Home / Tips / Cara Mudah Instal Ulang Laptop Sendiri Bagi Pemula
cara instal ulang windows7

Cara Mudah Instal Ulang Laptop Sendiri Bagi Pemula

Instal ulang dapat membuat performa laptop semacam baru kembali. Perihal ini berarti dikala laptop terkena malware ataupun virus. Terkadang sistem error pula memerlukan Kamu buat melaksanakan instal ulang. Menginstal ulang laptop sesungguhnya dapat dicoba sendiri serta tidak butuh memakai jasa servis pc. Saat sebelum instal ulang laptop dicoba, hendaknya Kamu mencermati perihal berikut:

Persiapan

Buat proses instal ulang, Kamu tidak dapat tiba- tiba melaksanakan instal ulang. Banyak persiapan yang wajib dipadati terlebih dulu saat sebelum mengawali instal ulang. Perihal semacam backup, membuat catatan serial number, serta pula mempersiapkan driver.

Langkah awal: Backup file penting

Dikala proses instal ulang, seluruh file dapat terbawa- bawa apalagi terhapus. Keputusan instal ulang yang bagus pula mengaitkan menghapus bersih seluruh file yang terdapat di harddisk lebih dahulu. Buat membenarkan file Kamu masih dapat diakses lagi, jalani backup file terlebih dulu.

Perihal yang sangat gampang buat melaksanakan ini merupakan membuat kopi dari dokumen serta file yang tidak mau lenyap. Kamu dapat memakai USB flash drive ataupun harddisk eksternal. Metode yang lain merupakan dengan memakai media penyimpanan cloud. Kamu bisa mengupload seluruh file yang mau ditaruh ke media penyimpanan cloud serta mendownloadnya ke laptop sehabis instal ulang berakhir. Contoh media penyimpanan cloud merupakan Google Drive.

Langkah kedua: Menaruh serial number

Nyaris program yang Kamu instal di laptop mempunyai serial number. Paling utama pada program berbayar. Serial number ini berarti buat nantinya mengembalikan program buat digunakan sehabis proses instal ulang laptop berakhir.

Kamu bisa jadi tidak butuh melaksanakan backup file programnya, tetapi serial number ini lebih berarti. Sebagian program dapat di- download installer- nya tetapi bila tanpa serial number, program tidak hendak dapat diakses. Buat membenarkan serial number Kamu nyaman, Kamu dapat mencatat secara manual ataupun memakai tool semacam Belarc Advisor. Tool ini hendak melaksanakan scan buat seluruh program yang Kamu pakai di laptop serta mendaftarkan seluruh serial numbernya. Program ini gratis alias free. Jadi Kamu tinggal unduh, instal serta pakai.

Langkah ketiga: Mempersiapkan driver

Supaya hardware laptop bisa berjalan baik, pasti driver hendak dibutuhkan. Perihal ini sesungguhnya telah tidak dibutuhkan di Windows 10 sebab fitur otomatis mengetahui hardware serta menginstal drivernya. Tetapi, untuk Kamu yang tidak mempunyai Windows 10 ataupun akses internet mudah, perihal ini harus dicoba.

Buat memperoleh driver, Kamu dapat cari dahulu di Internet ataupun copy dari sahabat. Sebagian tempat servis pula sediakan layanan instal driver. Unduh seluruh driver ini dapat memakan waktu. Tetapi sangat tidak, Kamu tidak butuh khawatir laptop tidak berperan sebab tidak terdapat drivernya.

Proses Instal Ulang Laptop

cara instal ulang windows 7

Sehabis seluruh persiapan berakhir, saat ini waktunya mengenali langkah serta metode instal ulang laptop Kamu. Sesungguhnya terdapat 2 metode yang dapat diseleksi. Metode awal merupakan reset laptop ke new state. Opsi ini cuma terdapat di Windows 10. Fitur ini hendak menghapus seluruh file dalam laptop kecuali perihal– perihal yang telah terdapat dalam pengaturan dini dari pabrik.

