Home / Social Media / Instagram Lumpuh, Ribuan Pengguna Mengalami Gangguan

Instagram Lumpuh, Ribuan Pengguna Mengalami Gangguan

TEKNO BANGET, Social Media – Pengguna Instagram menjalani aktivitas siang ini tanpa bisa melakukan akses ke layanan media sosial populer, Instagram, karena baik aplikasi yang terinstal melalui gawai, maupun melalui situs web mereka nampaknya tidak bekerja seperti biasanya.

Masalah matinya akses Instagram terlihat sejak tadi, dimana ribuan laporan berawal dari seluruh Inggris dan banyak wilayah di Eropa. Pemantau situs web independen, Down Detector, menunjukkan berbagai lonjakan masalah dengan para pengguna yang terlihat kesulitan dan tidak dapat mengakses atau menggunakan aplikasi Instagram tersebut. Down Detector sendiri merupakan situs web independen yang melacak berbagai mention untuk media sosial di sekitar topik tertentu, dan untuk mendeteksi gangguan yang terjadi di seluruh dunia.

Media sosial milik Facebook itu pun tak mampu diakses di beberapa negara di seluruh dunia selama sekitar satu jam lamanya. Aplikasi yang diakses melalui gawai tersebut menampilkan nama dan ikon Instagram di bagian bawah, akan tetapi sisa halaman terlihat kosong dan tidak ada gambar sama sekali. Saat mencoba mengakses situs web, pengguna juga dihadapkan dengan kesalahan “5XX Server Error” dan aplikasi tersebut menampilkan pesan “could not refresh feed”, atau tidak dapat melakukan refresh untuk aplikasi. Banyak pengguna telah membanjiri situs media sosial, termasuk Twitter, untuk berbagi kekecewaan mereka.

Beberapa pengguna juga mengatakan apabila mereka telah mencoba menghapus aplikasi dan menginstal ulang aplikasi tersebut untuk menyebabkan masalah yang lebih besar, namun nihil hasil. Dan bukan pertama kalinya para pengguna Instagram tidak bisa melakukan akses ke aplikasi dalam beberapa bulan terakhir. Layanan media sosial populer tersebut telah dilanda sejumlah kelumpuhan termasuk juga salah satunya pada hari yang sama pada bulan lalu.

Isu tersebut semakin serius karena pemadaman Instagram tersebut terjadi secara global di seluruh dunia. Sejauh ini masih belum ada kejelasan mengapa Instagram melakukan pemadaman dan tidak mampu untuk di akses. Namun sejak artikel ini ditulis, Instagram mulai mampu untuk diakses kembali secara normal.