Surat Al Humazah Latin: Mengenal Isi Teks dan Maknanya

Surat Al Humazah termasuk surat dalam Al-Quran yang memiliki arti “Pengumpat”. Surat ini terdiri dari 9 ayat dan termasuk dalam juz ke-30. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai Surat Al Humazah Latin beserta dengan maknanya.

Ayat 1

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahil ladzi anzala ‘alaa ‘abdi hil kitaba wa lam yaj’al lahu iwajan.

Ayat pertama ini merupakan permulaan dari Surat Al Humazah. Dalam ayat ini disebutkan bahwa segala puji hanya milik Allah yang telah menurunkan kitab suci Al-Quran kepada manusia tanpa terkecuali.

Ayat 2

Waylun likulli humazatin lumazah.

Dalam ayat kedua, Allah mengecam orang-orang yang suka mengumpat dan mencela orang lain. Mereka akan mendapatkan siksa yang pedih di akhirat nanti.

Ayat 3

Alladzi jama’a maalan wa ‘addadah.

Ayat ketiga ini menyebutkan tentang orang yang mengumpulkan harta secara berlebihan dan selalu menghitung-hitungnya. Mereka merasa bahwa kekayaan mereka akan membuat mereka lebih mulia di mata orang lain.

Ayat 4

Yas-habu anna malahu akhladah.

Orang yang suka mengumpulkan harta dan selalu menghitung-hitungnya ini seringkali merasa bahwa harta itu akan terus menjadi milik mereka selamanya. Padahal, pada akhirnya semua harta akan terkikis dan musnah.

Ayat 5

Kalla layunba-nanna fil hutamah.

Ayat kelima ini merupakan jawaban dari Allah terhadap orang-orang yang berpikir bahwa mereka akan terus memiliki harta dan kekayaan selamanya. Allah menegaskan bahwa mereka akan dimasukkan ke dalam api neraka yang menyala-nyala.

Ayat 6

Wa maa adraaka mal hutamah.

Ayat keenam ini menegaskan bahwa api neraka yang disebutkan sebelumnya adalah tempat yang sangat mengerikan. Tidak ada yang tahu betapa pedihnya siksa di sana kecuali Allah sendiri.

Ayat 7

Naarullahil mukadah.

Allah menegaskan bahwa api neraka tersebut adalah api yang menyala-nyala dan sangat kuat. Api ini diciptakan oleh Allah sendiri untuk menghukum orang-orang yang durhaka kepada-Nya.

Ayat 8

Allati tattali’u ‘alal af’idah.

Ayat kedelapan ini menjelaskan bahwa api neraka tersebut akan membakar tulang belakang orang yang masuk ke dalamnya. Ini menunjukkan bahwa siksa di sana sangatlah pedih dan menyiksa.

Ayat 9

Innaha ‘alaihim mu’sadah.

Ayat terakhir dari Surat Al Humazah Latin ini menegaskan bahwa api neraka tersebut akan mengepung orang-orang yang masuk ke dalamnya. Mereka tidak akan bisa keluar dari sana dan terus menerima siksa yang pedih.

Kesimpulan

Surat Al Humazah Latin merupakan surat dalam Al-Quran yang menegaskan tentang bahaya dari sifat pengumpat dan mencela orang lain. Orang yang memiliki sifat tersebut akan mendapatkan siksa yang pedih di akhirat nanti. Oleh karena itu, sebagai umat muslim kita harus selalu berhati-hati dalam berbicara dan tidak suka mencela orang lain.