Opsi kedua merupakan dengan melaksanakan format manual. Perihal ini sedikit lebih rumit dibanding opsi awal, tetapi dipastikan lebih bersih dalam menghapus file. Supaya tidak terjalin kesalahan, simak langkah– langkah dari masing– masing opsi berikut dengan seksama:

Opsi 1: Instal Ulang Laptop dengan Reset ke New State

Nah, buat mengawali proses reset ke new state, simak langkah berikut:

  • Masuk ke menu“ Start” serta klik ikon roda gigi. Sehabis itu Kamu hendak masuk ke menu“ Setting”.
  • Di menu ini cari opsi“ Pembaharuan& Security”
  • Di dalam menu ini klik tulisan“ Recovery”
  • Sehabis klik, Kamu hendak diberi opsi“ Reset this Komputer” serta“ Advance start- up”
  • Klik tombol“ Get started” pada“ Reset this Komputer”
  • Jendela opsi hendak timbul buat melaksanakan reset bersih dengan menghapus seluruh file kecuali Windows ataupun dengan mengamankan file personal. Buat opsi kedua, file yang terhapus merupakan program, aplikasi serta file– file yang berhubungan dengan itu. Jadi dokumen, gambar serta video individu Kamu senantiasa nyaman.
  • Klik cocok kemauan instal ulang Kamu. Instruksi dari Windows hendak timbul serta Kamu tinggal simak perihal tersebut.
  • Reset ke“ New State” ini umumnya memerlukan waktu lama bergantung dari besar file yang wajib dibersihkan. Sehabis proses berakhir, keadaan laptop hendak kembali semacam dikala Kamu awal kali membeli serta menyalakan laptop ini.

Opsi 2: Instal Ulang dengan Format Manual

Cara ini umumnya yang sangat universal digunakan buat instal ulang laptop. Tidak hanya dapat digunakan oleh OS tidak hanya Windows 10, metode ini membuat file yang terinfeksi malware serta virus dapat turut terhapus. Menyisakan file cuma hendak membuat penyebaran malware kesekian.

Saat sebelum mengawali metode ini, Kamu wajib mempunyai file installer Windows 10 dalam wujud disc ataupun CD beserta serial numbernya. Bila telah terdapat, saat ini waktunya bersih– bersih file! Proses bersih– bersih ini hendak lebih baik bila Kamu memakai program pembersih semacam DBAN. DBAN( Darik Boot And Nuke) merupakan program yang hendak mensterilkan seluruh file hingga benar– benar bersih dari harddisk. Kamu lumayan unduh free serta burn file ini di CD.

Nah, sehabis siap, masukan CD ke laptop serta jalani boot. Buat melaksanakan proses boot simak langkah berikut

  • Restart laptop. Di tengah proses boot- up, klik Esc, F1, F2, F8, ataupun F10. Tombol ini bergantung dari tipe laptop Kamu.
  • Opsi hendak timbul serta seleksi masuk ke“ Bios setup”.
  • Di dalam menu bios, masuk ke“ Boot tab”.
  • Buat highlight boot terletak di opsi CD- Drive
  • Save serta keluar.
  • Saat ini proses boot hendak membaca CD DBAN serta dapat digunakan buat menghapus file di laptop. Buat langkahnya merupakan bagaikan berikut
  • Klik enter buat membuka DBAN
  • Dikala menu DBAN timbul, klik[J] serta[K] buat memilah drive yang mau Kamu hapus.
  • Seleksi driver dengan menekan Spacebar pada keyboard
  • Sehabis seluruh berakhir diseleksi, klik F10 buat mengawali proses menghapus.
  • Dikala proses berjalan, kalian tidak dapat menghentikannya. Yakinkan pula dikala proses berjalan laptop di- charge supaya tidak kehilangan battery sebab proses dapat berjalan lama.
  • Sehabis proses berakhir, laptop Kamu saat ini kosong. Saat ini waktunya instal ulang laptop dengan file Windows yang sudah disiapkan tadinya. Buat triknya simak langkah berikut
  • Memasukan CD Windows yang telah disiapkan tadinya.
  • Laptop hendak mengetahui CD ini serta melaksanakan boot up buat CD tersebut.
  • Langkah– langkah instal Windows hendak timbul serta kalian lumayan menjajaki instruksi yang terdapat.
  • Di langkah terakhir saat sebelum instal, Kamu umumnya dimohon buat menulis serial number buat Windows Kamu. Masukan serial numbernya serta proses instalasi hendak berjalan.

Tunggu hingga proses instal berakhir serta laptop Kamu telah siap dalam keadaan semacam baru. Mudah- mudahan postingan ini bisa menolong Kamu melaksanakan instal ulang laptop sendiri. Selamat berupaya!