Surat At-Takwir: Mengenal Surat Ke 81 dari Al-Qur’an

Surat At-Takwir adalah salah satu surat pendek dari Al-Qur’an yang berjumlah 114 surat. Surat ini merupakan surat ke-81 dan terdiri dari 29 ayat. Surat At-Takwir bercerita tentang hari kiamat dan kekuasaan Allah.

Ayat Pertama Surat At-Takwir

“Apabila matahari digulung.” Ayat pertama surat At-Takwir menggambarkan suasana di hari kiamat. Matahari yang selalu terbit dan terbenam, akan digulung oleh kekuasaan Allah.

Ayat Kedua Surat At-Takwir

“Dan apabila bintang-bintang jatuh.” Ayat kedua surat At-Takwir menjelaskan bahwa bintang-bintang yang selalu berada di langit akan jatuh. Hal ini akan terjadi karena kuasa Allah yang Maha Besar.

Ayat Ketiga Surat At-Takwir

“Dan apabila gunung-gunung diguncangkan.” Ayat ketiga surat At-Takwir menggambarkan bahwa gunung-gunung yang selalu kokoh akan diguncangkan. Ini menunjukkan kuasa Allah yang maha dahsyat.

Ayat Keempat Surat At-Takwir

“Dan apabila binatang-binatang dihimpunkan.” Ayat keempat surat At-Takwir menggambarkan bahwa semua binatang akan dihimpunkan oleh Allah di hari kiamat. Tidak ada binatang yang bisa kabur dari kekuasaan Allah.

Ayat Kelima Surat At-Takwir

“Dan apabila lautan dileburkan.” Ayat kelima surat At-Takwir menjelaskan bahwa lautan yang selalu luas dan dalam akan dileburkan oleh Allah. Ini akan terjadi karena kuasa Allah yang maha besar.

Ayat Keenam Surat At-Takwir

“Dan apabila nafsu-nafsu dipertanyakan.” Ayat keenam surat At-Takwir menggambarkan bahwa Allah akan mempertanyakan segala perbuatan manusia di hari kiamat.

Ayat Ketujuh Surat At-Takwir

“Bagi siapa yang berat timbangan kebaikannya.” Ayat ketujuh surat At-Takwir menjelaskan bahwa siapa saja yang perbuatannya baik akan mendapatkan pahala yang besar di akhirat.

Ayat Kedelapan Surat At-Takwir

“Maka kehidupannya akan berada dalam kenikmatan.” Ayat kedelapan surat At-Takwir menggambarkan bahwa orang yang berbuat baik akan hidup dalam kenikmatan di akhirat.

Ayat Kesembilan Surat At-Takwir

“Dan siapa yang ringan timbangan kebaikannya.” Ayat kesembilan surat At-Takwir menjelaskan bahwa siapa saja yang perbuatannya buruk akan mendapatkan hukuman yang berat di akhirat.

Ayat Kesepuluh Surat At-Takwir

“Maka tempat kembali mereka adalah neraka.” Ayat kesepuluh surat At-Takwir menggambarkan bahwa orang yang berbuat buruk akan masuk ke dalam neraka di akhirat.

Ayat Kesebelas Surat At-Takwir

“Dan apakah kamu mengetahui apa neraka itu?” Ayat kesebelas surat At-Takwir mengajak manusia untuk merenungkan tentang neraka yang sangat mengerikan.

Ayat Keduabelas Surat At-Takwir

“Tidak ada yang mengingkarinya kecuali orang yang melampaui batas.” Ayat keduabelas surat At-Takwir menjelaskan bahwa tidak ada orang yang tidak takut dengan neraka kecuali orang yang melanggar perintah Allah.

Ayat Ketiga Belas Surat At-Takwir

“Yang meremehkan agama.” Ayat ketiga belas surat At-Takwir menjelaskan bahwa orang yang meremehkan agama akan mendapatkan hukuman yang berat di akhirat.

Ayat Keempat Belas Surat At-Takwir

“Dan lagi dalam urusan yang penting mereka lalai.” Ayat keempat belas surat At-Takwir menggambarkan bahwa mereka yang lalai dalam beribadah akan mendapatkan hukuman yang berat.

Ayat Kelima Belas Surat At-Takwir

“Pada hari mereka ditarik ke dalam neraka dengan keras.” Ayat kelima belas surat At-Takwir menggambarkan bagaimana orang yang tidak beriman akan menderita di akhirat.

Ayat Keenam Belas Surat At-Takwir

“Ini adalah neraka yang selalu menjerit-jerit.” Ayat keenam belas surat At-Takwir menggambarkan neraka sebagai tempat yang sangat mengerikan.

Ayat Ketujuh Belas Surat At-Takwir

“Tidak ada yang masuk ke dalam neraka tersebut kecuali orang-orang yang paling durhaka.” Ayat ketujuh belas surat At-Takwir menjelaskan bahwa orang yang masuk ke dalam neraka adalah orang yang sangat durhaka kepada Allah.

Ayat Kedelapan Belas Surat At-Takwir

“Mereka akan makan dari pohon yang berduri.” Ayat kedelapan belas surat At-Takwir menggambarkan penderitaan yang akan dialami oleh orang yang masuk neraka.

Ayat Kesembilan Belas Surat At-Takwir

“Dan mereka akan minum air yang sangat panas.” Ayat kesembilan belas surat At-Takwir menjelaskan bahwa orang yang masuk ke dalam neraka akan minum air yang sangat panas.

Ayat Keduapuluh Surat At-Takwir

“Itulah balasan mereka karena durhaka.” Ayat keduapuluh surat At-Takwir menggambarkan bahwa penderitaan yang dialami oleh orang yang masuk ke dalam neraka adalah balasan dari Allah karena durhaka.

Kesimpulan

Surat At-Takwir mengajarkan manusia tentang kekuasaan Allah dan hari kiamat. Orang yang berbuat baik akan mendapatkan pahala yang besar di akhirat, sedangkan orang yang berbuat buruk akan mendapatkan hukuman yang berat. Oleh karena itu, mari kita berusaha untuk selalu berbuat baik dan mematuhi segala perintah Allah.