yang mungkin jarang dilakukan banyak orang. Di samping itu, peralatan makan juga memiliki manfaat lebih.

  1. Hampers Body and Skin Care

Ide kreatif hampers lainnya yaitu berisi produk-produk body care ataupun skin care. Ini merupakan salah satu ide cemerlang terutama apabila Anda hendak memberikannya kepada wanita terdekat.

Adapun jenis-jenis produk body care sebagai kiriman bingkisan antara lain sabun, body lotion, parfum, serum kecantikan, hair mask, masker kecantikan, dan lain sebagainya.

Hari Raya Idul Fitri adalah momen penuh suka cita bagi semua umat Islam. Salah satu ekspresi membagi kebahagiaan bersama banyak orang yaitu dengan cara membuat kartu ucapan Lebaran unik nan kreatif.