Ini Link Cek Bansos Kemensos Bulan Ramadhan 2022
Ini Link Cek Bansos Kemensos Bulan Ramadhan 2022

Ini Link Cek Bansos Kemensos Bulan Ramadhan 2022

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kemensos pada tahun 2022 ini kembali dicairkan oleh pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar dan memenuhi persyaratan.

Nah, untuk KPM yang masih bingung namanya terdaftar sebagai penerima atau tidak bisa langsung dicek secara online dengan cara seperti dibawah ini.

Yang dimaksud dengan bansos bulan ramadhan ini adalah program BPNT 2022 yang dicairkan secara tunai oleh pemerintah dan PT POS ditunjuk sebagai instansi penyaluran dana bantuannya.

Bansos Kemensos Terbaru 2022

cara cairkan bansos kemensos di kantor pos
Ilustrasi. Cara mencairkan dan ambil bansos di Kantor Pos. /PT Pos Indonesia

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kemensos tahun lalu menggunakan sistem pengisian saldo ke kartu keluarga sejahtera (KKS) yang mana KPM yang terdaftar pasti mendapatkan kartu ini.

👉 TRENDING:  Pemprov DKI Jakarta Mulai Membuka Pendaftaran Data Terpadu Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu (DT FMOTM) Hingga 25 Juni 2021

Ditahun 2022 ini, Kemensos merubah sistem penyaluran bantuannya dengan cara sistem tunai yang bisa dicairkan melalui kantor pos.

Cukup dengan membawa KTP/KK atau jika ada surat pemberitahuan status penerima bansos bisa dibawa juga. Untuk lebih jelas dan lengkapnya bisa dibaca pada artikel Cara Terbaru Ambil Bansos di Kantor Pos Terdekat.

Sedang untuk yang masih ragu apakah sudah terdaftar atau belum bisa langsung mengecek daftar nama penerimanya secara online menggunakan cara berikut ini:

Link Cek Bansos Kemensos BPNT 2022

  1. Langkah pertama adalah buka browser yang ada di Handphone
  2. Kemudian ketikkan link cekbansos.kemensos.go.id atau bisa juga langsung klik link berikut ini https://cekbansos.kemensos.go.id
  3. Tunggu berapa detik hingga muncul tampilan DTKS untuk Cek Bansos Kemensos berpa form pencarian data PM (Penerima Manfaat) Bansos
  4. Pilih Wilayah PM mulai dari Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan dan Desa
  5. Kemudian Isikan Nama Penerima Manfaat (PM) yang sesuai dengan KTP
  6. Sebelum klik tombol “Cari Data” pastikan Anda mengisi kolom Capcha dengan benar. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon “rechange” untuk mendapatkan huruf kode baru
👉 TRENDING:  Begini Cara Dapat BLT UMKM 1,2 Juta, agar Bisa Langsung Cair

Setelah klik Cari Data, tunggu beberapa saat untuk menemukan nama penerima manfaat dari database kemensos. Jika Anda terdaftar sebagai penerima BPNT, maka akan muncul data Anda berserta keterangan status lolos bansos sembako.

Jika Anda belum terdaftar, maka bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan bansos dari kemensos dengan mengikuti panduan Cara daftar bansos online. Ini merupakan proses pendaftaran bansos usulan.

Note. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Wilayah yang Anda inputkan.